Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Kulkas dengan Soda Kue, Bersih dan Praktis

yuk bersihkan kulkas dengan rutin

Kulkas atau lemari es merupakan salah satu alat elektronik yang wajib ada di dapur. Tak jarang kita merasa malas untuk membersihkan kulkas dengan rutin. Membersihkan kulkas adalah satu hal yang penting, sebab kebersihan kulkas akan berpengaruh pada kondisi makanan yang akan kita konsumsi. Nah, bagi kamu yang masih malas membersihkan kulkas, yuk simak tahapan mudah membersihkan kulkas di bawah ini

1. Kosongkan lemari es termasuk isi, rak, dan perlengkapan lainnya

5 Tips Membersihkan Kulkas dengan Soda Kue, Bersih dan Praktisilustrasi kulkas (pexels.com/Allan Swart)

Matikan lemari es dan keluarkan semua isi lemari es serta periksa bahan makanan yang ada di dalam lemari es, pisahkan bahan makanan yang sudah layu dengan yang masih segar. Selanjutnya keluarkan rak dan perlengkapan lemari es lainnya setelah suhu lemari es mencapai suhu ruangan.

2. Bersihkan bagian dalam dan lubang pembuangan lemari es

5 Tips Membersihkan Kulkas dengan Soda Kue, Bersih dan Praktisilustrasi membersihkan bagian dalam (homedepot.com)

Untuk lemari es yang tidak terlalu kotor, kamu cukup mengusap pasta campuran air panas dan soda kue (asam bikarbonat) ke bagian dalam lemari es. Kemudian bilas dengan kain lembap yang bersih dan keringkan dengan tisu dapur.

Untuk membersihkan lubang pembuangan lemari es kamu cukup menggunakan alat pembersih lubang seperti  pipa mini untuk mengatasi penyumbatan. Setelah kotoran pada lubang pembuangan keluar bersihkan sisa-sisa kotoran dengan kain yang dibasahi dengan campuran air dan cuka, kemudian bilas dengan kain lembap dan keringkan dengan tisu dapur.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas, Tetap Segar dan Gak Cepat Busuk

3. Bersihkan rak lemari es

5 Tips Membersihkan Kulkas dengan Soda Kue, Bersih dan Praktisilustrasi membersihkan (thespruce.com)

Setelah semua rak lemari es sudah dikeluarkan, kamu bisa membersihkan rak lemari es hanya dengan menggunakan air sabun kemudian bilas dengan air.

Selain itu, kamu bisa membersihkan rak lemari es dengan pasta dari campuran soda kue (asam bikarbonat) dan air hangat dengan cara menggosok dengan lembut menggunakan kain, kemudian keringkan dengan tisu dapur.

4. Biarkan lemari es dan freezer menjadi dingin, lalu restock

5 Tips Membersihkan Kulkas dengan Soda Kue, Bersih dan Praktisilustrasi restock bahan makanan (pexels.com/Kevin Malik)

Setelah lemari es dicuci dan dikeringkan secara menyeluruh, tutup pintunya lalu nyalakan kembali hingga mencapai suhu 4 derajat celsius atau 40 derajat fahrenheit. Dan tunggu freezer hingga mencapai suhu -18 derajat celsius atau 0 derajat fahrenheit. Kemudian masukkan bahan makanan yang akan disimpan di lemari es.

5. Bersihkan bagian luar lemari es

5 Tips Membersihkan Kulkas dengan Soda Kue, Bersih dan Praktisilustrasi membersihkan bagian luar (themanual.com)

Untuk membersihkan bagian luar lemari es kamu bisa menggunakan air sabun atau pasta soda kue (asam bikarbonat). Kamu juga bisa menggunakan keduanya untuk membersihkan bagian luar lemari es.

Cukup basahi kain lembut, tuangkan pasta soda kue lalu gosok bagian luar lemari es. Kemudian bilas dengan kain basah dan keringkan menggunakan tisu dapur.

Jadi gimana, cukup mudah bukan membersihkan lemari es dengan soda kue atau asam bikarbonat? Cobain untuk rajin membersihkan kulkas agar makanan yang disimpan di dalamnya selalu fresh dan awet.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Kulkas yang Praktis dan Efektif, Yuk Coba!

Black Forest Photo Verified Writer Black Forest

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya