Comscore Tracker

5 Hierarki Katolik Roma, Mulai dari Imam hingga Paus

Hierarki ini dipraktikkan di seluruh Gereja Katolik di dunia

Dalam Gereja Katolik sendiri, hierarki merupakan tatanan suci yang mewujudkan tubuh Yesus Kristus. Hierarki pertama kali terbentuk dari surat Rasul Paulus terhadap jemaat di Korintus yang disebutkan dalam Alkitab di 1 Korintus 12:12.

Secara sederhana, hierarki bisa dianggap sebagai pejabat umat beriman. Mereka bertugas untuk melayani umat kepunyaan Allah dan bukan untuk dilayani. Awal perkembangan hierarki ini berkaitan erat dengan dua belas rasul atau murid-murid Yesus. Setelah kebangkitan Yesus dari kayu salib, kelompok rasul tersebut menjadi lebih luas. Mulailah muncul istilah-istilah pada Kitab Suci seperti penetua (Kisah Para Rasul 15:2), pengajar (Efesus 4:11), Episkopos (Kisah Para Rasul 20:28), dan Diakonos (1 Timotius 4:14).

Menurut hukum Gereja Katolik (KHK 330-572), hierarki Katolik Roma terdiri atas Paus, Uskup, Imam, dan Diakon. Berikut merupakan penjelasan mendalam mengenai tiap hierarki tersebut.

1. Dewan Para Uskup 

5 Hierarki Katolik Roma, Mulai dari Imam hingga Pausilustrasi gereja (pexels.com/Thgusstavo Santana)

Dewan Para Uskup sejatinya dibentuk untuk menggantikan kedua belas rasul sebagai gembala Gereja, sebagaimana tertulis dalam Konstitusi Dogmatis Konsili Vatikan II tentang Gereja. Ketika itu, Yesus mengangkat Simon Petrus sebagai ketua atas kedua belas rasul. Tanggung jawab para rasul tersebut kini telah digantikan oleh Dewan Para Uskup yang diketuai oleh Paus.

Aturan mengenai Dewan Para Uskup ini tertulis dalam Lumen Gentium 21 dan 22. Dari situ dituliskan bahwa setiap orang yang telah menerima tahbisan Uskup dapat menjadi anggota Dewan Para Uskup. Paus dan Dewan Para Uskup merupakan satu himpunan yang tetap.

2. Paus

5 Hierarki Katolik Roma, Mulai dari Imam hingga Pausilustrasi seorang pria beribadah (pexels.com/Rene Asmussen)

Ketika Yesus memilih Simon Petrus sebagai ketua atas kedua belas rasul, Ia berkata, “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Hal tersebut tertuang dalam Yohanes 21:15B. Dalam hierarti Katolik Roma, ditunjuk seorang Paus untuk mengemban tugas dan tanggung jawab Simon Petrus tersebut sekaligus menjadi pemimpin tertinggi atas Gereja Katolik.

Paus juga merupakan seorang Uskup. Ia juga memimpin Gereja Keuskupan Agung Roma. Sebagai pemimpin Uskup, Paus merupakan pemimpin universal atas seluruh Gereja Katolik di dunia.

3. Uskup

5 Hierarki Katolik Roma, Mulai dari Imam hingga Pausilustrasi gereja (pexels.com/Robert Stokoe)

Sesuai dengan Lumen Gentium 20, Uskup merupakan pengganti para Rasul di zaman sekarang. Seorang Uskup berkarya bersama dalam persekutuan dengan Uskup lain dan mengakui Paus sebagai ketuanya. Di Indonesia sendiri, terdapat Uskup untuk setiap yang memimpin di provinsi.

Tugas Uskup adalah untuk menyatukan dan mempertemukan umat Katolik, sebagaimana tertulis dalam Lumen Gentium 27. Mereka bertugas untuk memberi nasihat dan teladan bagi umat Katolik guna meningkatkan keimanan dan kepercayaan pada Yesus Kristus.

Baca Juga: Doa Meminta Pacar dalam Agama Katolik

4. Imam

5 Hierarki Katolik Roma, Mulai dari Imam hingga Pausilustrasi gereja (pexels.com/Kai Pilger)

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Uskup membutuhkan rekan kerja. Salah satu rekan kerja Uskup adalah Imam. Menurut Lumen Gentium 28, Imam, atau yang biasa disebut sebagai Romo, merupakan penolong bagi Uskup. Mereka membantu dalam pengajaran dan pelayanan-pelayanan sakramen, bahkan bisa pula menjadi wakil Uskup.

Imam terbagi atas dua jenis, yakni Imam Diosesan (Imam Praja) dan Imam Religius. Imam Diosesan merupakan Imam yang tergabung dalam suatu wilayah geografis tertentu dan bekerja di bawah keuskupan wilayah tersebut.

Sedangkan Imam Religius dapat berkarya di mana pun sesuai yang ditetapkan oleh pimpinannya dan tidak terikat oleh wilayah tertentu. Gelar yang diberikan bagi Imam Diosesan adalah Reverendus Dominus (RD), yang berarti Tuan Yang Terhormat, yang disematkan di depan nama. Sedangkan gelar bagi Imam Religius diberi gelar Reverendus Pater (RP), yang berarti Bapa Yang Terhormat, yang juga disematkan di depan nama.

5. Diakon Tertasbih

5 Hierarki Katolik Roma, Mulai dari Imam hingga Pausilustrasi orang berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pembantu Uskup lainnya adalah Diakon. Diakon merupakan rekan kerja Uskup dalam pelayanan sakramen, namun ia tidak bisa mewakili Uskup. Untuk itu, Imam biasa disebut sebagai pembantu umum Uskup, sedangkan Diakon disebut pembantu khusus Uskup.

Seorang Diakon bertugas untuk memberitakan injil, melakukan pembaptisan, dan memimpin berbagai upacara liturgi. Pelayanan khusus yang dilakukan seorang Diakon antara lain pelayan sabda, pelayan altar, dan pelaku karya amal kasih. Seorang Diakon ditasbihkan oleh Uskup.

Itulah dia sederet Hierarki Gereja Katolik di seluruh dunia. HIerarti Katolik Roma ini ada untuk mewujudkan tubuh Kristus dalam tatanan gereja dan turut membimbing serta menuntun umat Katolik agar tetap berada dalam jalan Tuhan. Merekalah pejabat-pejabat Allah di dunia.

Baca Juga: Pemimpin Agama Katolik, Ada Paus hingga Romo

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya