Comscore Tracker

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahu

Ledakannya indah dan menambah kemeriahan

Sudah lama kembang api digunakan untuk menambah kemeriahan acara tertentu seperti hari raya dan tahun baru. Bahkan, kembang api dan petasan yang dipercaya berasar dari Tiongkok dianggap dapat mengusir roh jahat. Sampai saat ini, kembang api yang menonjolkan warna dan bentuk pijarnya digunakan untuk menambah kemeriahan sebuah perayaan tertentu.

Kembang api memiliki berbagai warna dan jenis, mulai dari paling sederhana sampai mampu menghasilkan percikan cahaya yang indah. Warna yang dihasilkan dari kembang api betasal dari bahan kimiawi seperti natrium untuk menghasilkan warna kuning, barium untuk hijau, tembaga untuk biru, strontium dan litium untuk merah. Berikut ini beberapa jenis kembang api yang turut memeriahkan perayaan.

1. Kembang api Sparkles

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahupixabay.com/free-photos

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kembang api satu ini. Kembang api satu ini mungkin juga pernah menemani masa kecilmu. Percikan apinya kecil dan ada semacam kawat atau besi yang bisa kamu pegang ujungnya. Kembang api ini dianggap cukup aman bagi anak-anak, tapi harus tetap didampingi orang tua.

2. Repeaters fireworks

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahuamericandiscountfireworks.com

Kembang api ini berbentuk tabung kertas berukuran kecil dalam satu kotak dan dapat meletup berulang-ulang. Hanya dengan satu sumbu untuk menyalakan, kamu akan menikmati cahayanya yang meriah. Nah, cocok buat kamu yang ingin menyalakan kembang api dalam jumlah banyak hanya tanpa perlu repot.

3. Kembang api Pinwheels atau Catherinewheel

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahuardiafm.com

Kembang api ini merupakan salah satu jenis kembang api yang indah. Biasanya berbentuk seperti tongkat atau stik dan ditancapkan ke tanah sebelum dinyalakan. Kemudian akan menimbulkan letusan yang meluncur ke udara dan ledakannya indah seperti kincir angin atau bunga api.

4. Kembang api Roman Candles

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahulessismorephotography.com

Kembang api satu ini termasuk kembang api tradisional yang cukup populer untuk perayaan. Berupa tabung atau stik panjang yang dapat menghasilkan letupan sekitar 10-20 kali ketika dinyalakan. Harganya tergantung pada jumlah letupan yang dihasilkan.

Baca Juga: 10 Pesta Kembang Api 2019 Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Lho!

5. Kembang api Dandelion

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahuscottkelby.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Bunga Dandelion. Kembang api satu ini biasanya digunakan dalam pesta kembang api. Sebab, daya letupnya cukup besar dan indah. Sehingga, dapat dinikmati dari kejauhan.

6. Kembang api Chrysanthemum

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahuzinfos974.com

Kembang api ini memberikan efek cahaya dari letupan yang cukup besar. Hanya dengan kembang api berbentuk sebuah gulungan kertas seperti stik, kamu bisa menghasilkan cahaya yang cukup terang, letupan besar dengan melesat tinggi. Meski demikian, suara yang ditumbulkan tidak terlalu keras.

7. Kembang api Brocade

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahupexels.com/@laziii-codar

Kembang api ini memiliki efek letusan yang lebih tebal dan besar daripada kembang api Chrysanthemum. Sehingga terlihat seperti bunga yang layu. Selain itu, warna yang dihasilkan dalam letupan lebih bervariasi.

8. Kembang api Glitter

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahuuxfree.com

Seperti namanya, kembang api ini memiliki efek ledakan yang tampak berkilau dan gemerlap denfan formasi menyebar. Sehingga, sesuai sebagai alternatif untuk menambah kemerihan pesta kembang api atau perayaan.

9. Kembang api Palm

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahufireworkcashandcarry.co.uk

Sama seperti namanya, kembang api ini menghasilkan efek seperti pohon palem beserta daunnya. Ketika meletup di udara dengan meninggalkan jejak luncuran. Jika ingin melihat atraksi kembang api yang berbeda dari yang lain, kembang api satu ini bisa menjadi pilihan.

10. Kembang api Peony

Meriahkan Tahun Baru, Ini 10 Jenis Kembang Api yang Perlu Kamu Tahucommons.m.wikimedia.org

Kembang api jenis ini hampir sama dengan kembang api Dandelion. Hanya saja tidak menghasilkan jejak percikan api atau ekor. Ada pula yang bagian tengahnya lebih pekat serta memiliki gradasi warna lebih beragam.

Berbagai macam kembang api tersebut bisa menambah kemeriahan perayaan tertentu, terutama tahun baru. Selain untuk perayaan, beberapa negara seperti Jepang dan Korea mengadakan festival kembang api setiap tahunnya. Sebagian besar jenis kembang api yang dapat dilihat dari efek letusan yang dihasilkan dinamai seperti nama bunga.

Nah, beraneka jenis kembang api bisa kamu nyalakan untuk menambah kemeriahan. Adakah yang menarik bagimu?

Baca Juga: 10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahun

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya