Comscore Tracker

5 Cara Mudah Membangun Kerja Sama Tim yang Solid di Kantor

Penting banget untuk mencapai visi perusahaan!

Untuk mencapai tujuan dari perusahaan, dibutuhkan kerja sama tim yang baik dan solid. Di mana, semua anggota saling membantu dan mendukung sehingga menjadi tim yang kompak. Namun, menyatukan banyak orang bukanlah perihal yang mudah.

Meski demikian, sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan, bukan? Nah, berikut ini beberapa cara sederhana untuk membangun kerja sama tim yang solid di kantor.

1. Bentuk rasa saling percaya antara anggota tim

5 Cara Mudah Membangun Kerja Sama Tim yang Solid di KantorUnsplah/You x ventures

Rasa saling percaya merupakan syarat mutlak untuk membangun kerja sama tim yang solid. Rasa percaya dapat menegaskan bahwa tugas yang diemban setiap orang, pasti berbeda dan sudah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Oleh karena itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membentuk rasa saling percaya antar anggota tim. Dengan demikian, pekerjaan selesai secara efektif dan cepat.

2. Tingkatkan komunikasi yang lebih intens

5 Cara Mudah Membangun Kerja Sama Tim yang Solid di Kantorpexel/Jopwell

Jangan pernah menganggap bahwa komunikasi antara sesama anggota tim adalah hal yang sepele. Ketika komunikasi berjalan buruk, maka pekerjaan yang ada justru bisa menjadi berantakan.

Maka dari itu, lakukan komunikasi secara intensif, baik melalui meeting pagi atau pertemuan lainnya agar setiap orang mengerti tugas dan target yang harus dilaksanakan.

3. Adakan kegiatan bersama atau gathering

5 Cara Mudah Membangun Kerja Sama Tim yang Solid di KantorUnsplash/priscilladupreez

Salah satu cara untuk membangun rasa saling percaya adalah menjalin hubungan baik dan mengenal satu sama lain. Cara ini biasanya diterapkan dalam kegiatan bersama, seperti gathering, makan siang bersama, dan melakukan hobi secara bersama-sama sehingga membentuk chemistry yang kuat.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Ini Tetap Legit Meskipun di Tengah Pandemik COVID-19

4. Tingkatkan kompetisi anggota tim

5 Cara Mudah Membangun Kerja Sama Tim yang Solid di Kantorpexels/startup stock photos

Layaknya peran dan tanggung jawab, tingkat kompetensi yang dimiliki setiap anggota tim pasti berbeda. Jika kenyataannya kompetensi masing-masing berbeda jauh, itu artinya perlu dilakukan peningkatan kompetisi melalui sebuah pelatihan.

Namun, pastikan bahwa pelatihan yang dilakukan sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawab mereka.

5. Melakukan evaluasi secara rutin

5 Cara Mudah Membangun Kerja Sama Tim yang Solid di Kantorfreepik/tirachardz

Sama halnya dengan komunikasi intens, evaluasi rutin juga jadi salah satu kunci sukses membentuk sebuah tim dengan kerja sama yang solid. Sebab, evaluasi tujuannya bukan untuk mencari masalah.

Evaluasi bertujuan untuk mengarahkan dan memberi masukan agar proses kerja selalu berada di jalur yang telah direncanakan sebelumnya.

Itu dia beberapa cara mudah untuk membangun kerja sama tim yang solid di kantor. Semoga hasil yang nantinya dicapai, akan terasa sebagai hasil bersama dan bukan hasil dari satu atau dua orang semata. Semangat!

Baca Juga: 5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introver

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya