Comscore Tracker

5 Manfaat Kopi untuk Rambut, seperti Perawatan Rambut Mahal

Setelah minum, jangan buang ampas kopi

Minum segelas kopi saat pagi hari bisa memberikan dorongan energi yang luar biasa. Setelah selesai minum segelas kopi, sisa ampas kopi masih bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Menerapkan kopi ke rambut memberi manfaat bagi rambut karena kopi menyediakan berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan rambut. Dari mencegah kerontokan hingga mendukung pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat, semua manfaat ini bisa didapatkan cukup dengan menjadikan ampas kopi sebagai masker rambut atau membilas rambut dengan air seduhan kopi.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak apa saja manfaat kopi untuk rambut yang dirangkum dari laman Style Craze dan Firstcry Parenting. Baca sampai habis, ya!

1. Merangsang pertumbuhan rambut

5 Manfaat Kopi untuk Rambut, seperti Perawatan Rambut Mahalilustrasi rambut panjang (unsplash.com/Sincerely Media)

Sel-sel matriks rambut adalah bagian penting dalam struktur folikel rambut. Ini memproduksi keratin, protein utama penyusun rambut. Kandungan kafeina dalam kopi mampu merangsang sel-sel matriks dalam folikel rambut untuk membelah, yang kemudian merangsang pertumbuhan rambut. 

Ada pula antioksidan dalam kopi dapat membantu mengurangi kehilangan air transepidermal dan merangsang produksi sel rambut yang sehat. Kafeina juga meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, yang kemudian meningkatkan pemanjangan batang rambut.

2. Mencegah rambut rontok

5 Manfaat Kopi untuk Rambut, seperti Perawatan Rambut Mahalilustrasi rambut rontok (freepik.com/freepik)

Folikel rambut yang lemah membuat kamu lebih mungkin mengalami kerontokan dan kebotakan. Baik laki-laki maupun perempuan lebih mungkin mengalami hal ini seiring bertambahnya usia.

Umumnya, kebotakan ini terjadi karena tingginya hormon seks dihidrotestosteron (DHT). Ini merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Kafeina dalam kopi mampu memblokir efek DHT pada folikel rambut yang kemudian mengurangi kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali.

Baca Juga: Kaya Manfaat! Ini 5 Fakta Medis Kopi Robusta

3. Mempromosikan rambut sehat dan berkilau

5 Manfaat Kopi untuk Rambut, seperti Perawatan Rambut Mahalilustrasi rambut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kafeina dan nutrisi lain dari kopi dapat memperkuat folikel rambut dan menambah kilau pada rambut. Membilas rambut dengan air seduhan kopi juga dapat secara instan mengurangi kekusaman rambut, membuatnya lebih halus, dan membuat rambut tampak lebih lurus.

Mengaplikasikan kopi ke rambut tidak menghilangkan minyak alami sehingga ini mempertahankan kelembapan dan kilau alami rambut. Selain itu, kopi juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu nutrisi mencapai akar rambut sehingga menghasilkan rambut yang sehat dan berkilau.

4. Menggelapkan warna rambut 

5 Manfaat Kopi untuk Rambut, seperti Perawatan Rambut Mahalilustrasi rambut hitam (unsplash.com/Colt)

Jika kamu ingin membuat rambut menjadi lebih gelap, kopi merupakan solusi terbaik untukmu. Warna kopi yang gelap dapat membuat rambutmu menjadi lebih gelap secara instan.

Ini juga merupakan solusi alami dan cepat untuk menyembunyikan uban. Untuk hasil terbaik, aplikasikan kopi kental ke setiap helai rambut dan diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

5. Mengeksfoliasi kulit kepala

5 Manfaat Kopi untuk Rambut, seperti Perawatan Rambut Mahalilustrasi kulit kepala (freepik.com/freepik)

Kapan pun kamu merasa kulit kepala lebih berminyak atau bahkan berketombe, aplikasikan kopi sebagai masker rambut. Menggosok dan membilas rambut dengan kopi mampu membuat kult kepala dan rambut tetap bersih dan segar. 

Ampas kopi bertindak sebagai eksfoliator yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Pada gilirannya, ini akan meningkatkan pertumbuhan folikel rambut baru dan memperkuat akar rambut.

Sudah jelas, kopi dapat melakukan banyak keajaiban untuk rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup mengaplikasikan kopi sebagai masker rambut atau menyeduh segelas kopi dan menggunakannya untuk membilas rambut. Selanjutnya, jangan lupa bilas rambut dengan air hingga bersih.

Baca Juga: 5 Toko Kopi Legendaris di Singapura, Cocok buat Pencinta Kopi!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya