Comscore Tracker

25 November Hari Guru Nasional, Pahlawan Insan Cendekia 

Ayo berikan apresiasi terbaikmu

Tanggal 25 November merupakan tanggal yang tepat untuk menunjukkan penghargaan atau kasih sayang kalian kepada guru. Pasalnya, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. 

Peringatan Hari Guru Nasional juga beriringan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Indonesia (PGRI). PGRI sendiri berdiri pada tanggal 25 November 1945. Untuk mengetahui secara lengkap, yuk, simak artikel berikut!

1. Sejarah PGRI

25 November Hari Guru Nasional, Pahlawan Insan Cendekia pendidikan Indonesia di zaman kuno (sumber: colonialarchietecture.eu)

Melansir laman pgri.or.id, pada zaman Belanda dahulu, organisasi perjuangan guru-guru bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912. PGHB terdiri dari para Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Pemilik Sekolah sehingga organisasi ini bersifat unitaristik. Dengan latar pendidikan yang berbeda-beda, mereka umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Para guru memperjuangkan persamaan hal dan posisi dengan pihak Belanda berlandaskan kebangsaan dan semangat perjuangan yang sudah lama tumbuh. Perjuangan tersebut memiliki hasil, yaitu Kepala HIS yang dulu selalu dijabat oleh orang Belanda, satu per satu pindah ke tangan orang Indonesia.

Semangat perjuangan ini makin berkobar dan memuncak pada kesadaran serta cita-cita kemerdekaan. Tidak hanya mementingkan perjuangan dan perbaikan nasib bagi organisasinya sendiri, perjuangan guru telah memuncak jadi perjuangan nasional dengan teriak “merdeka”.

Baca Juga: Pemda Ramai-ramai Dukung Program Guru PPPK

2. Semangat bersatu melahirkan PGRI

25 November Hari Guru Nasional, Pahlawan Insan Cendekia ilustrasi PGRI (sumber: pgri.or.id)

PGHB mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932. Adanya unsur “Indonesia” membuat Belanda membenci PGI. Ditambah lagi, pada zaman pendudukan Jepang, segala organisasi dilarang. Sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Pada 17 Agustus 1945, semangat proklamasi menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Melalui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku sepakat dihapuskan.

Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

3. Selamat Hari Guru Nasional untuk pahlawan insan cendekia

25 November Hari Guru Nasional, Pahlawan Insan Cendekia ilustrasi guru (pexels.com/Max Fischer)

Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Penetapan Hari Guru Nasional ini sebagai penghormatan kepada guru oleh pemerintah Republik Indonesia.

Melansir laman kemdikbud.go.id, sebagai cara memperingati Hari Guru Nasional ke-77, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuat program yang salah satunya memberi apresiasi dan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang inspiratif.

“Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM. Hal ini senada dengan tujuan Kemendikbudristek melalui kerangka besar Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” tegas Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK), Nunuk Suryani.

Demikian informasi mengenai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang siap berjuang mencerdaskan bangsa. Selamat Hari Guru Nasional!

Baca Juga: Pasal Tunjangan Guru Hilang, P2G: RUU Sisdiknas Mimpi Buruk Jutaan Guru

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya