Comscore Tracker

5 Perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Wujudnya Berbeda

Keduanya dikenal sebagai ratunya para makhluk halus

Banyak orang yang bertanya-tanya, apa perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul? Eits, meskipun keduanya dikenal sebagai ratunya para makhluk halus, ternyata Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul merupakan sosok yang berbeda, lho.

Tidak hanya dari kesaktian saja, mereka pun memiliki wujud yang sangat berbeda. Penasaran dengan sosok dari pemimpin para makhluk halus ini? Langsung aja simak perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul di bawah ini!

1. Ratu Pantai Selatan dan Panglima Perang

5 Perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Wujudnya Berbedalukisan Nyi Roro Kidul (twitter.com/Mus_BA)

Seperti yang kita ketahui, Nyi Roro Kidul merupakan sosok yang menguasai seluruh area Pantai Selatan sekaligus menjadi ratu dari para makhluk halus di daerah tersebut. Nah, beda halnya dengan Nyi Blorong.

Nyi Blorong memang sering diceritakan dalam mitos sebagai pemimpin para lelembut. Namun, posisinya masih di bawah Nyi Roro Kidul. Lebih tepatnya Nyi Blorong merupakan panglima perang dari Ratu Pantai Selatan tersebut.

2. Memiliki wujud yang berbeda

5 Perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Wujudnya Berbedasosok Badarawuhi (instagram.com/kknmovie)

perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul yang paling jelas ada pada wujudnya. Baik Nyi Roro Kidul maupun Nyi Blorong memang kerap digambarkan sebagai sosok perempuan yang memiliki kecantikan luar biasa. Namun, keduanya memiliki wujud yang berbeda.

Nyi Roro Kidul sendiri diceritakan sebagai sosok perempuan cantik yang mengenakan kebaya hijau yang anggun, sedangkan Nyi Blorong digambarkan sebagai perempuan cantik yang memiliki wujud setengah ular dari pinggang sampai kaki. Sudah kebayang belum?

3. Berasal dari kerajaan yang berbeda

5 Perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Wujudnya Berbedalukisan Nyi Roro Kidul karya Basoeki Abdullah (dok. Museum Basoeki Abdullah)

Perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul selanjutnya yakni dari asal kerajaannya. Meski keduanya masih terhitung sebagai anggota kerajaan, namun mitosnya Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong berasal dari dua kerajaan yang berbeda.

Berdasarkan mitos yang paling terkenal, Nyi Roro Kidul diyakini sebagai putri Raja Prabu Siliwangi bernama Putri Kandita, sedangkan Nyi Blorong merupakan putri dari ratu para makhluk halus di tanah Jawa yang bernama Ratu Anginangin.

Baca Juga: Mengulik Mitos Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Pantai Selatan

4. Hubungan dengan manusia

5 Perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Wujudnya Berbedasosok Badarawuhi (instagram.com/kknmovie)

Percaya tidak percaya, kedua sosok pemimpin makhluk halus tersebut sering berhubungan dengan manusia. Konon kabarnya, presiden pertama Indonesia juga pernah membuat perjanjian dengan Nyi Roro Kidul, sang Ratu Pantai Selatan.

Berbeda dengan Nyi Roro Kidul, sosok Nyi Blorong yang digambarkan sebagai siluman setengah ular ini justru suka menghasut manusia dengan menjanjikan kekayaan yang berlimpah. Tentunya, di balik kemewahan tersebut harus ada nyawa yang harus dibayarkan.

5. Memiliki kesaktian yang berbeda

5 Perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Wujudnya Berbedailustrasi Nyi Roro Kidul (dok. Museum Basoeki Abdullah)

Menjadi pemimpin para makhluk halus tentunya sudah sepaket dengan kesaktian yang sulit ditandingi oleh jenis makhluk halus lainnya. Berdasarkan mitos yang beredar, Nyi Roro Kidul memiliki kesaktian untuk mengendalikan ombak dan cuaca di seluruh area Pantai Selatan.

Sesuai dengan posisinya, Nyi Blorong memiliki bakat bertempur dan memimpin seluruh pasukan kerajaan Pantai Selatan. Tidak hanya itu, Nyi Blorong juga bisa berubah menjadi ular yang besar.

Nah, itu dia perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul. Sekarang sudah paham, bukan? Habis baca ini jangan sampai tertukar lagi, ya!

Baca Juga: Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul, Jangan Dianggap Sama!

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya