Comscore Tracker

Usahamu Untuk Menabung Pasti Akan Gagal Jika Masih Melakukan 5 Hal ini

Apakah kamu sudah menemukan kiat sukses menabung rutin?

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki keinginan untuk rutin menabung. Tetapi, hal tersebut biasanya hanya akan menjadi angan sebab konsistensi diri untuk melakukannya tidak muncul di dalam diri. Apakah kamu termasuk orang yang sering gagal dalam menabung?

Mengumpulkan uang untuk ditabung membutuhkan niat dan keinginan yang kuat agar hal tersebut bisa berhasil. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari karena akan membuat uang tabunganmu menjadi cepat habis. Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1. Kamu mulai menabung namun masih punya tanggungan utang

Usahamu Untuk Menabung Pasti Akan Gagal Jika Masih Melakukan 5 Hal iniilustrasi merenung (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Sebelum menabung, cobalah untuk melunasi utang-utangmu terlebih dahulu. Sebuah utang bisa membuatmu menurunkan keinginan untuk menabung sebab pikiranmu akan berfokus di situ. Terlebih lagi, suatu saat orang yang kamu utangi pasti bakal menagihnya.

Saat hal tersebut terjadi, kamu pun akan mengambil uang tabunganmu sebagai alat pembayaran. Alhasil, tabunganmu pun gak jadi penuh sebab digunakan untuk membayar semua tanggungan yang masih ada.

2. Pola pikirmu masih berputar perihal pemenuhan keinginan yang mahal-mahal

Usahamu Untuk Menabung Pasti Akan Gagal Jika Masih Melakukan 5 Hal iniilustrasi belanja (unsplash.com/freestocks)

Apakah kamu masih sering jajan sesuatu yang branded? Jika iya, cobalah untuk membuang kebiasaan semacam itu. Percayalah bahwa keinginan untuk membeli barang-barang mahal bisa membuat keinginanmu menabung menjadi batal.

Hal itu terjadi karena kamu bakal berusaha untuk terus-terusan membelinya demi mengikuti tren. Berangkat dari hal tersebut, tidak ada habit hemat yang ada di dalam dirimu sehingga uang tabunganmu gak akan pernah penuh. Oleh karena itu, mulai buang kebiasaan buruk tersebut dari sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Keuangan Selama di Kantor, Bawa Bekal Sendiri!

3. Kamu gak bisa mengontrol diri untuk makan seadanya

Usahamu Untuk Menabung Pasti Akan Gagal Jika Masih Melakukan 5 Hal iniilustrasi makan (unsplash.com/Sander Dalhuisen)

Biasanya, tabungan seseorang gak akan penuh jika ia tidak bisa mengontrol pola makannya. Maksudnya di sini adalah terkadang seseorang sennatiasa ingin makan masakan yang enak-enak. Kudapan yang nikmat tentunya memiliki harga yang tidak murah.

Maka dari itu, diperlukan kemauan untuk terbiasa makan seadanya. Tidak masalah jika kamu makan sesuatu yang merupakan kesukaanmu. Namun, jangan melakukan hal tersebut secara terus-menerus sebab akan membuat kantongmu jebol.

4. Saldo tabunganmu masih ditaruh di e-wallet

Usahamu Untuk Menabung Pasti Akan Gagal Jika Masih Melakukan 5 Hal iniilustrasi dompet digital (unsplash.com/Clay Banks)

Jangan pernah menaruh uang tabungan di e-wallet sebab hal tersebut pasti akan cepat habis. Di dunia yang serba digital ini, seseorang akan dimudahkan dengan bertransaksi di e-commerce. Hal tersebut menjadi landasan mengapa kamu gak boleh menyimpan uang di dompet digital.

Agar lebih aman, cobalah untuk menggunakan alternatif tabungan seperti menaruhnya di produk investasi. Salah satu yang banyak disarankan adalah investasi reksa dana. Jika investasi di sana, kamu gak akan mudah mengambil uangnya sebab membutuhkan waktu berhari-hari untuk pencairan.

5. Kamu selalu nongkrong di tempat-tempat yang gak sesuai isi dompet

Usahamu Untuk Menabung Pasti Akan Gagal Jika Masih Melakukan 5 Hal iniilustrasi kafe (unsplash.com/RR Abrot)

Menjaga hubungan sosial dengan orang lain merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Salah satu caranya adalah nongkrong dengan teman-teman. Namun, hal tersebut bisa saja berubah menjadi buruk jika kamu nongkrongnya di kafe yang mahal harganya.

Apalagi jika hal itu dilakukan sesering mungkin, maka uangmu pun bakal terkuras habis.oleh karena itu, jangan ragu untuk menolak ajakan teman yang ingin nongkorng di kafe tak ramah dompet. Hal itu dilakukan demi kesehatan finansialmu, khususnya perihal uang tabungan.

Setelah membaca kelima hal di atas, cobalah untuk lebih bijaksana dalam mengelola uang. Jangan biarkan kebiasaan buruk malah akan membuat kondisi finansialmu menjadi hancur.

Baca Juga: Yakin Bisa Punya Tabungan Rp100 Juta! Cek 6 Gaya Menabung Ini Dulu

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya