Comscore Tracker

5 Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang Simpel

Gak usah panjang lebar, cukup perhatikan hal ini!

Selain skill dan juga pengalaman kerja, surat lamaran pekerjaan adalah kartu As bagi para pelamar kerja. Surat lamaran pekerjaan yang baik bahkan bisa membuat para pelamar kerja mendapat peluang besar untuk diterima di sebuah perusahaan. Namun ternyata masih banyak yang kebingungan bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang formal, sopan dan baik.

Dalam menulis surat lamaran kerja, jangan sampai kamu hanya copy paste dari referensi-referensi di internet. Kamu perlu membuat surat lamaran kerjamu sendiri agar minim terjadi kesalahan dan bahkan bisa bersaing dengan para pelamar kerja lainnya. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja dan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menulis surat tersebut.

1. Ketahui dan riset terlebih dahulu calon perusahaan yang akan kamu lamar

5 Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang SimpelUnsplash.com/@magnetme

Tak kenal maka tak sayang, begitu juga dalam hal melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Mengetahui seluk beluk perusahaan dan job description yang akan kamu lamar adalah sebuah kewajiban utama. 

Dengan melakukan riset yang cukup kamu jadi bisa melihat relevansi skill yang kamu miliki dengan kualifikasi kebutuhan recruitment di perusahaan tersebut. Jika cocok, kamu pun jadi bisa menonjolkan kemampuanmu yang akan kamu tulis di dalam surat lamaran pekerjaan. 

Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan menyambangi website maupun sosial media perusahaan tersebut. Jika kamu memiliki teman yang bekerja di perusahaan tersebut, ada baiknya kamu bertanya-tanya kepadanya untuk memperdalam pengetahuanmu tentang perusahaan yang akan kamu lamar. 

2. Usahakan surat lamaran pekerjaanmu tidak terlalu panjang

5 Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang SimpelUnsplash.com/@christinhumephoto

Idealnya surat lamaran pekerjaan janganlah terlalu panjang dan bertele-tele. Ingatlah, kamu harus bersaing dengan puluhan bahkan hingga ratusan pelamar. Jika surat lamaranmu terlalu panjang, HRD atau recruiter perusahaan tersebut tidak punya banyak waktu untuk membaca surat lamaran pekerjaanmu. 

Cukup buatlah surat lamaran satu halaman saja. Kamu harus menulis seringkas dan sepadat mungkin, karena itu usahakan untuk menuliskan hal-hal penting dan yang ingin kamu tonjolkan pada surat lamaran pekerjaan. Gunakan kalimat yang efektif dan juga menggunakan font yang rapi dan nyaman untuk dibaca oleh recruiter. Kamu bisa menggunakan font seperti Times New Roman, Calibri, atau Arial dengan size antara 10 atau 12. 

3. Tonjolkan skill yang sesuai dengan kualifikasi lamaran pekerjaan

5 Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang SimpelUnsplash.com/@vantaymedia

Ini adalah saat di mana kamu harus bisa menawarkan keahlianmu agar nilai jualmu bagus di mata rucruiter. Karena itu kamu harus fokus menuliskan skill yang kamu miliki. Jika kamu merasa kemampuanmu sangat cocok dengan lowongan pekerjaan tersebut, tuliskan secara spesifik apa saja kemampuanmu. Akan lebih baik juga kalau kamu menambahkan gambaran apa keuntungan yang akan didapatkan perusahaan jika merekrutmu sebagai karyawan. 

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

4. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam surat lamaran pekerjaan

5 Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang SimpelUnsplash.com/@parkerabyrd

Gaya bahasa dalam surat lamaran pekerjaan ternyata sangat berpengaruh besar terhadap keputusan reucruiter. Karena itu, selalu gunakan gaya bahasa yang sopan sekaligus profesional saat menulis surat lamaran pekerjaan. Meski sepele, namun banyak pelamar yang gagal menarik perhatian HRD perkara hal ini, lho!

Tulis surat sesuai dengan penulisan PUEBI. Haram hukumnya kamu menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan bahasa SMS yang banyak disingkat. Perhatikan ejaan dan juga besar kecilnya huruf. Pastikan juga tidak ada kesalahan ketik atau typo dalam surat lamaran pekerjaanmu. 

5. Contoh surat lamaran pekerjaan untuk yang sudah memiliki pengalaman kerja

5 Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang SimpelUnsplash.com/@benchaccounting

Jakarta, 4 Februari 2021

Kepada
HRD Manager IDN Media
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 27 16th Floor
Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari LinkedIn tertanggal 2 Februari 2021, IDN Media membuka beberapa lowongan pekerjaan pada posisi News Editor IDN Times. Melalui surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai News Editor di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut data diri:

Nama: 

Tempat/tanggal lahir: 

Jenis kelamin: 

Pendidikan terakhir:

Alamat: 

Telepon/HP: 

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Saya memiliki skill yang menunjang dan berpengalaman di posisi tersebut, seperti kemampuan bahasa Inggris yang fasih, story telling yang baik, riset berita dan skill wawancara yang mumpuni. 

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Foto ukuran 3 x 4
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Fotokopi ijazah terakhir
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk mendapatkan panggilan wawancara kerja dari bapak/ibu sehingga dapat menjelaskan secara detail potensi dan kemampuan yang saya miliki, dan nantinya dapat menjadi bagian dari IDN Media.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

(Nama lengkap)

6. Contoh surat lamaran pekerjaan untuk fresh graduate

5 Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang SimpelUnsplash.com/@icons8

Jakarta, 4 Februari 2021

Kepada
HRD Manager IDN Media
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 27 16th Floor
Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari LinkedIn tertanggal 2 Februari 2021, IDN Media membuka beberapa lowongan pekerjaan pada posisi Creative Writer IDN Times. Saya perempuan 25 tahun, lulusan S1 Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, tahun 2020 dengan IPK 3,8.

Berikut data diri saya:

Nama: 

Tempat/tanggal lahir: 

Jenis kelamin: 

Pendidikan terakhir: 

Alamat: 

Telepon/HP: 

 

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Saya memiliki skill yang menunjang di posisi tersebut, seperti kemampuan bahasa Inggris yang fasih dan story telling yang baik. 

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas foto terbaru
6. Fotokopi SKCK

Besar harapan saya untuk mendapatkan panggilan wawancara kerja dari bapak/ibu sehingga nantinya dapat menjadi bagian dari IDN Media.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

(Nama lengkap)

Dengan mengetahui hal-hal penting dalam menulis surat lamaran pekerjaan, kamu tidak akan salah lagi dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang berpotensi besar untuk dilirik para recruiter. Semoga dengan menerapkan tips di atas, peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan impianmu tercapai ya!

Baca Juga: Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerja

Gustavo Kristo Photo Writer Gustavo Kristo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya