Comscore Tracker

Berapa Biaya Masuk Pesantren? Perbedaan Biaya Tradisional dan Modern

Kamu tim pesantren tradisional atau pesantren modern, nih?

Halo, calon santri! Sudah tahu perkiraan berapa biaya masuk pesantren impianmu? Atau jangan-jangan kamu malah belum survei, nih? Tenang, kali ini IDN Times sudah merangkum perkiraan mengenai biaya-biaya yang harus kamu persiapkan jika ingin mendaftar ke pesantren.

Sebelum mendaftar, perlu dicatat bahwa terdapat perbedaan biaya antara pesantren tradisional dan pesantren modern. Perbedaan ini biasanya terjadi karena lokasi, fasilitas, dan popularitas pesantren. Langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perkiraan biaya pesantren tradisional

Berapa Biaya Masuk Pesantren? Perbedaan Biaya Tradisional dan ModernIlustrasi santri pesantren tradisional (freepik.com/rawpixel.com)

Pesantren tradisional biasanya terkenal dengan biayanya yang lebih murah daripada pesantren modern. Meskipun lebih murah, bukan berarti kualitas pendidikannya jauh di bawah modern. Perbedaan harga tersebut dikarenakan adanya faktor-faktor seperti lokasi, fasilitas, dan sistem kepengurusannya.

Berbeda dengan pesantren modern yang terletak di kota-kota besar, pesantren tradisional masih berlokasi di kampung-kampung kecil yang mana biaya hidupnya jauh lebih murah daripada di area kota-kota besar. Selain itu, sistem kepengurusan pesantren biasanya juga masih dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga dari segi biaya tentu jauh lebih murah daripada pesantren modern.

Berikut estimasi biaya masuk pesantren tradisional:

  • Biaya uang pangkal atau biaya masuk    : Rp2.000.000 – Rp9.000.000
  • Biaya SPP per bulan                                    : Gratis – Rp2.000.000
  • Biaya organisasi / ekstrakurikuler            : Rp50.000 – Rp300.000           
  • Biaya seragam                                             : Rp300.000 – Rp650.000
  • Biaya buku pelajaran                                   : Rp12.000 – Rp2.500.000

Perkiraan biaya pesantren modern

Berapa Biaya Masuk Pesantren? Perbedaan Biaya Tradisional dan ModernIlustrasi santri di pesantren modern (freepik.com/rawpixel.com)

Mendaftar di pesantren modern atau yang sering disebut dengan istilah boarding school memang harus menyiapkan biaya yang lebih besar. Selain lokasinya yang terletak di kota-kota besar, fasilitas dari pesantren modern ini biasanya lebih lengkap dan ekslusif.

Tak hanya itu, kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler di pesantren modern jauh lebih beragam dan khusus sehingga memerlukan biaya yang lebih besar.

Berikut estimasi dari biaya masuk pesantren modern

  • Biaya uang pangkal atau biaya masuk    : Rp10.000.000 – Rp27.000.000
  • Biaya SPP per bulan                                   : Rp1.000.000 – Rp3.000.000
  • Biaya organisasi / ekstrakurikuler            : Rp300.000 – Rp500.000          
  • Biaya seragam                                             : Rp650.000 – Rp725.000
  • Biaya buku pelajaran                                  : Rp2.400.000 – Rp.3.500.000

Sebagai catatan tambahan, biaya masuk pesantren di atas merupakan estimasi biaya sehingga dapat berubah sewaktu-waktu. Kamu bisa menghubungi narahubung dari pesantren yang kamu tuju untuk menanyakan berapa biaya pasti yang perlu kamu siapkan.

Yuk, mulai nabung dari sekarang!

Baca Juga: Apa Persyaratan Masuk Pesantren? Calon Santri Merapat!

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya