Comscore Tracker

6 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Mudah untuk Diterapkan

Bikin betah berlama-lama di ruang tamu

Ada yang mengatakan bahwa ruang tamu adalah cerminan kepribadian dari pemilik rumah. Karenanya, tata letak serta desain ruang tamu sangat diperhatikan.

Ruang tamu juga merupakan tempat bertemunya pemilik hunian dengan orang lain. Di sini juga mereka dijamu dan diterima dengan baik. Sehingga, sedih rasanya bila tak mengatur ruang tamu dengan baik.

Apabila tengah kebingungan mencari inspirasi desain ruang tamu yang minimalis dan nyaman, kamu bisa menyontek beberapa desain berikut ini. Dijamin betah banget!

1. Desain ruang tamu bertema Skandinavian 

6 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Mudah untuk Diterapkanilustrasi desain ruang tamu bertema Skandinavian.(Unsplash.com/Spacejoy)

Selama dua tahun ke belakang, desain Skandinavian begitu digemari. Ciri khasnya terdapat pada warna perabot yang digunakan. Umumnya earth tone atau perabot berbahan dasar kayu yang jadi pilihan.

Skandinavian sendiri berkonsep bersih, rapi, dan mempertahankan kesan minimalis. Biasanya, warna yang menonjol adalah cokelat muda, krem, serta putih tulang. Kamu bisa menambahkan beberapa bunga kering di sudut ruangan ataupun meletakkannya di dalam keranjang bermotif anyaman.

2. Desain ruang tamu bertema Vintage 

6 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Mudah untuk Diterapkanilustrasi desain ruang tamu bertema Vintage.(Unsplash.com/ Curology)

Menciptakan kesan vintage pada ruang tamu tak begitu sulit, kok. Selain meletakkan beberapa barang antik, kamu bisa mengganti sarung bantal sofa kamu dengan motif anyaman.

Selain itu, cobalah untuk menggantung hiasan yang terbuat dari tali makrame. Makrame adalah kerajinan tangan yang dilakukan dengan mengikat tali. Hiasan ini yang akan jadi center of interest begitu tamu masuk ke dalam rumah kamu.

3. Desain ruang tamu bertema industrial 

6 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Mudah untuk Diterapkanilustrasi desain ruang tamu bertema industrial.(Unsplash.com/Sidekix Media)

Kalau kamu tipe orang yang kekinian, pasti akan segera memilih desain ruang tamu satu ini. Namanya desain ruang tamu bertema industrial. Ciri utama terletak pada dinding yang digunakan.

Dalam arsitektur, istilah untuk menyebut dinding yang digunakan pada gaya industrial adalah unfinished wall.  Meski terlihat seolah belum jadi dan mengekspos dinding semen begitu saja, nyatanya ciri utama dalam interior tema industrial ini begitu ikonik.

Padukan ruang tamu dengan sofa berwarna senada. Tak lupa, tambahkan perabot berbahan besi berwarna hitam atau perak supaya makin mengesankan konsep industrial.

Baca Juga: Bikin Tamu Betah, 9 Interior Ruang Tamu Bertema French Country

4. Desain ruang tamu bertema Country 

6 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Mudah untuk Diterapkanilustrasi desain ruang tamu bertema Country.(Unsplash.com/Sidekix Media)

Pnecinta film koboi tak boleh melewatkan desain ruang tamu yang satu ini. Ciri khas desain ruang tamu bertema country terletak pada dinding yang terbuat dari kayu. Supaya makin terkesan country, letakkan gitar di sudut ruangan.

Tempelkan pula beberapa foto hitam putih agar membuat kita terkesan tengah berada di pinggiran kota. Menggunakan perabot berbahan dasar kulit juga bisa kamu pilih, lho. Misalnya, alih-alih memilih sofa berbahan kain, kamu bisa menggantinya dengan sofa berwarna cokelat dengan bahan kain oscar atau semi kulit.

5. Desain ruang tamu bertema Homey 

6 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Mudah untuk Diterapkanilustrasi desain ruang tamu bertema Homey.(Unsplash.com/Spacejoy)

Ruang tamu yang homey tak hanya membuat pemiliknya betah, tapi juga tamu yang singgah. Konsep ini dibuat agar siapa pun yang berada di ruang tamu serasa di rumah sendiri. Supaya terkesan makin homey, kamu bisa memilih sofa bentuk L serta mendesain tembok menggunakan batu bata yang disusun rapi.

Lengkapi pula dengan shutter yang dipakai sebagai tirai jendela. Tak lupa beberapa tanaman hias akan semakin mengesankan kesan homey di ruang tamu ini. Kalau terlalu menelan biaya yang mahal, kamu bisa menggunakan wallpaper dengan motif tembok.

6. Desain ruang tamu bertema Victorian 

6 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Mudah untuk Diterapkanilustrasi desain ruang tamu bertema Victorian.(Unsplash.com/Amira Aboalnaga)

Pencinta gaya Eropa klasik bisa memilih tema Victorian untuk diusung ke dalam interior ruang tamu. Cukup tambahkan moulding atau panel kayu agar memberi kesan Eropa pada ruangan. Moulding dijual bebas di pasaran, harganya juga tak terlalu mahal.

Meski bertema Victorian, penggunaan furnitur berwarna monokrom malah akan memberi kesan minimalis dan nyaman. Selain itu juga terkesan begitu mewah. Kalau suka desain ruang tamu seperti ini, kamu bisa mencobanya di rumah, ya!

Semoga beberapa desain di atas bisa menginspirasi kamu dalam menata ulang dekorasi ruang tamu. Memiliki ruang tamu yang minimalis sekaligus nyaman memang butuh proses yang tak sebentar, tapi asal kamu berusaha pasti akan bisa mewujudkannya.

Baca Juga: 10 Inspirasi Kamar Tidur Bertema Industrial, Bisa untuk Kamar Sempit!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya