Comscore Tracker

6 Idol Grup KPop yang Memiliki Lebih dari Satu Leader

Seventeen dan The Boyz termasuk, lho!

Kebanyakan dari idol grup KPop memiliki satu leader untuk memimpin. Namun, ada juga grup seperti BLACKPINK yang tidak memiliki leader. Selain itu, ternyata banyak grup yang malah memiliki lebih dari satu leader, lho!

Sudah penasaran siapa saja? Yuk, simak daftarnya idol grup KPop yang memiliki leader lebih dari satu ini.

1. Seventeen

6 Idol Grup KPop yang Memiliki Lebih dari Satu LeaderHoshi, Woozi, dan S.Coups Seventeen (kprofiles.com)

Boyband yang beranggotakan 13 anggota ini memiliki 3 leader, lho! Sebenarnya untuk leader Seventeen sendiri adalah S.Coups. Namun, Seventeen memiliki 3 sub-unit berdasarkan keahlian masing-masing yang memiliki leader yang berbeda-beda pula.

S.Coups menjadi leader dalam tim Hip Hop, Woozi menjadi leader untuk tim Vokal, dan Hoshi menjadi leader tim Performance. Ketiga leader ini tergabung dalam satu unit bernama SVT LEADERS.

2. TREASURE

6 Idol Grup KPop yang Memiliki Lebih dari Satu LeaderHyunsuk dan Jihoon Treasure (twitter.com/jihoongallery)

TREASURE, boyband besutan YG Entertainment ini memiliki 12 anggota. Pantas saja, mereka memiliki 2 leader untuk bisa menaungi para member. 

Hyunsuk adalah anggota paling tua dari TREASURE, karena alasan itu akhirnya para anggota menjadikannya leader mereka. Lalu, yang kedua adalah Jihoon si MC Inkigayo. Sama halnya dengan Hyunsuk, Jihoon juga merupakan anggota tertua kedua di TREASURE, menjadikannya leader ke-2 bersama Hyunsuk.

3. NCT

6 Idol Grup KPop yang Memiliki Lebih dari Satu LeaderTaeyong, Kun, Jeno, dan Mark (twitter.com/FxntyJoon | twitter.com/melkeuushii)

NCT yang memiliki konsep anggota tak terbatas ini juga punya leader lebih dari satu. Karena mereka memiliki 3 sub-unit tetap, semua memiliki leader-nya masing-masing.

Taeyong yang merupakan leader dari keseluruhan NCT juga merupakan seorang leader dari sub-unit NCT 127. Lalu ada Kun, ia merupakan leader dari sub-unit WayV. Untuk sub-unit tetap terakhir, yaitu NCT Dream, mereka memiliki Mark sebagai leader. Namun, Mark yang sempat 'lulus' dari NCT Dream harus digantikan sementara oleh Jeno saat itu.

Baca Juga: 10 Artis Indonesia yang Ngefans Berat sama Idol KPop, Update Banget!

4. Loona

6 Idol Grup KPop yang Memiliki Lebih dari Satu LeaderHaseul, Kim Lip, dan Yves (twitter.com/witchchoerry)

Lalu yang keempat ada Loona. Loona memiliki 3 sub-unit resmi yang sudah debut. Namun sub-unit dari Loona bukanlah berdasarkan spesialisasi. 

Untuk sub-unit pertama, yaitu Loona 1/3, dipimpin oleh Haseul yang juga merupakan leader dari keseluruhan grup Loona. Untuk sub-unit kedua, yaitu Odd Eye Circle, dipimpin oleh Kim Lip, dan sub-unit terakhir adalah yyxy yang dipimpin oleh Yves.

5. The Boyz

6 Idol Grup KPop yang Memiliki Lebih dari Satu LeaderSangyeon dan Jacob (twitter.com/segyeah)

Berbeda dengan konsep grup lainnya yang memiliki seorang leader, The Boyz memiliki perwakilan yang mirip seperti ketua kelas.

Sangyeon di sini berperan sebagai seorang 'ketua kelas'. Namun, ia tidak memimpin semua anggotanya sendirian. Jacob mendapatkan gelar 'wakil presiden,' ia berperan untuk membantu Sangyeon dalam memimpin para anggota.

6. ONF

6 Idol Grup KPop yang Memiliki Lebih dari Satu LeaderHyojin dan J-US (twitter.com/minkyunghonywoo)

Serupa dengan grup lain yang sudah disebutkan, ONF memiliki dua unit yang memiliki leader berbeda. Dua unitnya adalah ON dan OFF. 

Untuk unit ON, yang memiliki fokus dalam bernyanyi, dipimpin oleh Hyojin. Sedangkan unit OFF, yang memiliki fokus dalam performance dan karisma, dipimpin oleh J-US.

Itu dia daftar dari idol grup KPop yang memiliki leader lebih dari satu. Apakah ada idol grup favorit kalian?

Baca Juga: 5 Idol YG Entertainment Ini Kolaborasi dengan Seniornya sebelum Debut 

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya