Comscore Tracker

5 Podcast untuk Belajar Astronomi di Spotify, Gak akan Bosan

Calon astronom millenial wajib merapat!

Podcast atau siniar menjadi salah satu media yang banyak digemari generasi millennial. Layanan streaming seperti Spotify menjadi populer karena mempertemukan pendengar dengan niche musik mereka. Selain musik, kita bisa menambah wawasan dengan mendengarkan podcast dari berbagai macam topik. 

Podcast bertema luar angkasa dan astronomi adalah salah satu topik yang menakjubkan untuk didengar. Astronomi sendiri adalah cabang ilmu alam yang mempelajari sains dari benda-benda langit. Selain mengikuti perkembangan keilmuan, dengan mendengarkan podcast astronomi kita juga bisa berpartisipasi menjawab misteri-misteri antariksa di alam semesta.

Berikut adalah 5 rekomendasi podcast astronomi terbaik yang siap didengar di Spotify. Cocok banget buat kamu yang bercita-cita jadi astronom, pengamat dan filsuf astrofisika, atau yang sekadar hobi melamun sambil menatapi bintang-bintang.

1. StarTalk Radio

5 Podcast untuk Belajar Astronomi di Spotify, Gak akan BosanNeil deGrasse Tyson berbincang dengan Chuck Nice dalam podcast StarTalk (YouTube.com/StarTalk)

StarTalk Radio adalah podcast yang dibawakan oleh Neil deGrasse Tyson, salah satu tokoh terpopuler di kancah astrofisika. Tyson akan membahas hal-hal terkait astronomi dan sains fisika dengan gaya penyampaian yang sangat mudah dimengerti. Siniar ini cocok buat astronom pemula yang belum akrab dengan konsep-konsep canggih.

Dilansir Variety, tahun 2021 ini StarTalk meraih penghargaan The Webby Awards untuk kategori “Best Science & Education Podcast”. Tak heran, lantaran siniar ini sukses dalam menjembatani sains dengan budaya populer melalui komedi dan humor tanpa mengurangi substansi ilmiahnya.

2. Planetary Radio

5 Podcast untuk Belajar Astronomi di Spotify, Gak akan BosanMatt Kaplan dan Bill Nye dalam podcast Planetary Radio (planetary.org)

Podcast ini dikelola secara resmi oleh The Planetary Society, organisasi non-profit yang bergerak di bidang astronomi. Acara ini dibawa oleh Mat Kaplan dan sering juga mengundang ilmuwan, astronot, dan persona-persona terkenal di dunia sains seperti Bill Nye dan Ariel Ekblaw. 

Siniar ini mengajak pendengar untuk membayangkan masa depan perjalanan luar angkasa dengan menarasikan perkembangan teknologi di bidang astronautika. Selain itu, Planetary Radio membahas dan mengkritisi kebijakan ‘astropolitik’ Amerika Serikat seperti turisme antariksa dan pertahanan bumi dari ancaman ekstraterrestrial.

3. The Orbital Mechanics

5 Podcast untuk Belajar Astronomi di Spotify, Gak akan BosanTiga penyiar podcast The Orbital Mechanics (theorbitalmechanics.com | theorbitalmechanics.com | theorbitalmechanics.com)

Baca Juga: 5 Podcast atau Siniar yang Wajib Didengar Freelancer di Saat Pandemi

Podcast ini terhitung paling rame dibanding rekomendasi lainnya karena dibawa oleh 3 host sekaligus: David Fourman, Ben Etherington, dan Dennis Just. Walaupun hanya sebatas pengamat dan penggemar astronom, ketiga pembawa acara tersebut berhasil mewarnai tiap perbincangan mereka dengan rasa takjub dan penasaran.

Sebagai pendengar, kalian tidak perlu memiliki latar belakang insinyur atau sains terapan untuk memahami pembahasan-pembahasan mereka. Penguasaan materi dan kepandaian berkomunikasi para pembawa acara sangat baik sehingga dapat menyampaikan konsep kompleks dengan bahasa sehari-hari.

Podcast Spotify The Orbital Mechanic cocok kalian yang kepo sama perkembangan industri perjalanan luar angkasa. Disini mereka akan membahas perkembangan teknologi paling mutakhir sambil mengkhayalkan potensinya di masa depan. 

4. Astronomy Cast

5 Podcast untuk Belajar Astronomi di Spotify, Gak akan BosanFraser Cain dan Pamela Gay membahas planet raksasa gas di Astronomy Cast (YouTube.com/AstronomyCast)

Buat kalian yang tertarik membahas penemuan terbaru di dunia astronomi, Astronomy Cast wajib kamu follow di Spotify. Setiap minggu, Fraser Cain dan Pamela Gay akan membombardir telingamu dengan temuan-temuan menarik. Topik-topik yang diangkat sangat beragam, mulai dari ilmu keplanetan hingga kosmologi. 

Kelebihan dari siniar ini terletak pada kedua pembawa acara yang sangat menguasai bidangnya. Dilansir website resmi Astronomy Cast, Cain adalah dalang dibalik penerbit berita astronomi, Universe Today, dan Gay merupakan ilmuwan senior di Planetary Science Institute.

5. Ngastro (Ngobrol Astronomi)

5 Podcast untuk Belajar Astronomi di Spotify, Gak akan BosanSampul podcast Ngastro (Listennotes.com/Ngastro)

Podcast yang satu ini dikelola oleh Tri Nur Aminudin, penggiat astronomi asal Cimahi, Indonesia. Bergabung di dunia penyiaran astronomi Februari 2020 lalu, siniar ini berisi konten astronomi yang dibahas secara ringkas dan santai.

Ngastro pas banget buat millenial yang ingin belajar seputar sains di balik benda langit tanpa mengkhawatirkan kendala bahasa. Kamu akan disuguhi sajian ilmu pengetahuan dengan gaya penyampaian layaknya sambil nongkrong bareng temen. 

Karena Ngastro disusun oleh creator lokal, maka topik yang dibahas terkadang akan dikaitkan dengan konteks astronomi di Indonesia. Contohnya, dalam episode “CATATAN LAPANGAN #1” mereka berkolaborasi dengan komunitas astronom amatir dari bandung untuk membahas polusi cahaya di Cukul, Bandung Selatan.

Lima podcast di atas membahas berbagai topik menarik terkait astronomi. Kelimanya pas banget untuk memuaskan dahagamu sebagai calon ilmuwan astronom. Kira-kira podcast mana dulu yang ingin kalian dengarkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Podcast atau Siniar yang Wajib Didengar Freelancer di Saat Pandemi

Ilham Akbar Arianto Photo Writer Ilham Akbar Arianto

BPJS Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya