Comscore Tracker

Bukan Rekaan, 5 Kelainan Unik dalam Karakter di KDrama Ini Beneran Ada

Siapa yang mengira kalau alexithymia itu rekaan?

Dalam drama Korea, tidak jarang setiap karakter dikisahkan memiliki kondisi khusus tertentu. Misalnya mengidap suatu penyakit, atau memiliki kelainan kepribadian tertentu.

Berikut ini adalah 5 penyakit dalam drama Korea yang mungkin tidak cukup familiar bagi kita, namun nyatanya memang ada. Yuk, kita simak.

1. Alexithymia - He Is Psychometric

Bukan Rekaan, 5 Kelainan Unik dalam Karakter di KDrama Ini Beneran Adayoutube.com/tvN DRAMA

Alexithymia diderita oleh karakter Kang Sung Mo dalam drama He Is Psychometric. Penyakit yang diderita Sung Mo ini menyebabkan dirinya tidak bisa merasakan dan mengekspresikan emosi.

Karakter Sung Mo menderita alexthymia disinyalir karena masa kecilnya yang sering melihat sekaligus mengalami kekerasan, dan terkurung dari dunia luar. Sung Mo sendiri mulai mempelajari emosi melalui kata-kata sifat yang dia baca di kamus, dan melalui penjelasan dari ibunya.

Dalam kehidupan nyata, alexthymia memang ada. Alexthymia adalah jenis kepribadian yang mengalami kelainan regulasi emosi. Penderita alexthymia tidak mampu mengidentifikasi, menghayati, dan menjelaskan emosi mereka.

Kepribadian ini biasanya terbentuk akibat pola asuh yang menuntut anak untuk harus terlihat kuat, dan tidak boleh cengeng. Trauma psikologis semasa kecil juga bisa menyebabkan seseorang menderita alexthymia.

2. Prosopagnosia - The Beauty Inside

Bukan Rekaan, 5 Kelainan Unik dalam Karakter di KDrama Ini Beneran Adayoutube.com/JTBC Drama

Karakter Seo Do Jae menderita prosopagnosia seusai dia mengalami kecelakaan. Kondisinya ini menyebabkan dirinya tidak bisa mengenali wajah orang lain. Seo Do Jae akhirnya harus mengenali orang lain melalui ciri khusus yang dimiliki orang tersebut.

Penyakit prosopagnosia memang ada dalam kehidupan nyata. Prosopagnosia bisa diderita oleh seseorang sejak lahir, ataupun karena mengalami trauma di otak. Kelainan pada saraf menyebabkan dirinya tidak bisa mengenali wajah seseorang.

Tingkat kemampuan penderita prosopagnosia beragam dalam mengenali wajah orang lain. Yang terparah, adalah tidak dapat mengenali wajahnya sendiri atau wajah seseorang yang ia temui setiap hari.

Baca Juga: 8 Idol KPop Ini Pernah Didiagnosis Punya Gangguan Psikologis Lho

3. Mysopobhia - Clean With Passion

Bukan Rekaan, 5 Kelainan Unik dalam Karakter di KDrama Ini Beneran Adayoutube.com/JTBC Drama

Mysopobhia diderita oleh karakter Jang Sun Gyeol dalam drama Clean With Passion. Sun Gyeol mulai terobsesi dengan kebersihan karena semasa kecil, kakeknya sering menjadikan alasan bahwa kesukaan Sun Gyeol bermain kotor adalah penyebab dirinya diabaikan oleh ibunya.

Di kehidupan nyata, mysopobhia merupakan ketakutan berlebihan seseorang pada debu, dan segala macam kotoran. Penderita mysopobhia sangat higienis, dan sering takut tertular penyakit akibat kontaminasi kotoran.

Seseorang dengan mysopobhia banyak melakukan tindakan berlebihan demi menghindari kontaminasi kotoran. Misalnya, mencuci tangan secara berulang, menghindari berjabat tangan, ataupun terobsesi dengan bersih-bersih.

Penyebab mysopobhia belum dapat dipastikan, bisa karena trauma psikis, lingkungan, ataupun genetik.

4. Kepribadian Ganda - Kill Me Heal Me

Bukan Rekaan, 5 Kelainan Unik dalam Karakter di KDrama Ini Beneran Adayoutube.com/MBCdrama

Kepribadian ganda dialami oleh karakter Cha Do Hyun karena trauma psikologis saat masa kecilnya. Cha Do Hyun diceritakan memiliki tujuh kepribadian dalam tubuhnya.

Gangguang identitas disosiatif atau kepribadian ganda memang ada dalam kehidupan nyata. Orang dengan kepribadian ganda memiliki dua atau lebih kepribadian dalam satu tubuhnya.

Ketika kepribadian lain ‘mengambil alih’ tubuh penderita, maka orang ini akan berperilaku tanpa sadar sesuai dengan yang dikehendaki kepribadian lainnya. Dan saat kepribadian sebenarnya ‘kembali’ pada tubuhnya, maka dia tidak dapat mengingat segala peristiwa yang dialami oleh kepribadian yang lain.

Kepribadian ganda bisa disebabkan karena trauma psikis dan fisik yang dialami semasa kecil.

5. Skizofrenia - It’s Okay That’s Love

Bukan Rekaan, 5 Kelainan Unik dalam Karakter di KDrama Ini Beneran Adaviu.app.link/It's Okay, That's Love SBS

Jang Jae Yeol dalam drama It’s Okay That’s Love diceritakan mengidap penyakit skizofrenia. Penyakit ini menyebabkan dia berhalusinasi melihat sosok Han Gang Woo yang selalu mengingatkannya pada sosok dirinya semasa kecil.

Jang Jae Yeol menderita skizofrenia karena kekerasan fisik dan emosional yang dialami saat dia masih kecil.

Dalam kehidupan nyata, skizofrenia memang ada. Skizofrenia merupakan gangguan mental di mana penderitanya mengalami halusinasi, dan tidak bisa membedakanya dengan dunia nyata.

Skizrofenia sendiri terjadi karena beragam faktor, mulai dari akibat kekerasan fisik, genetik, kekerasan psikis, hingga karena penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Itu tadi lima penyakit yang diderita karakter dalam drama Korea, dan memang ada dalam dunia nyata. Apakah kamu memiliki kenalan yang juga mengalami lima kondisi di atas? Silakan bagikan kisahmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Menambah Wawasan, 5 Kondisi Psikologis Ini Dibahas Mendalam di KDrama

Shinta Dwi Adinda Photo Community Writer Shinta Dwi Adinda

Cheer up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You