Comscore Tracker

Seru, Ini 6 Film Pendakian Gunung Paling Menegangkan Sepanjang Masa

Diambil dari kisah nyata

Jika kamu suka mendaki gunung, 6 film di bawah ini yang menceritakan tentang pendakian gunung. Kerennya lagi film-film di bawah ini diambil dari kisah nyata, lho. Mulai dari perjuangan hingga keberhasilannya semuanya telah digambarkan dengan indah.

Buat kamu yang melewatkannya, berikut film tentang pendakian yang perlu kamu tonton.

1. The North Face

https://www.youtube.com/embed/MM3e4i2KBD0

The North Face adalah film tentang pendakian yang diambil dari kisah nyata. The North Face menceritakan tentang dua orang pendaki asal Jerman yang sangat ambisius bernama Max Mehringer dan Karl Sedlmayer. Suatu hari di kondisi cuaca yang sangat buruk, Max dan Karl dengan sangat berani memutuskan untuk melakukan pendakian ke gunung Eiger. 

Sayangnya tekad kuat yang tidak diimbangi juga dengan persiapan dan peralatan yang memadai serta kurangnya kemampuan untuk menguasai teknik pendakian di tengah badai besar dan hujan salju membuat dua orang pendaki ini tewas. Setelah peristiwa nahas yang menimpa Max dan Karl tersebut, pendakian ke gunung Eiger pun ditutup. 

2. Everest

https://www.youtube.com/embed/5ZQVpPiOji0

Everest adalah film yang menceritakan kisah nyata perjuangan seorang pendaki bernama Rob Hall dan teman-temannya. Mereka adalah pemilik agen tur bernama Adventure Consultans yang membantu perjalanan orang-orang yang ingin mencapai puncak Everest. 

Penonton akan dibuat tegang saat menyaksikan bagaimana perjuangan Rob Hall beserta rombongannya untuk menaklukkan puncak tertinggi Everest. Perjalanan yang harus mereka lalui tidaklah mudah. Mereka harus mampu bertahan hidup saat dihadapkan pada cuaca dingin yang menusuk tulang, salju longsor dan terjebak dalam gunung es yang rapuh. 

3. Meru

https://www.youtube.com/embed/YvS6O9lVkkg

Film Meru menceritakan tentang perjalanan orang-orang menuju salah satu puncak Meru yang terletak di pegunungan Himalaya. Keberhasilan mencapai puncak menjadikan mereka sebagai orang-orang pertama yang mampu melewati salah satu jalur pendakian gunung paling sulit yang ada di dunia.

Jangan mengaku kamu adalah petualang sejati jika belum menyaksikan film tentang pendakian gunung yang satu ini. Banyak sekali pesan moral yang bisa diambil setelah menonton film Meru, beberapa di antaranya adalah tentang kerja sama tim, profesionalitas, pertemanan dan perjuangan serta semangat meraih apa pun yang kita inginkan. 

Baca Juga: 6 Fakta Ini Harus Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Everest

4. The Himalayas

https://www.youtube.com/embed/2nOsV7qgzDs

Film tentang pendakian selanjutnya adalah The Himalayas yang disutradarai oleh orang Korea bernama Lee Seok Hoon. Film The Himalayas menceritakan tentang perjalanan dua orang sahabat bernama Hong Gil dan Mu Taek yang sama-sama suka mendaki. Namun, karena pernah mengalami cedera, Hong Gil memutuskan untuk pensiun dan hanya menyisakan Mu Taek yang masih sibuk dengan kegiatannya melakukan pendakian.

Suatu hari, Mu Taek yang sedang mendaki gunung Everest mengalami cedera dan meninggal di sana. Kabar kematian sahabatnya tersebut tentu membuat Hong Gil sedih dan merasa sangat kehilangan. Akhirnya Hong Gil memutuskan membentuk tim penyelamatan untuk mengevakuasi jasad sahabatnya di Everest. Perjuangan yang dilakukan Hong Gil dan tim jelas tidaklah mudah, apalagi jalur pendakian Everest terkenal sangat kejam.

5. A Lonely Place to Die

https://www.youtube.com/embed/XP5g_QKv7Gw

Film ini menceritakan tentang lima orang pendaki yang sedang melakukan pendakian di dataran tinggi Skotlandia. Ketegangan yang terjadi di dalam film tidak hanya berasal dari perjuangan dan kesulitan mereka untuk sampai di puncak, tetapi juga karena ada aksi heroik yang terjadi saat mereka harus menyelamatkan seorang gadis yang dikubur hidup-hidup.

Film A Lonely Place to Die sangat direkomendasikan untuk ditonton. Bahkan film besutan dari sutradara Julian Gilbey ini mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari penonton dalam beberapa festival film, mulai dari Actionfest hingga Fantasiafest. 

6. Seven Years in Tibet

https://www.youtube.com/embed/TWkrRTPtKss

Seven Years in Tibet merupakan film yang menceritakan tentang kisah nyata seorang pendaki Jerman bernama Heinrich Herrer yang memutuskan untuk tinggal selama tujuh tahun di Tibet. Dari film ini penonton tidak hanya akan disuguhkan dengan pemandangan dari puncak dan samudra awan yang sangat indah, tetapi juga mengenai kehidupan spiritual yang ada di Tibet.

Banyak pesan moral yang bisa penonton dapatkan dari film Seven Years in Tibet, seperti kita harus bisa menghargai hal sekecil apapun di dunia ini sekalipun itu adalah hal yang sangat kita benci, kita harus memiliki keyakinan yang tinggi dan selalu bersabar dalam menghadapi ujian hidup. 

Apakah setelah menonton film tersebut kamu semakin termotivasi untuk menaklukkan lebih banyak lagi puncak gunung yang ada di dunia? Atau justru membuat nyalimu semakin ciut?

Baca Juga: 6 Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You