Comscore Tracker

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Cover letter pakai bahasa Inggris memang paling yahud guys!

Jangan disepelekan, cover letter atau surat lamaran kerja semestinya jadi dokumen wajib selain CV untuk melamar pekerjaan. Karena ditulis dengan format dan bahasa yang resmi, banyak orang cenderung template dan asal membuat contoh cover letter bahasa Inggris. Padahal, cover letter penting karena bisa menunjukkan kemampuan menulis, keseriusan kita dalam melamar ke perusahaan, serta memperlihatkan value kita kepada perusahaan lho!

Nah, supaya lamaran cepat dilirik dan bikin standout di mata HRD perusahaan, kamu seharusnya membuat cover letter menggunakan bahasa Inggris. FYI nih guys, keunggulannya adalah membuktikan keahlian bahasa Inggrismu dan membuat kamu diingat karena berbeda daripada kandidat lainnya. Makanya, kamu perlu tahu nih 10 tips dan contoh cover letter bahasa Inggris yang baik dan benar. 

Penasaran ingin tahu apa saja sih? Langsung saja yuk, kita simak selengkapnya di bawah ini!

1. Cover letter harus memuat kemampuan diri yang sesuai dengan kualifikasi

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarSeseorang membuat cover letter (Pexels.com)

Contoh cover letter bahasa Inggris yang bagus dan bisa dilirik HRD sudah pasti memuat kemampuan kamu yang sesuai dengan kualifikasi lamaran yang dibutuhkan. Percuma juga bahasa Inggris sudah expert kalau hal ini luput dari perhatianmu.

Misalnya, kamu ingin bekerja di suatu perusahaan yang membutuhkan posisi fotografer, pastikan kamu menjelaskan berbagai project foto yang sudah kamu pegang sebelumnya ya! Kalau kamu fresh graduate, bisa juga menggunakan berbagai pengalaman selama magang atau kegiatan yang berhubungan dengan fotografi selama di perkuliahan.

Baca Juga: 7 Kesalahan pada Penulisan Cover Letter yang Harus Dihindari 

2. Pastikan cover letter yang kamu buat menjelaskan keterangan yang tidak ada dalam CV

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarSeseorang membuat cover letter (Pexels.com)

Biasanya, CV hanya memberikan gambaran tentang diri kamu dan skill secara umum. Biar lebih jelas dan spesifik, pastikan cover letter yang kamu buat menjelaskan keterangan yang tidak ada dalam CV. Salah satunya nih, kamu bisa melihat contoh cover letter bahasa Inggris yang sesuai dengan kata kunci pekerjaan.

Hal itu berguna ketika kamu melamar lebih dari satu pekerjaan dan bisa menyisipkan kata kunci yang berhubungan dengan job title yang bersinggungan dengan lowongan pekerjaan itu. Misalnya kamu ingin melamar untuk posisi Media Sosial, gunakan kata kunci seperti ‘social media’, ‘engagement rate’ atau ‘gain followers’ di contoh cover letter bahasa Inggris kamu.

3. HRD akan tahu kamu paham mengenai pekerjaan yang ada dengan menggunakan kata kunci di cover letter

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarIlustrasi interview kerja (Shutterstock/stockfour)

Nah, perlu kamu tahu nih guys, kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan seperti contoh di atas harus dipastikan bahwa kamu memasukkannya ke cover letter ya. Dengan meletakkan kata-kata tersebut di dalam cover letter kamu, HRD akan tahu jika kamu benar-benar paham mengenai pekerjaan tersebut.

Biar lebih afdol lagi untuk mengetahui lebih detail contoh cover letter bahasa Inggris, kamu juga bisa cek di sini ya.

4. Kamu juga harus tahu susunan yang baik di dalam cover letter

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarIlustrasi interview kerja (Shutterstock/fizkes)

Ini mesti kamu tahu nih! Susunan cover letter yang rapi sangat penting agar HRD bisa membaca cover letter kamu dengan mudah. Secara garis besar, contoh cover letter bahasa Inggris yang baik memiliki empat susunan, yaitu header, introduction, body, dan closing.

Header biasanya mencakup informasi nama kamu dan kontak yang dapat dihubungi, tanggal penulisan cover letter, serta nama orang yang kamu tuju. Pada bagian introduction, selain salam pembuka dan maksud kamu (melamar kerja), kamu juga bisa menuliskan pencapaian agar dapat menarik HRD dan pastikan kamu menulis bagian introduction dalam satu paragraf saja, ya!

5. Pastikan kamu tunjukkan poin penting yang ada pada diri kamu di bagian body cover letter

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarIlustrasi interview kerja (Shutterstock/Dean Drobot)

Pada bagian body, tuliskan poin penting dari dalam diri yang ingin kamu tunjukkan kepada HRD. Di sinilah kamu bisa menulis kualifikasi diri kamu yang sesuai dengan persyaratan yang diberikan perusahaan. Kamu juga dapat menulis mengenai kontribusi yang akan kamu berikan pada perusahaan tersebut.

6. Jangan gunakan kalimat yang memaksa ya di cover letter!

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarIlustrasi interview kerja (Shutterstock/Indypendenz)

Adapun pada bagian closing, sampaikan bahwa kamu dapat dihubungi untuk diskusi lebih lanjut mengenai posisi tersebut dan kualifikasi diri kamu dan menunggu respons dari HRD, tapi pastikan kamu tidak menggunakan kalimat yang memaksa, ya! 

Kemudian, sebelum mengirimkan cover letter, pastikan contoh cover letter bahasa Inggris kamu disertai dengan salam penutup dan signature atau tanda tangan kamu. Wah, pasti bakal keren nih contoh cover letter bahasa Inggris kamu dan siap dikirimkan.

7. Sesuaikan cover letter dengan visi misi perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarSeseorang membuat contoh cover letter bahasa Inggris (jobstreet.co.id)

Sebelum menulis cover letter, pastikan kamu sudah mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai posisi dan perusahaan yang ingin kamu lamar. Ini bagian yang penting supaya kamu memahami apa yang diinginkan perusahaan tersebut, syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi. 

Nah, biar makin yakin dengan perusahaan yang kamu lamar, ada baiknya kamu mencari informasi seputar perusahaan tersebut di Jobstreet, guys! Pasalnya, Jobstreet bisa membantu kamu mencari visi-misi perusahaan yang ingin kamu lamar, ataupun informasi seputar perusahaan tersebut. Bahkan, di Jobstreet pun kamu diberikan berbagai tips seputar lamaran pekerjaan, misalnya persiapan interview, membuat CV, atau diberikan berbagai contoh cover letter bahasa Inggris. Untuk detailnya, kamu bisa klik di sini ya!

Perlu kamu tahu juga nih, contoh cover letter bahasa Inggris yang diberikan Jobstreet berisi hal-hal yang berkaitan dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh perusahaan pada posisi tersebut, bahkan bisa membuat HRD tersanjung lho! 

8. Struktur yang harus kamu cantumkan dalam cover letter

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarContoh cover letter bahasa Inggris (freepik.com)

Ini juga bagian yang gak kalah penting guys. Contoh cover letter bahasa Inggris yang baik adalah dengan menerapkan berbagai struktur di dalamnya, yakni contact information, greeting, motivation (alasan kamu melamar), qualification (kualifikasi yang kamu miliki), dan closing

Berikut berbagai contohnya yang bisa kamu terapkan.

- Contact information

Budi Hartono

Jl. Gatot Subroto, Jakarta

budi.hartono@gmail.com

0812-1234-5678

Linkedin: Budi Hartono


- Greeting

Dear Hiring Manager,


I am Budi, with a bachelor’s degree in Business from Pancasila University. I am writing this letter to express my interest in your posting on LinkedIn for the Digital Marketing Manager. I consider myself a highly-focused and self-motivated person, and I am excited with the opportunity to showcase my technical skills with your company.

9. Jangan lupa masukkan motivasi kamu melamar pekerjaan tersebut di cover letter ya!

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarIlustrasi interview kerja (Shutterstock/Dragon Images)

Nah, selanjutnya ada bagian motivation dan qualification. Untuk detailnya, yuk disimak!

- Motivation: mencakup alasan kamu ingin melamar posisi tersebut, kecocokan kepribadianmu terhadap budaya perusahaan, dan penelitian lebih mendalam tentang perusahaan.

As a student, I have used your products for two years. As an EdTech Company, Ruang Guru had given a positive transformation to Indonesian education. Along with the development of the internet, more and more Indonesians can access education wherever and whenever. I believe that in the future, as Indonesians become well-educated, we can grow together and become a big and developed country. It would be wonderful if I have the opportunity to grow and work together to reach this goal with Ruang Guru.


- Qualification: mencakup pencapaian terhebatmu (gunakan angka untuk memperjelas rekruter pencapaian yang kamu raih), kemampuan yang relevan dengan posisi yang akan dilamar, dan jangan lupa jelaskan bagaimana kemampuan yang kamu miliki dapat membantu di perusahaan tersebut.

During my previous role at the digital marketing agency, I have cultivated the ability of social media campaigns, SEO copywriting, and advertising strategy. In 2017, I planned a campaign and led to a 250.000 increase in new Instagram followers in two weeks. By the end of 209, I had enhanced the overall keyword ranking of the website from 96th to 15th, by adopting new content strategies and SEO, which attracted thousands of traffic and potential clients and brought 200,000 new registered users. I am proficient in Google Analytics, Google Ads, Facebook Ads, and WordPress.

10. Bagian tak kalah pentingnya dari cover letter adalah closing

10 Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Baik dan BenarIlustrasi interview kerja (Shutterstock/aslysun)

Pastikan di bagian closing ini kamu menuliskan bahwa kamu menunggu atau bersedia bila dihubungi kembali ya. Begini detailnya.

- Closing

With the experience and achievements, I strongly believe that I will be a great fit for this position. The document attached is my resume, and feel free to contact me anytime via mobile and email if there are further questions. I am looking forward to speaking with you in more detail about this opportunity.

Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Budi Hartono

Itulah beberapa contoh cover letter bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan. Semoga kamu segera dipanggil dan diterima di perusahaan yang kamu inginkan ya guys! (WEB)

Baca Juga: 5 Tips Buat Job Seeker Hindari Penipuan Lowongan Kerja

Topic:

  • Marwan Fitranansya
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya