Comscore Tracker

5 Film Romantis Indonesia yang Hits di Tahun 80-an

#IDNTimesHype Nostalgia, yuk!

Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal selalu menghasilkan banyak film-film berkualitas yang terkenal di negara lain bahkan sejak masa awal kemerdekaan. Oleh karena itu, tak bisa dimungkiri bahwa industri perfilman Indonesia sudah bisa dikatakan berkembang sejak dulu, bahkan karya-karya sineas perfilman dahulu masih dikenang hingga saat ini.

Membahas tentang film maka tak lengkap rasanya jika tak memasukkan genre sejuta umat, yaitu genre romantis. Ada banyak sekali film-film jadul bergenre romantis yang mencuri perhatian sejak dulu. Di artikel kali ini, khusus untuk membangkitkan ingatan kamu, yuk kita lihat 5 film jadul bergenre romantis terbaik di Indonesia.

1. Lupus 1: Tangkaplah Daku Kau Kujitak (1987)

https://www.youtube.com/embed/ScrwlQ27a1I

Film pertama yang akan dibahas berjudul Lupus I : Tangkaplah Daku Kau Kujitak yang dibuat pada tahun 1987. Film ini bercerita tentang Lupus (Ryan Hidayat) yang merupakan pelajar SMA sekaligus menjadi penulis. lupus selalu mengunyah permen karet dan kadang jahil pada teman-temannya. Lupus berpacaran dengan Poppy (Nurul Arifin), Mereka selalu mempermasalahkan hal-hal sepele namun sebenarnya saling menyayangi.

Film ini sangat cocok untuk ditonton kala bersantai karena ceritanya yang ringan tidak perlu banyak mikir, tinggal nonton saja. Film ini juga sempat di remake beberapa waktu lalu dengan judul Bangun Lagi Dong Lupus yang dibintangi oleh aktris Acha Septriasa.

2. Si Boy (1987)

https://www.youtube.com/embed/nSIM0_Gt1eg

Dibintangi oleh Onky Alexander dan Ayu Azhary, film Catatan Si Boy adalah salah satu film paling fenomenal di masanya. Menceritakan hubungan percintaan manis Boy dan Nuke.

Masalah di hubungan mereka datang saat ayah Nuke tidak merestui mereka dan malah mengirim Nuke ke London agar bisa jauh dari Boy. Namun ungkapan "bila cinta pasti bertemu" terjadi pada mereka. Suatu hari di pertandingan softball mereka bertemu dan ternyata masih saling mencinta. Namun masalah utama mereka masih sama yaitu restu orang tua.

Baca Juga: Paling Romantis dan Legendaris, 14 Pasangan Film dan Drama Korea Jadul

3. Kejar Daku Kau Kutangkap (1986)

https://www.youtube.com/embed/ypAzecbp9Q4

film Kejar Daku Kau Kutangkap ini merupakan karya sutradara Almarhum Chaerul Umam. Film ini menceritakan tentang Ramadan (Deddy Mizwar) yang merupakan seorang wartawan, suatu hari ia melakukan pemotretan di salah satu pertandingan bola voli. Ia pun memotret salah satu pemain voli bernama Mona (Lydia Kandouw) dan memasang fotonya di surat kabar mereka.

Tak disangka Mona tidak terima dengan dipasangnya foto tersebut dan mengancam akan menuntut surat kabar tersebut. Berbagai cara dilakukan Ramadan agar Mona tidak melaporkan mereka dan malah membuat Mona jatuh cinta padanya kemudian mereka menikah. 

Selain jalan ceritanya yang ringan dan menarik, film ini juga akan selalu di ingat karena sountrack nya yang memorable. Jadi silahkan ditonton buat kalian penyuka film ringan namun membekas.

4. Arini, Masih Akan Ada Kereta yang Lewat (1987)

https://www.youtube.com/embed/COyTLaCQ6jY

Film keempat yang akan kita bahas adalah karya dari sutradara legendaris Sophan Sophiaan. Film yang dibintangi oleh Rano Karno dan Widyawati ini berkisah tentang kisah cinta wanita yang lebih tua dengan seorang pria muda yang masih mencari jatidiri. Film ini bisa dibilang berisi tentang problematika percintaan dewasa dengan segala macam konfliknya.

Film ini sangat terkenal kala itu dan bahkan sang pemeran Widyawati mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 1987. Selain itu, pada tahun 2018, remake dari film ini dirilis dan diperankan oleh Aura Kasih dan Morgan Oey.

5. Roman Picisan (1980)

https://www.youtube.com/embed/0vZjSZiAxug

Film terakhir dalam daftar ini adalah film yang pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Film Roman Picisan yang dirilis tahun 1980 ini dibintangi oleh Rano Karno dan Lydia Kandou).

Film ini menceritakan tentang Roman, anak Medan yang bersekolah di salah satu SMA di Jakarta. Ia adalah pria yang begitu hebat merangkai kata-kata.

Pada suatu hari, ia jatuh cinta dengan adik kelasnya yang bernama Wulandari. Dengan puisi-puisi "picisannya", ia pun mencoba meluluhkan hati sang wanita pujaan. 

Itulah 5 film romantis Indonesia yang hits di tahun 1980-an. Meski sudah jadul, namun film-film di atas kualitasnya gak kalah dengan film sekarang kok. Jadi sangat layak untuk ditonton, ya!

Baca Juga: 10 Potret Jadul Para Pemain Film Harry Potter, Penuh Kenangan

Ulul Fikri Hasibuan Photo Verified Writer Ulul Fikri Hasibuan

Anything Is Possible If You Believe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya