Comscore Tracker

6 Penyedia Jasa Keliling yang Cuma Ada di Indonesia

Gokil (gosok keliling) favorit ibu rumah tangga!

Pekerjaan di bidang penyedia jasa memang banyak macamnya, mulai dari menjadi asisten rumah tangga sampai dengan event organizer untuk acara besar. Banyak dari kita yang merasa sangat terbantu oleh keberadaan mereka. Di bawah ini ada 6 penyedia jasa yang menawarkan jasanya dengan cara keliling kampung dan hanya ada di Indonesia loh!

Sol Sepatu

6 Penyedia Jasa Keliling yang Cuma Ada di Indonesiajimijimz.wordpress.com

Jasa reparasi sepatu atau yang biasa disebut dengan tukang sol sepatu menawarkan jasanya dengan cara memikul dua buah kotak untuk menyimpan peralatan dan berjalan keliling kampung sambil berteriak 'Sol Sepatu'. Kita cukup membayar antara Rp10.000,- sampai Rp20.000,- untuk biaya pengeleman sol sepatu yang lepas.

Selain sepatu, terkadang mereka juga bisa memperbaiki tali tas yang putus loh. Barang kesayangan kamu yang sudah rusak, bisa dipakai lagi, deh.

Penjahit

6 Penyedia Jasa Keliling yang Cuma Ada di Indonesiajatengpos.co.id

Baru beli celana tapi kepanjangan? Tenang, potong celana yang kepanjangan cukup Rp10.000,- aja di penjahit keliling. Selain memotong celana, jasa lain yang ditawarkan yaitu menjahit pakaian yang sobek, pasang kancing, sampai dengan mengganti ritsleting yang rusak.

Biasanya mereka berkeliling kampung dengan menggunakan sepeda yang sudah dimodifikasi, sehingga dapat membawa meja dan mesin jahit serta perlengkapan lainnya.

Gosok Pakaian

6 Penyedia Jasa Keliling yang Cuma Ada di Indonesiamegapolitan.kompas.com

Melihat pakaian kering menumpuk merupakan pemandangan yang bikin pusing bagi para ibu rumah tangga. Jasa gosok keliling ini merupakan salah satu solusinya. Tukang gosok keliling mengendarai motor yang sudah dikondisikan untuk membawa seluruh perlengkapan. Setrika yang digunakan pun setrika uap sehingga tidak memerlukan listrik. Jasa menggosok untuk 1 kg pakaian hanya Rp4.000,- saja.

Orkes Dangdut

6 Penyedia Jasa Keliling yang Cuma Ada di Indonesiasamuelarea.blogspot.co.id

Nah...ini penyedia jasa hiburan live music dangdut. Satu kelompok pedangdut keliling biasanya paling tidak terdiri dari 2 orang. Satu orang sebagai operator pengeras suara sekaligus pemain alat musik dan satu orang penyanyi sekaligus yang mengumpulkan uang dari penonton.

Mereka membawa seluruh perlengkapannya dengan menggunakan gerobak yang didorong, berjalan keliling kampung dan mencari tempat ramai untuk tampil. Kita juga bisa request lagu dengan memberikan uang sebesar Rp5.000,- atau Rp10.000,- untuk satu buah lagu. Jika hanya ingin menonton tanpa permintaan lagu khusus, kita bisa memberikan uang seikhlasnya.

Odong-odong

6 Penyedia Jasa Keliling yang Cuma Ada di Indonesiazeze.vavai.com

Kalau yang satu ini, kesukaannya anak-anak nih. Bentuk odong-odong yang lucu serta lagu ceria yang diputar menjadi magnet tersendiri bagi anak-anak. Orang tua tinggal mendudukan anak diatas bentuk odong-odong yang dipilih, lagu diputar dan si tukang odong-odong pun mulai mengayuh. Tarif odong-odong ini ditentukan berdasarkan putaran lagu yaitu Rp500,- untuk satu buah lagu. Harga murah, anak pun senang.

Kereta Mini

6 Penyedia Jasa Keliling yang Cuma Ada di Indonesiaeverystockphoto.com

Kereta mini merupakan mobil yang dimodifikasi sehingga dapat mengangkut banyak penumpang. Bagian depannya dibuat mirip kereta dan badan mobil dicat warna-warna cerah serta dilengkapi dengan tape untuk memutar lagu anak-anak. Kereta mini hanya berjalan keliling kampung karna memang kendaraan ini dilarang untuk melintas di jalan raya. Tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp5000,- untuk dewasa dan Rp3.000,- untuk anak-anak.

Ternyata orang Indonesia kreatif ya. Mampu melihat peluang dari hal-hal yang sederhana. Apa pun pekerjaan yang dilakukan, selama dikerjakan dengan dedikasi pasti akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain kan.

I.N. Pertiwi Photo Writer I.N. Pertiwi

Seorang wanita yang sedang belajar untuk menjadi seorang ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya