5 Cara Agar Kucing Cepat Gemuk dan Sehat, Cat Lovers Wajib Tahu!

Kucing gemuk bukan karena makan nasi, lho!

Siapa sih yang pengin kucing peliharaannya terlihat kurus? Cat lovers pasti melakukan berbagai cara agar kucing peliharaannya terlihat gemuk.

Sebagian orang ada yang pengin kucing peliharaannya gemuk dengan memberinya nasi, faktanya kucing tidak membutuhkan banyak karbohidrat layaknya manusia. Nasi yang mengandung karbohidrat cukup tinggi tidak dibutuhkan kucing. 

Nah, agar kucingmu cepat gemuk dan tetap sehat, ada beberapa cara agar kucingmu menjadi gemuk namun tetap dengan cara yang sehat. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Pilih makanan yang tepat

5 Cara Agar Kucing Cepat Gemuk dan Sehat, Cat Lovers Wajib Tahu!ilustrasi kucing sedang makan (pexels.com/Ralph)

Jangan salah memilih makanan untuk anabul, akibatnya bisa mengganggu sistem pencernaannya sehingga bisa menyebabkan mencret. Seringkali cat lovers tidak menyadari akan hal ini, jika kucingmu tidak cocok dengan makanananya pasti akan malas untuk makan, akibatnya menjadi kurus. Pilihlah makanan untuk anabul yang kualitasnya bagus serta mengandung protein.

2. Berikan wet food dan dry food

5 Cara Agar Kucing Cepat Gemuk dan Sehat, Cat Lovers Wajib Tahu!ilustrasi kucing makan dry food (pexels.com/Engin Akyurt)

Sebagian orang memberi anabul hanya dry food  tanpa wet food dan sebaliknya, hal ini yang menyebabkan nutrisi kucing tidak seimbang. Namun, jangan memberikan wet food  dan dry food  secara bersamaan atau dicampur, karena akan membuat anabul tidak doyan makan. Berikan secara sendiri-sendiri secara teratur agar nutrisi untuk kucing terpenuhi.

3. Berikan minyak ikan

5 Cara Agar Kucing Cepat Gemuk dan Sehat, Cat Lovers Wajib Tahu!ilustrasi minyak ikan (pexels.com/Pixabay)

Minyak ikan sangat bagus untuk kucing, dengan aroma serta rasanya yang amis membantu meningkatkan nafsu makan kucing. Selain itu, minyak ikan juga mengandung omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung kucing. Manfaat minyak ikan bagi kucing untuk memberikan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kucing, berikan minyak ikan pada anabul seminggu sekali.

Baca Juga: 10 Potret Kocak Kucing Hitam, Gak Kalah Lincah dari Kucing Oren

4. Buatkan wet food rumahan 

5 Cara Agar Kucing Cepat Gemuk dan Sehat, Cat Lovers Wajib Tahu!ilustrasi membuat wet food (pexels.com/Angele J)

Jika cat lovers ingin memberikan makanan yang lebih sehat untuk anabul, bisa dengan cara membuat wet food  sendiri di rumah. Caranya mudah, pertama rebus dada ayam atau ikan. Setelah itu, sisihkan air rebusannya. Blender dada ayam atau ikan, bisa juga dengan diiris kecil-kecil. Lalu, campur dada ayam atau ikan dengan air bekas rebusan tadi. cat lovers juga bisa menambahkan sayuran agar lebih sehat seperti wortel secukupnya saja, agar tidak merubah rasa dan aroma. Tambahkan setengah bungkus agar-agar plain lalu rebus dan aduk sampai mendidih. Setelah itu, taruh wadah dan dinginkan di kulkas. Dengan cara ini, anabul pasti suka makanan ini sehingga bisa gemuk dan sehat.

5. Mengajak kucing bermain

5 Cara Agar Kucing Cepat Gemuk dan Sehat, Cat Lovers Wajib Tahu!ilustrasi kucing bermain (pexels.com/cottonbro studio)

Seringkali cat lovers melewatkan hal ini, ketahuilah mengajak anabul bermain sangatlah penting untuk perkembangannya. Kucing identik dengan tingkahnya yang aktif, maka dari itu ajaklah anabul sering-sering bermain. Mengajak anabul bermain berguna agar kucing tidak stress yang menyebabkan kucingmu terlihat kurus.

Selain kucing menjadi gemuk, juga membuat kucing jadi lebih sehat. Dari beberapa cara agar kucing cepat gemuk di atas, mana nih yang belum kamu lakuin? 

Baca Juga: [OPINI] Kucing 'Pegawai', Solusi Kreatif Mengurangi Kucing Liar

shelviana mariatul Photo Verified Writer shelviana mariatul

tetap berusaha!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya