Comscore Tracker

5 Tips Bertahan dalam Dunia Kerja yang Dipenuhi Orang Fake

Harus pintar menjaga diri agar tak terjerumus #IDNTimesLife

Ketika memutuskan untuk masuk ke dalam dunia kerja, maka kamu pun harus siap dengan segala hal berat yang ada di sana. Mulai dari tekanan, beban, hingga orang-orang yang akan kamu hadapi setiap harinya. Karena gak semua orang di tempat kerja itu baik, tak jarang justru bertemu dengan orang yang fake.

Kalau gak kuat menghadapi itu maka cepat atau lambat bakal stres atau bahkan memutuskan untuk resign. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips yang mungkin bisa kamu gunakan untuk bertahan dalam dunia kerja yang dipenuhi oleh orang yang fake. Yuk simak!

1. Pintar-pintar memainkan peran ketika di depan mereka

5 Tips Bertahan dalam Dunia Kerja yang Dipenuhi Orang FakeIlustrasi bisnis(pexels.com/Sora Shimazaki)

Kalau tempat kerjamu saat ini dipenuhi oleh orang-orang fake, maka tipsnya yang pertama agar tetap bisa bertahan di sana ialah pintar-pintar memainkan peran ketika berhadapan dengan mereka. Bukan berarti kamu harus ikutan fake seperti mereka, akan tetapi membawa diri dengan bijak di depan mereka. Karena orang yang fake itu bahaya kalau kamu tidak bisa mengimbanginya.

2. Jangan mudah baper sama kebaikan mereka padamu

5 Tips Bertahan dalam Dunia Kerja yang Dipenuhi Orang FakeIlustrasi ngobrol(pexels.com/Fauxels)

Fake berarti palsu, dan tentu saja kebaikan dan citra positif dari orang yang fake juga bakalan palsu. Jadi tips kedua untuk bisa bertahan di tempat kerja yang terdapat orang seperti itu adalah, jangan mudah baper sama kebaikan mereka ke kamu.

Tetap berterima kasih jika mereka bersikap baik padamu, akan tetapi jangan langsung memasukkannya ke hati. Karena bisa saja dia baik di depan tapi buruk di belakang, dan kamu perlu menjaga diri sendiri dari kecewa terhadap hal itu.

Baca Juga: 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

3. Jaga kehidupan pribadimu dari mereka

5 Tips Bertahan dalam Dunia Kerja yang Dipenuhi Orang FakeIlustrasi diskusi(pexels.com/Fauxels)

Kemudian tipsnya yang ketiga ketika kamu berhadapan dengan orang yang fake adalah dengan menjaga kehidupan pribadimu dari mereka. Satu hal yang sangat penting dalam dunia kerja adalah membedakan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Selain berusaha profesional, tapi juga menjaga kehidupan pribadimu dari jangkauan orang-orang fake di tempat kerja. Jangan terlalu terbuka dan jaga baik-baik privasimu, ya.

4. Bekerja samalah atas dasar keuntungan

5 Tips Bertahan dalam Dunia Kerja yang Dipenuhi Orang FakeIlustrasi salaman(pexels.com/Fauxels)

Keempat, bekerja samalah dengan orang-orang fake di tempat kerja atas dasar keuntungan. Kerja sama gak melulu harus didasari kepercayaan penuh, jadi asalkam kontraknya jelas dan aturan dalam kerja samaku dengannya juga jelas, maka tidak apa-apa untuk mengutamakan keuntungan. Apalagi hal ini memang sudah biasa di dalam dunia kerja dan bisnis.

5. Sembunyikan kelemahanmu agar tidak ada celah bagi mereka untuk menjatuhkan

5 Tips Bertahan dalam Dunia Kerja yang Dipenuhi Orang FakeIlustrasi kerja(pexels.com/Fauxels)

Jika kamu mengetahui bahwa ada banyak orang fake di tempat kerja, maka jagalah dirimu baik-baik terutama kelemahanmu. Jangan lengah, dan sebisa mungkin sembunyikan kelemahanmu dari mereka yang fake agar tidak ada celah bagi mereka untuk menjatuhkanmu. Karena kamu gak pernah tahu apa yang akan mereka lakukan padamu jika tahu titik lemahmu dalam pekerjaan, bahkan karier pun juga bisa jadi taruhannya, lho.

Orang-orang yang fake itu bahaya, apalagi dalam dunia kerja. Jadi kamu harus pintar-pintar menjaga diri dan gunakan beberapa tips tadi untuk bertahan di sana. Namun perlu diingat gak semua lingkungan kerja diisi oleh orang fake kok. 

Baca Juga: Lingkungan Kerja yang Suportif Versi IDN Media: Apa Saja, Ya?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya