Comscore Tracker

10 Lagu Daerah di Indonesia Paling Populer dan Sejarahnya, Lengkap!

Kamu wajib tahu ya

Lagu daerah merupakan lagu yang diciptakan atau berasal dari suatu daerah di wilayah Indonesia. Biasanya, lagu daerah ditulis dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing.

Selain itu, lagu daerah seringnya menceritakan tentang budaya atau keseharian masyarakat di daerah tersebut. Demi menghargai salah satu kekayaan budaya Indonesia, langsung aja simak 10 lagu daerah dari berbagai wilayah Indonesia sebagai berikut.

1. Ampar-Ampar Pisang

https://www.youtube.com/embed/BnBTFaHvI6I

Lagu dolanan khas dari Kalimantan Selatan ini mengisahkan tentang buah pisang yang dikerubungi oleh binatang-binatang kecil. Ada juga yang mengartikan lagu "Ampar-Ampar Pisang" menceritakan tentang mengolah pisang dengan cara dijemur.

Lagu yang liriknya terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Banjar ini diciptakan oleh Hamiedan AC. Memiliki lirik yang singkat dan mudah diingat, membuat lagu ini sering dinyanyikan anak-anak sebagai lagu pengiring permainan tradisional.

2. Butet

https://www.youtube.com/embed/KG9ZLc7kf4c

Lagu "Butet" merupakan lagu daerah asal Sumatera Utara yang sangat sering dinyanyikan saat pelajaran musik. Butet sendiri memiliki arti anak perempuan.

Lagu yang diciptakan oleh Siddik Sitompul ini mengisahkan tentang seorang ayah yang sedang merindukan anak perempuannya. Kerinduan tersebut disalurkan dalam lirik lagu "Butet" ini.

3. Ayam Den Lapeh

https://www.youtube.com/embed/QIRVYgOHacY

Tidak kalah terkenal dari "Butet". Lagu daerah asal Sumatera Barat ini juga sering diajarkan di sekolah, terutama saat pelajaran musik.

Tidak hanya liriknya yang mudah diingat, lagu "Ayam Den Lapeh" ini juga memiliki nada yang ceria dan easy listening. Sesuai dengan iringan musiknya yang semangat, lagu ini dibuat agar siapapun yang mendengarnya tidak sedih lagi.

4.Gemu Famire

https://www.youtube.com/embed/brvQbverqIY

Siapa sih yang gak tahu lagu dengan musik yang asyik ini? Yap, lagu "Gemu Famire" merupakan lagu daerah khas Nusa Tenggara Timur yang diciptakan oleh Nyong Franco.

Uniknya lagi, Nyong Franco menciptakan lagu tersebut saat berada di kawasan hutan kota Maumere. Nyong Franco berharap bahwa semua orang menjadi gembira saat mendengarkan "Gemu Famire" ini.

5. Apuse

https://www.youtube.com/embed/VlyDN-yQMuk

"Apuse" merupakan lagu daerah khas dari Timur Indonesia, Papua. Lagu ciptaan Tete Mandosir Sarumi ini mengisahkan tentang perpisahan antara cucu dengan nenek dan kakeknya. Melalui liriknya diceritakan bahwa sang cucu pamit untuk pergi merantau.

Melihat dari liriknya, pasti kita sudah membayangkan betapa sedihnya lagu "Apuse" ini. Namun, faktanya lagu ini justru memiliki musik up beat yang buat siapapun mendengarnya jadi semangat.

Baca Juga: 20 Lirik Lagu Daerah di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

6. Sajojo

https://www.youtube.com/embed/Xc_L_zMeqbQ

Masih lagu daerah khas Papua, tepatnya di wilayah Papua Barat. Lagu yang diiringi dengan musik yang ceria ini mengisahkan tentang seorang kembang desa yang sangat disayangi orang tuanya.

Diceritakan juga dalam liriknya, saking cantiknya gadis desa tersebut banyak laki-laki yang mengantre untuk menyatakan perasaannya. Penasaran? Langsung saja dengarkan lagu ciptaan David Rumagesang ini.

7. Suwe Ora Jamu

https://www.youtube.com/embed/NLiGaO3o-to

Beralih ke pulau Jawa, tepatnya Jawa Tengah. Lagu yang ditulis dalam bahasa Jawa khas Yogyakarta ini menceritakan tentang terjadinya sebuah pertemuan setelah sekian lama tidak berjumpa.

Lagu yang diciptakan oleh R.C. Hardjosubroto ini semakin populer ketika dinyanyikan kembali oleh Waljinah. Coba dengerin deh, dijamin kamu langsung suka dengan lagu "Suwe Ora Jamu" ini.

8. Indung-Indung

https://www.youtube.com/embed/tLr_SSoWZdU

Lagu daerah yang berasal dari Kalimantan Timur ini, ternyata masih termasuk dalam kategori lagu gambus Melayu. Lagu "Indung-Indung" berisi pesan untuk para umat muslim agar selalu menjalankan perintah Allah SWT.

Lagu yang diciptakan oleh Ilin Sumarni ini masih sering dinyanyikan hingga saat ini, terutama dalam acara-acara keagamaan, seperti maulid nabi. Yuk, kita hafalkan lirik lagu "Indung-Indung"!

9. Nona Manis Siapa yang Punya

https://www.youtube.com/embed/qM4THSxcXYw

Belum diketahui secara jelas, siapa pencipta dari lagu yang memiliki iringan musik yang menghentak dan ceria ini. Namun, lagu ini sudah dipastikan berasal dari daerah Maluku.

Sesuai dengan judulnya, lagu "Nona Manis Siapa yang Punya" ini menceritakan tentang seorang nona atau anak perempuan yang sangat manis. Saking manisnya anak perempuan ini, semua orang yang melihatnya pasti langsung jatuh hati.

10. Rek Ayo Rek

https://www.youtube.com/embed/e8YK7r6vDRg

Bergeser ke Jawa Timur. "Rek Ayo Rek" merupakan salah satu lagu ikonik dari kota Surabaya. Lagu yang diciptakan oleh Alfian Harahap ini sempat viral di berbagai kalangan karena dinyanyikan kembali oleh Didi Kempot.

Lagu yang memiliki genre keroncong ini menceritakan tentang ajakan untuk singgah ke kota Surabaya. Ajakan tersebut diperjelas dalam liriknya yang menyebut salah satu nama jalan bersejarah di Surabaya, yakni Tunjungan.

Nah, itu dia daftar lagu daerah dari berbagai wilayah di Indonesia lengkap dengan sejarahnya. Kamu sudah pernah dengar lagu daerah yang mana?

Baca Juga: Not Pianika Apuse, Lagu Daerah yang Menceritakan Perpisahan

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya