Comscore Tracker

6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerja

Jangan putus asa dulu

Lulus dan langsung mendapat pekerjaan menjadi impian semua orang. Kadang ada orang yang beruntung bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Sedihnya, ada lebih banyak lagi orang yang harus rela menganggur selama berbulan-bulan sebelum akhirnya bisa diterima kerja di sebuah perusahaan.

Pada dasarnya mencari kerja memang susah. Namun bukan berarti kamu boleh putus asa. Ingat setiap masalah pasti ada jalannya bukan? Nah daripada kamu pusing, berikut 6 hal yang harus kamu lakukan jika tidak kunjung mendapat pekerjaan!

1. Rombak CV kamu

6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerjapexels.com/bruce mars

Saat melamar kerja, CV menjadi salah satu dokumen wajib yang harus ada. Karena lewat CV inilah, perusahaan mengenal kamu sebelum memutuskan untuk melakukan wawancara. Ibaratnya, CV adalah first impression.

Jika CV kamu berantakan, dan asal-asalan maka kesan perusahaan padamu juga akan buruk. Jangankan memanggil wawancara, dibaca pun tidak. Jadi kalau kamu tidak kunjung dapat panggilan kerja, coba cek CV kamu, sudah benar atau belum?

2. Perluas jaringan pertemanan

6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerjaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Mengingat cari kerja susah, kamu harus berusaha lebih gigih. Jangan hanya mencari lowongan di internet, atau koran tapi juga tanya teman-teman. Hubungi teman lama kamu, terutama mereka yang sudah lebih dulu mendapatkan pekerjaan. Biasanya perusahaan mengandalkan orang dalam untuk mencari karyawan baru. Siapa tahu, lewat salah satu teman kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja.

3. Coba cari magang

6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerjapexels.com/fauxels

Selain lowongan kerja, ada banyak perusahaan yang membuka lowongan magang. Jadi anak magang memang tidak sama dengan karyawan, karena kita hanya akan bekerja selama beberapa bulan saja. Tapi jangan salah, dari tempat magang kamu bisa menambah pengalaman, juga memperluas jaringan pertemanan. Asiknya, beberapa perusahaan bukan hanya memberikan pengalaman tapi juga memberikan gaji bagi anak magang.

Baca Juga: Fresh Graduate, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Pekerjaan

4. Pelajari hal-hal baru

6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerjaunsplash.com/Andre Furtado

Karena belum mendapatkan pekerjaan, secara otomatis waktu luang kamu juga jadi lebih banyak. Daripada bengong enggak jelas, coba deh pergunakan waktu kamu untuk mempelajari hal baru seperti bahasa asing, belajar desain, atau apa pun yang menarik minat kamu. Selain bisa menghasilkan uang, kemampuan baru ini bisa kamu tambahkan dalam CV nantinya.

5. Jadi freelancer

6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerjaunsplash.com/Avi Richards

Zaman sekarang, kerja tidak harus punya kantor berangkat pagi pulang sore. Sebagai gantinya, kamu bisa menjadi seorang freelancer. Kamu bisa bekerja sebagai desain grafis dan menjual karya kamu di internet, jadi vloger, jadi translator, atau bisa juga gabung jadi community writer di idntimes.com. Selain mendapatkan penghasilan, waktu kerjanya juga jauh lebih fleksibel dan bisa kamu atur sendiri.

6. Buka usaha sendiri

6 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gak Kunjung Mendapat Kerjaunsplash.com/Blake Wisz

Selain jadi freelancer, kamu juga bisa mencoba untuk berbisnis. Kalau kamu punya modal, enggak ada salahnya untuk membuka kafe atau online shop. Sebagai alat promosi, kamu enggak perlu bayar orang, cukup memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk promosi usaha kamu. Memiliki bisnis sendiri, kamu enggak perlu melamar kerja kemana-mana atau terikat kontrak karena kamu adalah bosnya.

Mencari kerja memang susah, tapi putus asa dan menyerah di perjalanan justru akan membuat semuanya jadi lebih suram. Untuk kamu yang sedang berjuang, semangat ya!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You