Comscore Tracker

5 Cara Mencari Ide Baru agar Kegiatan Menulis Tetap Semangat  

Biar gak bikin mood turun, coba cara ini!  

Bukan rahasia lagi, salah satu tantangan menjadi penulis adalah menemukan ide baru untuk dituangkan ke dalam tulisan. Selain agar tulisan tidak terkesan itu-itu saja, penulis juga harus menyajikan topik bagus kepada para pembaca.

Namun, untuk menemukan ide baru bukanlah hal yang mudah, bahkan mood penulis juga bisa menurun jika tidak kunjung menemukan ide untuk ditulis. Di bawah ini adalah lima cara agar bisa menemukan ide baru untuk dijadikan tulisan. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Cari ide baru dari kegiatan yang kamu sukai

5 Cara Mencari Ide Baru agar Kegiatan Menulis Tetap Semangat  ilustrasi mencari ide (unsplash.com/Www_erzetich_com)

Tidak kunjung menemukan ide baru kadang membuat mood menulis menjadi turun, bahkan sampai tidak ingin melanjutkan kegiatannya. Maka, untuk menghibur diri, kita mesti mengalihkan pikiran sejenak dengan melakukan hal yang disukai.

Kita juga bisa memanfaatkan itu agar bisa menemukan ide baru, lho! Misalnya dengan mendengarkan lagu, kamu bisa mendapat ide untuk menulis artikel tentang rekomendasi lagu bagus untuk pembaca.

2. Membaca artikel penulis lain

5 Cara Mencari Ide Baru agar Kegiatan Menulis Tetap Semangat  ilustrasi menulis (unsplash.com/Corinnekutz)

Tidak bisa dipungkiri, membaca artikel dari penulis lain berpengaruh untuk memunculkan ide baru. Dengan membaca tulisan dari penulis lain, kita bisa melihat banyak topik yang kadang tidak terpikirkan.

Membaca tulisan dari penulis lain juga akan membuat kita merasa lebih segar. Apalagi jika topiknya beragam. Dari tulisan yang dibaca akan terbesit ide bagus untuk dituangkan dalam tulisan.

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Inspirasi Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan Ide

3. Melihat update dari media sosial

5 Cara Mencari Ide Baru agar Kegiatan Menulis Tetap Semangat  ilustrasi mencari ide (unsplash.com/Seankkkkkkkkkkk)

Untuk kamu yang sering menulis tentang entertainment (hiburan), media sosial jadi tempat yang wajib kamu lihat untuk menemukan ide tulisan. Kamu bisa menemukan hal yang sedang tren di sosial media dan menjadikannya sebagai tulisan.

Kamu juga bisa mengunjungi media sosial resmi dari agensi untuk menemukan update informasi. Mereka bisa jadi sumber tulisan.

4. Dari lingkungan sekitar

5 Cara Mencari Ide Baru agar Kegiatan Menulis Tetap Semangat  ilustrasi mencari ide (unsplash.com/Magnetme)

Siapa bilang kamu tidak bisa menemukan ide menulis dari lingkungan sekitar? Ada banyak hal yang bisa kita muat dalam bentuk tulisan.

Misalnya, ibumu biasanya mencuci baju secara manual menggunakan tangan. Kamu bisa menulis tentang manfaat mencuci baju tanpa menggunakan mesin cuci.

5. Dari pertanyaan yang dipikirkan

5 Cara Mencari Ide Baru agar Kegiatan Menulis Tetap Semangat  ilustrasi mencari ide (unsplash.com/Josephgruenthal)

Jangan anggap sepele kalau di pikiranmu muncul berbagai pertanyaan. Siapa tahu itu bisa menjadi bahan untuk menulis. Misalnya saja muncul pertanyaan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah sampah plastik agar hancur. Coba cari berbagai informasi dari pertanyaan kamu itu.

Tidak menutup kemungkinan, dari banyak informasi yang kamu dapat, menjadikan itu sebagai sumber tulisanmu.

Mencari ide baru untuk tulisan memang bukan kegiatan yang sebentar. Setiap penulis juga memiliki caranya sendiri untuk menemukan ide barunya. Jadi, cobalah menemukan cara terbaik versimu agar kegiatan menulis selalu menyenangkan.

Baca Juga: Yuk Coba, Mendunia Lewat Karya Menulis e-Book

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Kunjungi dan jangan lupa baca artikelnya !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya