Comscore Tracker

5 Tips Mengukur Kemampuan Diri saat Hendak Melamar Pekerjaan, Tepat!

Jangan sampai kamu keliru dalam mengukur kemampuan diri

Setiap orang memiliki kemampuan diri yang berbeda-beda jika sudah berkaitan dengan urusan pekerjaan. Hal inilah yang membuat setiap orang juga memiliki keahlian yang khusus pada bidang tertentu.

Kadang kala tak semua orang mengetahui kemampuan dirinya sendiri, termasuk juga potensi yang dimiliki. Tak heran bila kemudian mereka akan bingung dalam menentukan kemampuan dirinya. Meski demikian, Kamu bisa tetap mengukur kemampuan dirimu pada saat akan melamar suatu pekerjaan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Menentukan posisi yang ingin dilamar

5 Tips Mengukur Kemampuan Diri saat Hendak Melamar Pekerjaan, Tepat!Ilustrasi seorang pengusaha (Pexels/Snapwire)

Tentu sebelum melamar pekerjaan, kamu harus tahu posisi apa yang akan dilamar. Setiap perusahaan biasanya memiliki banyak posisi yang sangat beragam dan khusus.

Hal pertama yang harus kamu tentukan adalah posisi apa yang akan kamu ambil. Dalam menentukan posisi tersebut tentunya kamu harus mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu. Jika kamu sudah menentukan posisinya, kamu bisa langsung melamar pekerjaan tersebut.

2. Memahami penuh deskripsi pekerjaannya

5 Tips Mengukur Kemampuan Diri saat Hendak Melamar Pekerjaan, Tepat!Ilustrasi pria sedang membaca (Pexels/Werner Pfennig)

Setiap pekerjaan memiliki perbedaan tersendiri dalam hal job desk ataupun tujuannya. Tentunya hal inilah yang harus kamu pahami terlebih dahulu saat akan melamar pekerjaan.

Pahami bagaimana deskripsi pekerjaan yang akan kamu ambil, berikut dengan konsekuensi dan tanggung jawabnya. Hal ini penting untuk membuatmu kembali mempertimbangkan posisi tersebut.

Baca Juga: Cara Memastikan Job Desc di Portal Kerja Tepat dan Tidak Menjerumuskan

3. Jangan lupa melihat review pekerjaan serupa

5 Tips Mengukur Kemampuan Diri saat Hendak Melamar Pekerjaan, Tepat!ilustrasi bermain ponsel (Pexels/Tony Schnagl)

Pada saat ini sudah sangat mudah untuk mengaskes beragam sumber informasi di media sosial. Salah satunya berkaitan dengan review mengenai suatu pekerjaan.

Untuk mengukur kemampuan dirimu, tak ada salahnya dalam melihat review tersebut. Setelah itu, baru lah kamu bisa menyimpulkan apakah kamu mampu atau tidak.

4. Mengevaluasi kemampuan diri secara terus menerus

5 Tips Mengukur Kemampuan Diri saat Hendak Melamar Pekerjaan, Tepat!Ilustrasi pusing dalam bekerja (Unsplash/Tim Gouw)

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga pada saat bekerja. Jangan hanya berfokus pada kelebihan, namun juga minimalkan segala bentuk kekurangan melalui evaluasi diri.

Tentunya evaluasi diri mejadi hal terpenting yang harus kamu coba setiap harinya. Dengan demikian, kamu jadi terus menerus memperbaiki dirimu dengan tepat.

5. Membuat perencanaan pekerjaan ke depannya

5 Tips Mengukur Kemampuan Diri saat Hendak Melamar Pekerjaan, Tepat!Ilustrasi membuat rencana kerja (Unsplash/Kelly Sikkema)

Tak ada salahnya jika kamu sudah memikirkan lebih jauh tentang masa depan kariermu meski baru saja hendak melamar pekerjaan. Cara ini juga dilakukan sebagai opsi untuk mengukur kemampuan diri.

Kamu bisa membuat perencanaan yang detail mengenai pekerjaanmu. Dengan demikian, maka semua halnya bisa diselesaikan dengan baik.

 

Tidak mudah dalam mengukur kemampuan diri jika kamu tidak memahami caranya. Jangan justru betah dengan kemampuan diri yang itu-itu saja, ya!

Baca Juga: Lakukan 5 Persiapan Awal Ini saat Melamar Pekerjaan, Wajib Catat!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya