Comscore Tracker

5 Jenis Pekerjaan yang Hasilnya Jasa, Mulai Dokter Hingga TNI

Ada yang jasanya tidak ada tandanya, lho

Membahas masalah pekerjaan, rasanya ini sangat lekat hubungannya dengan manusia. Bagaimana tidak, seseorang tentunya tidak dapat hidup layak jika tidak memiliki pekerjaan yang bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga. Maka dari itu, bekerja adalah salah satu fase kehidupan manusia setelah sekolah.

Siapa di antara kamu yang selalu diteror pertanyaan kapan dapat kerja setelah lulus? Nah, ternyata pekerjaan itu juga beragam jenisnya. Ada pekerjaan yang menghasilkan barang dan juga ada yang hasilnya berupa jasa. Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang membuat orang lain merasa terbantu dan merasakan hasil dari pekerjaan tersebut. Berikut adalah lima contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa. 

1. Tenaga pendidik

5 Jenis Pekerjaan yang Hasilnya Jasa, Mulai Dokter Hingga TNIIlustrasi guru (pixabay.com/sasint)

Yang pertama dan akan menjadi cikal bakal dari semua profesi yang akan berguna bagi kehidupan manusia tak lain dan tak bukan adalah tenaga pendidik. Siapa saja yang termasuk tenaga pendidik? Tak lain dan tak bukan adalah gurumu. Mau guru kursus, guru les, guru sekolah, siapa pun mereka yang berjasa memberikan bekal ilmu.

Bahkan guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Walau demikian, guru adalah profesi yang menghasilkan jasa. Tentunya kamu bisa membaca dan menulis juga merupakan bimbingan dari guru. Maka itu, banyak orang juga yang ingin memiliki profesi sebagai guru. Apa kamu salah satu yang tertarik dengan profesi ini?

2. Tenaga medis

5 Jenis Pekerjaan yang Hasilnya Jasa, Mulai Dokter Hingga TNIIlustrasi dokter (pixabay.com/drshohmelian)

Yang sedang naik daun sekaligus pihak garda terdepan saat pandemi terjadi di dunia adalah pekerja medis. Pekerja medis ini bisa mencakup perawat, mantri, dan juga dokter. Mereka tentunya sangat berjasa menyelamatkan kehidupan orang lain melalui tindakan medis dan saran obat-obatan untuk pasiennya.

Maka dari itu, saat pandemi terjadi dan membuat kesehatan sangat bernilai penting, petugas medis mendapat apresiasi dari banyak pihak termasuk presiden. Karena jasa mereka sungguh tak terelakkan, harus menggunakan baju APD dalam jangka waktu lama dan lembur untuk menyelamatkan suatu kehidupan. 

Baca Juga: 10 Jenis Pekerjaan untuk Kamu Pencinta Musik, Kenali, yuk!

3. Polisi dan TNI 

5 Jenis Pekerjaan yang Hasilnya Jasa, Mulai Dokter Hingga TNIilustrasi petugas keamanan (pixabay.com/Utility_Inc)

Profesi lain yang termasuk menghasilkan jasa adalah tenaga keamanan seperti polisi dan TNI. Tentunya keduanya sangat berperan besar untuk menjaga keamanan serta menjaga perdamaian di seluruh wilayah negara. Banyak juga anak muda yang ingin masuk instansi kepolisian atau pun TNI.

Nah, banyak juga yang belum mengetahui bedanya polisi dan TNI. Polisi bertugas untuk menjaga keamanan di dalam negara karena bertugas untuk menegakkan undang-undang yang berlaku. Sedangkan TNI menjaga keamanan eksternal negara dan melindungi negara dari serangan pihak luar, termasuk gerakan separatis.

4. Karyawan di suatu perusahaan 

5 Jenis Pekerjaan yang Hasilnya Jasa, Mulai Dokter Hingga TNIilustrasi karyawan (pixabay.com/1209)

Nah, bagi yang masih menjadi karyawan, kamu pun turut berjasa dalam membantu sebuah perusahaan untuk menuju sukses. Apa pun bagianmu dalam perusahaan, pastinya semua saling berkesinambungan. Jangan berkecil hati ketika saat ini kamu masih menjadi karyawan. Karena tanpa dirimu, perusahaan juga tak bisa berjalan dengan baik.

Jika jadi karyawan, maka jadilah karyawan yang terbaik. Bekerjalah sehingga orang menganggap jika tak ada dirimu, maka semua tidak bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, kamu akan menjadi teladan dan juga menjadi kesayangan atasan. Bonus pasti menanti!

5. Pengendara sesuatu 

5 Jenis Pekerjaan yang Hasilnya Jasa, Mulai Dokter Hingga TNIilustrasi pengendara (pixabay.com/imcockpit)

Apa pun jenis kendaraan yang dijalani, mulai dari motor, mobil, kereta, perahu, hingga pesawat, selama itu bisa membantu seseorang untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, maka itu juga termasuk dalam pekerjaan yang menghasilkan jasa. Supir, masinis, pilot, nahkoda, merupakan sebutan bagi sang pengendara seusai dengan alat transportasinya.

Tanggung jawab mereka tentu sangat besar, membawa ratusan nyawa bahkan ribuan dalam sekali perjalanan. Oleh sebab itu, jangan heran ketika banyak orang yang juga mengidolakan profesi mereka. 

Tentunya kamu bisa menyebutkan profesi lain yang juga menghasilkan jasa. Bahkan turunan dari berbagai profesi dari bidang di atas sangat banyak sekali. Apa pun profesimu, kerjakan dengan hati dan berbanggalah dengan apa yang kamu kerjakan. 

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Bikin Pekerjaan Lebih Cepat Selesai, Anti Mager!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya