Comscore Tracker

Butuh Ketekunan, 5 Profesi Ini Gak Cocok Kalau Kamu Gampang Menyerah

Jenis pekerjaan yang penuh proses untuk terus berkarier

Mencari pekerjaan memang baiknya yang sesuai dengan pribadi kita, jangan sampai nanti ketika dijalani malah merasa stres karena gak cocok dengan kepribadian. Ketahui apakah dirimu tipe orang yang maunya bekerja hanya sekadar cari gaji dan pekerjaan biasa-biasa saja, atau pekerjaan yang butuh usaha keras dan proses untuk menempuhnya.

Jika kamu adalah tipe seorang pejuang yang kukuh dalam berproses dan berusaha, maka lima profesi di bawah ini mungkin pas untukmu. Karena untuk bekerja dan berkarier di bidang ini tidak bisa diraih secara instan, yang mana gak cocok kalau kamu gampang menyerah. 

1. Penulis

Butuh Ketekunan, 5 Profesi Ini Gak Cocok Kalau Kamu Gampang Menyerahilustrasi wanita karier (pexels.com/Gustavo Fring)

Profesi pertama yang gak cocok kalau kamu gampang menyerah ialah penulis. Yang mana pekerjaan ini memang kelihatannya mudah dilakukan, tapi sebenarnya dipenuhi dengan proses untuk bisa jadi penulis.

Tidak ada satu orang pun yang bisa langsung jadi penulis yang baik, sehingga kamu harus belajar dari nol dan terus latihan menulis hingga kemampuanmu meningkat. Butuh ketekunan dan niat yang kuat untuk terus menekuni bidang profesi ini. 

2. Penyanyi

Butuh Ketekunan, 5 Profesi Ini Gak Cocok Kalau Kamu Gampang Menyerahilustrasi penyanyi (pexels.com/Thibault Trillet)

Penyanyi juga merupakan jenis profesi yang gak cocok kalau kamu gampang menyerah. Memang kerjaannya cuma nyanyi, tapi gak semua orang yang punya suara bagus bisa jadi penyanyi yang lagunya laku dan punya banyak job manggung.

Karena menjadi seorang penyanyi pun juga butuh skill dan latihan, ada prosesnya yang harus dilalui untuk berkembang. Pun juga tidak semua orang beruntung bakatnya dinotice produser dan punya kesempatan untuk merilis lagu sendiri. 

Baca Juga: 5 Profesi Paling Dibutuhkan di Masa Depan, Banyak dari Dunia Digital

3. Pebisnis

Butuh Ketekunan, 5 Profesi Ini Gak Cocok Kalau Kamu Gampang Menyerahilustrasi bisnis (pexels.com/Tim Douglas)

Kalau kamu tipe orang yang gak gampang menyerah dan kukuh dalam berusaha, maka profesi sebagai pebisnis mungkin layak dicoba. Tapi tentu saja harus didasari oleh niat dan modal dirimu sendiri untuk bisa membangun bisnis sendiri dari nol.

Kalau ingin menjadi pebisnis sukses, kamu tidak hanya sekedar jualan saja tapi juga harus belajar marketing dan mengembangkan bisnismu sedikit demi sedikit. Bisa dibilang dunia bisnis berat untuk ditempuh dan butuh tekad yang benar-benar besar untuk bisa berhasil di dalamnya. 

4. Dokter

Butuh Ketekunan, 5 Profesi Ini Gak Cocok Kalau Kamu Gampang Menyerahilustrasi dokter (pexels.com/Gustavo Fring)

Dokter adalah profesi keempat yang juga gak cocok jika kamu tipe orang yang gampang menyerah. Karena ada proses pendidikan panjang untuk kemudian bisa menjadi seorang dokter.

Dan kita tahu sendiri kalau menempuh pendidikan kedokteran itu tidak mudah dan murah. Selain biayanya yang sangat besar, tahap pendidikan yang ditempuh juga tidak mudah dan butuh usaha keras untuk terus belajar. 

5. Pengusaha ternak dan perkebunan

Butuh Ketekunan, 5 Profesi Ini Gak Cocok Kalau Kamu Gampang Menyerahilustrasi peternak (pexels.com/Cottonbro)

Kalau kamu tipe orang yang gampang menyerah dan tidak tekun dalam bekerja, maka profesi menjadi peternak atau berkebun tidak cocok untukmu. Karena sama seperti pebisnis, membangun usaha peternakan dan perkebunan tidaklah mudah.

Selain itu jenis pekerjaan ini tidak memandang gengsi, sebab banyak dianggap sepele orang. Meskipun kalau sudah sukses malah bisa lebih tinggi penghasilannya dibanding jenis profesi lain.

Kesimpulannya, jika ingin bekerja di lima bidang profesi tadi maka pastikan kalau kamu tidak mudah menyerah. Karena ada posesnya untuk membangun karier dan sukses dalam pekerjaan ini. 

Baca Juga: 6 Tips Sukses Menjalani Profesi sebagai Sales, Dapatkan Banyak Komisi!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya