Comscore Tracker

6 Kata Sifat dalam Bahasa Banjar yang Mirip Sekali dengan Bahasa Jawa

Punya arti yang sama, lho! #LokalIDN

Bahasa Banjar vs bahasa Jawa, apa nih yang ada dalam pikiran kalian saat mendengarnya? Mungkin sebagian besar menjawab keduanya ialah bahasa lokal. Lalu apakah menurut kalian kedua bahasa daerah ini memiliki latar belakang yang sangat berbeda? Sepertinya iya, nih.

Namun, ternyata ada kata sifat dalam bahasa Banjar serta bahasa Jawa yang memiliki banyak kesamaan, lho. Mulai dari kemiripan penulisan, pengucapan, bahkan untuk artinya sama persis, nih. Penasaran? Langsung simak penjelasannya aja deh!

1. Kaya

6 Kata Sifat dalam Bahasa Banjar yang Mirip Sekali dengan Bahasa Jawainstagram.com/infobadungbali

Kata kaya merupakan dambaan semua orang bukan? Pastinya, ya. Jadi ternyata kata kaya dalam bahasa Banjar maupun bahasa Jawa punya kata yang sama yakni sugih. Lebih lanjutnya nih pengucapan sugih pada bahasa Banjar ataupun bahasa Jawa juga sama, lho.

2. Laku

6 Kata Sifat dalam Bahasa Banjar yang Mirip Sekali dengan Bahasa Jawainstagram.com/santy_lolie

Lagi-lagi kata laku ini punya penulisan serta cara baca yang sama, nih. Dimana kata laku dalam bahasa Banjar dan bahasa Jawa disebut payu. Hayo, yang orang Banjar ataupun orang Jawa sudah tau kan artinya payu? Harus tahu pastinya, ya.

Baca Juga: 5 Kata Bahasa Jawa Mirip Bahasa Bali, Bikin Bingung kalau Keliru

3. lama

6 Kata Sifat dalam Bahasa Banjar yang Mirip Sekali dengan Bahasa Jawainstagram.com/mrs_fujak

Kata lama dalam hal ini bukan seperti lama menunggu seseorang ataupun sesuatu, ya. Dimana kata lama yang dibahas merupakan sesuatu yang telah lama ada. Kata tersebut ialah hanyar vs anyar, yang mana pada kata anyar (bahasa Jawa) huruf 'h' yang ada dalam Hanyar (bahasa Banjar) menjadi hilang, nih.

4. Merah

6 Kata Sifat dalam Bahasa Banjar yang Mirip Sekali dengan Bahasa Jawainstagram.com/c2_bodypaint

Kali ini juga berbeda satu huruf tapi artinya masih sama yaitu warna merah. Perbedaannya juga hanya terletak pada penambah dan penghapusan huruf 'h'. Pada bahasa Banjar, kata merah menjadi habang. Sedangkan dalam bahasa Jawa kata merah menjadi abang.

5. Hitam

6 Kata Sifat dalam Bahasa Banjar yang Mirip Sekali dengan Bahasa Jawainstagram.com/darlia.label

Masih membahas mengenai warna. Kata hitam dalam bahasa Banjar adalah hirang. Sedangkan pada bahasa Jawa warna hitam ini disebut ireng. Wah, penulisannya agak berbeda jauh nih namun pengucapannya masih mirip, ya!

6. Mahal

6 Kata Sifat dalam Bahasa Banjar yang Mirip Sekali dengan Bahasa Jawa3D Animation Production Company dari Pixabay" target="_blank">Pixabay/QuinceCreative

Hayo, buat kalian khususnya yang orang Banjar serta orang Jawa apa nih bahasa daerahnya kata mahal? Pasti paham nih kalian. Dari segi kesamaannya ada makna, pengucapan, serta penulisan yang persis, lho. Kata mahal pada bahasa Banjar maupun bahasa Jawa ialah larang.

Wah, jika melihat banyaknya kemiripan bahkan sama persis antara kata sifat dalam bahasa Banjar dan bahasa Jawa sepertinya hanya logat yang mampu membedakannya, nih. Jadi, bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 9 Kata dalam Bahasa Jawa Malang yang Terkenal dengan Bahasa Walikan 

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya