Comscore Tracker

5 Rahasia Unik Kesuksesan Sistem Pendidikan di Negara Maju

Kira-kira sistem pendidikan mana yang cocok di sini ya?

Semua orang mengetahui bahwa kemajuan suatu negara didorong oleh bidang pendidikan yang maju. Sehingga tidak jarang pemberdayaan SDM adalah aspek utama untuk meningkatkan kapasitas negara tersebut. Ngomong-ngomong, bila kamu ditanya negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia pasti dengan lantang tanpa berpikir akan menjawab "Finlandia".

Terlepas dari fakta tersebut, sebenarnya masih banyak negara-negara di dunia ini yang punya rahasia unik bagaimana pendidikan di negara mereka. Berikut rahasia unik pendidikan di negara maju.

1. Sistem kelas

5 Rahasia Unik Kesuksesan Sistem Pendidikan di Negara MajuPexels.com/StanlayMorales

Jika di negara Indonesia, kelas biasanya tetap, dari awal sampai naik kelas itu-itu saja kelasnya. Itu artinya, temanmu itu-itu saja dan semua materi pelajaran yang akan diberikan guru ada di dalam kelas itu.

Sementara jika kita berkunjung ke negara maju, misalnya Amerika Serikat menerapkan sebuah sistem yang namanya "moving class". Artinya bahwa setiap mata pelajaran punya ruang kelas tersendiri. Uniknya adalah, di Indonesia guru yang mendatangi kelas untuk mengajar, sementara di Amerika justru siswa yang mendatangi gurunya.

2. Sistem pendidikan

5 Rahasia Unik Kesuksesan Sistem Pendidikan di Negara MajuPexels.com/Feedyourvision

Dilansir dari TransferWise, sebuah blog review pendidikan Amerika menjelaskan bahwa sekolah dasar di tempuh dengan jangka waktu lima atau enam tahun, sekolah menengah di tempuh dengan jangka tiga tahun, sedangkan untuk perguruan tinggi waktunya empat tahun. Sekolah diberikan banyak ruang untuk merevisi dan mengubah kurikulum berdasarkan eksistensi zaman serta kebutuhan siswa mereka yang unik. Indonesia, kalau lulus SMA maka akan mendapatkan ijazah, maka di Amerika lulus SMA memperoleh gelar diploma.

Kalau di Finlandia, sekolah dasar dan menengah digabungkan dalam satu struktur pendidikan tunggal selama sembilan tahun. Untuk jumlah hari sekolah hanya 190 hari. Sistem pendidikan di Finlandia, ada beberapa media yang memberitakan bahwa di sana tidak ada pekerjaan rumah atau PR, namun berdasarkan pernyataan dari situs thisisFINLAND, mereka mengklarifikasi dan menyatakan itu adalah berita yang tidak tepat.

Baca Juga: 5 Fakta Pendidikan Indonesia Saat di Bawah Penjajahan Kolonial Belanda

3. Mata pelajaran yang bebas pilih

5 Rahasia Unik Kesuksesan Sistem Pendidikan di Negara MajuPexels.com/PrayganBezbaruah

Untuk mata pelajaran, di Amerika Serikat berdasarkan informasi dari MoveHub.com menyatakan bahwa kelas dibagi berdasarkan mata pelajaran, maka untuk siswa yang baru masuk ajaran baru harus memilih enam sampai tujuh mata pelajaran untuk bahan pelajaran setahun ke depan. Jika di Indonesia, siswa harus mempelajari 12-16 mata pelajaran yang diberikan. 

Materi pelajaran juga spesifik. Sebagai contoh, mata pelajaran matematika akan di bagi menjadi beberapa kelas. Seperti kelas aljabar satu dan aljabar dua hingga kelas subtitusi. Jadi siswa tidak perlu mempelajari semua materi matematika. Hanya mempelajari yang dipilih sesuai minat dan kebutuhan. Jadi mata pelajaran tadi bukan menjadi sebuah beban untuk siswa itu sendiri.

4. Transportasi

5 Rahasia Unik Kesuksesan Sistem Pendidikan di Negara MajuPexels.com/AbbyChung

Ini nih yang sering menjadi pembahasan kalau ada masalah sosial yang berhubungan langsung dengan korban apalagi yang masih status siswa. Contohnya balap liar.

Untuk negara Jepang, dilansir dari JapanBlog.com siswanya dari tingkat dasar hingga tingkat menengah sangat di larang keras menggunakan kendaraan bermotor baik itu roda dua ataupun roda empat. Bahkan orangtua sendiri untuk mengantarkan anaknya menggunakan kendaraan pribadi ke sekolah tidak di perkenankan. Jadinya sepedalah pilihan utama di samping transportasi umum. Tidak jarang ada murid yang jalan kaki.

Untuk negara Indonesia, banyak siswa yang menggunakan kendaraan bermotor sebagai sarana ke sekolah. Bahkan ada beberapa siswa yang memakai kendaraan roda empat. Bisa kita perhatikan di lingkungan kita masing-masing.

5. Etika serta kedisiplinan

5 Rahasia Unik Kesuksesan Sistem Pendidikan di Negara Majujpw.vn

Negara Jepang terkenal sebagai negara yang hormat terhadap orang lain. Bahkan beberapa negara di dunia menjadikan sistem pendidikan karakter mereka sebagai rujukan untuk di terapkan di negara mereka.

Maka kita ambil rahasia dari negara Jepang. Di kutip dari Tokyo Business Today, di Jepang siswa akan mulai kenal materi jika sudah kelas empat alias usia 10 tahun. Bagaimana sistem pembelajaran etika mereka? Guru-guru tidak mendoktrin pentingnya berperilaku jujur. Tapi lebih mengajak muridnya untuk berdiskusi apa sebab-akibat kita berperilaku jujur. Jadi tidak hanya sebatas diberitahukan saja. Murid sudah diajarkan berpikir kritis dan bertanya "untuk apa". Selama proses pembelajaran tidak dengan sistem hafalan atau tulisan. 

Begitulah rahasia unik kesuksesan pendidikan di negara maju. Mungkin kamu sudah tahu atau kamu yang baru baca jadi merasa tidak percaya diri dengan keadaan pendidikan yang kamu alami sekarang. Namun itu bukanlah masalah besar. Yang kamu butuhkan hanya orientasi diri yang mau maju. Mungkin terhalang secara sistem atau birokrasi namun di kemauan diri yang keras, percayalah mimpimu akan dimudahkan. Menurutmu, dari sistem pendidikan di atas mana yang bisa diterapkan dengan negara kita?

Baca Juga: 7 Alasan Keberhasilan Sistem Pendidikan di Finlandia, Yuk Cari Tahu!

Basri Pakpahan Photo Verified Writer Basri Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya