Comscore Tracker

Ini 7 Lagu Lawas dari Jepang yang Populer di Indonesia

Lagu lawas syarat akan makna

Ada berbagai genre musik yang cukup terkenal di Indonesia, salah satunya Japan Pop atau JPop. Biasanya orang Indonesia mengenal J-Pop karena dijadikan soundtrack sebuah anime dan beberapa diantaranya memang penggemar penyanyi dari Jepang. Bagi penyuka anime dan budaya Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan JPop berikut ini.

1. Kokoro No Tomo-Mayumi Itsuwa

https://www.youtube.com/embed/6ZToJc2sXn0

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu satu ini, Kokoro No Tomo yang dinyanyikan oleh Mayumi Itsuwa. Lagu ini sangat populer di Jepang maupun Indonesia, bahkan band asal Indonesia, Zivilia me-remake lagu tersebut. Sebelumnya, pada tahun 2005 Mayumi Itsuwa berduet dengan Delon untuk menyanyikan lagu tersebut dalam album "Charity for Sumatra Earthquake".

"Kokoro No Tomo" yang termasuk dalam album "Shiosai" dirilis pada tahun 1982. Namun, lagu yang sangat populer pada tahun 80an ini justru tidak terkenal di Jepang. Sedangkan di Indonesia banyak digandrungi oleh pemuda maupun orang tua pada masanya. Sebab, lagu ini memiliki makna mendalam dengan lirik yang diiringi alunan musik, sehingga mampu menghadirkan suasana romantis. Liriknya mengisahkan sepasang kekasih yang saling menguatkan ketika menghadapi masalah dan yakin akan bahagia jika tetap bersama.

2. Miraie - Kiroro

https://www.youtube.com/embed/9g68P_1FB2M

Ayano Kinjo dan Chiharu Tamashiro yang tergabung dalam Kiroro meluncurkan album bertajuk "Nagai Aida" pada tahun 1998. Salah satu lalagunya yang cukup populer di Indonesia maupun di Jepang yaitu Miraie.

Lagu tersebut mampu menyentuh setiap pendengarnya, apalagi jika kamu tahu maknanya. Pengorbanan seorang Ibu sedari kita masih kecil sampai mampu meraih cita-cita terungkap dari lagu ini. Kamu bisa mempersembahkan lagu ini untuk Ibu maupun kedua orang tua sesebagai ungkapan rasa terimakasih.

3. Best Friend - Kiroro

https://www.youtube.com/embed/LyuTkNK_9O4

Satu lagi tembang yang dinyanyikan oleh Kiroro, "Best Friend". Lagu tersebut ada dalam album "Four Leave Clover" pada tahun 2002. Tahukah kamu jika di beberapa film Jepang menunjukkan bahwa Four Leave Clover atau semanggi berdaun empat merupakan simbol keberuntungan?

Bagi kamu yang memiliki sahabat dan sangat berharga dalam hidupmu, bisa kamu nyanyikan lagu ini untuknya. Melalui liriknya, kamu bisa menunjukkan bahwa dia lah yang membuatmu kembali tersenyum ketika bersedih. Dia lah salah satu hadiah terindah yang diberikan Tuhan.

Baca Juga: Jadi ‘Emak’ di Keluarga Cemara, Ini 8 Lagu Lawas Novia Kolopaking

4. First Love - Utada Hikaru

https://www.youtube.com/embed/o1sUaVJUeB0

Apa kamu memiliki cinta pertama tapi saat ini sudah tidak bersama? Apalagi jika kamu belum bisa move on sedangkan cinta pertamamu trlah berasama orang lain. Lagu sedih dari Utada Hikaru yang berada dalam album dengan judul serupa pada tahun 1999 bisa mewakilimu. Utada Hikaru merupakan salah satu penyanyi asal Jepang yang populer. Lagu-lagunya pun sering menjuarai tangga lagu Oricon.

5. Every Heart - BoA

https://www.youtube.com/embed/NphHQciQjAI

Sedikit berbeda dari penyanyi sebelumnya, kali ini BoA, penyanyi asal Korea Selatan menyanyikan J-Pop denga judul "Every Heart". Jika kamu penyuka anime pasti sudah bisa menebak ini lagu merupakan soundtrack "Inuyasha". Lagu tersebut merupakan single kelima BoA dan diproduksi dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Jepang, Inggris dan Korea.

Pada tahun 2002, BoA meliris album berjudul "Listen to My Heart" di bawah agensi Avex Trax dan dalah satu singlenya adalah lagu tersebut. Sedangakan di Korea Selatan, BoA berada di bawah agensi SM Entertainment.

6. Dearest - Ayumi Hamasaki

https://www.youtube.com/embed/0NXsFlUE3fc

Ratu Pop Jepang satu ini juga menyanyikan lagu untuk anime Inuyasha pada tahun 2001 dalam album "I Am...". Tahukah kamu kalau penyanyi satu ini telah divonis tuli total sejak tahun 2017? Selain sebagai penyanyi, ia juga pencipta lagu dengan nama pena Crea.

Jika dimaknai dari liriknya, lagu ini mengisahkan seseorang yang telah meninggalkan kekasihnya untuk selamanya. Kemudian mengingat masa lalu sampai maut memisahkan.

7. Fukai Mori - Do As Infinity

https://www.youtube.com/embed/qIoDWTF0qSo

Lagu terakhir ini masih salah satu soundtrack "Inuyasha" dan dirilis tahun 2001 dalam album "Deep Forest" dari Do As Infinity. Band asal Jepang ini terdiri dari tiga orang, yaitu Ryo Owatari sebagai gitaris, Tomiko (vokal) dan Dai Nagao sebagai gitaris serta komposer. Grup band satu ini berada dalam agensi yang sama dengan Utada Hikaru.

Sedangkan lirik lagu tersebut mengisahkan hal yang selalu terjadi dalam kehidupan yang fana ini. Seperti setiap orang pasti akan merasa ditinggalkan dan pernah meninggalkan.

Bagaimana dengan kamu? Apa familiar dengan lagu-lagu di atas?

Baca Juga: 10 Lagu Manis dari Base Jam yang Sanggup Kembalikan Masa Remajamu

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You