Comscore Tracker

Arti Annyeonghaseyo dan Contoh Penggunaannya, Cari Tahu yuk!

Sapaan khas orang Korea

Annyeonghaseyo! Sapaan khas orang Korea ini mungkin sudah sering didengar, apalagi kalau kamu penggemar KDrama atau KPop.

Meski familiar, apakah kamu sudah tahu makna serta penggunaan kata Annyeonghaseyo? Jangan sampai salah, yuk simak penjelasan lengkap arti annyeonghaseyo dan contoh penggunaannya!

Baca Juga: Arti Daebak dan Contoh Penggunaannya, Ungkapan Kagum Bahasa Korea!

1. Arti annyeonghaseyo, kata sapaan bahasa Korea

Arti Annyeonghaseyo dan Contoh Penggunaannya, Cari Tahu yuk!Cuplikan drama Will You Have Dinner With Me? (dok. MBC/Will You Have Dinner With Me?)

Annyeonghaseyo (안녕하세요) merupakan kata yang berarti "halo" atau "hai" dalam bahasa Indonesia. Kata ini bisa digunakan saat akan menyapa seseorang atau membalas sapaan orang lain.

Dalam bahasa Korea, kata ini cukup sering digunakan untuk percakapan kehidupan sehari-hari. Jadi, mempelajari cara menggunakan annyeonghaseyo sangat penting, terutama saat bersosialisasi.

2. Bentuk formal annyeonghasemnika

Arti Annyeonghaseyo dan Contoh Penggunaannya, Cari Tahu yuk!Cuplikan drama Nothing to Loe (dok. SBS/Nothing to Lose)

Ingat, bahasa Korea sangat mementingkan hierarki atau tingkat sosial. Oleh karena itu, penting mengetahui perbedaan bentuk formal dan nonformal dari annyeonghaseyo.

Annyeonghasemnika (안녕하십니까) merupakan bentuk yang paling formal. Kata ini digunakan pada situasi resmi seperti pidato, pengumuman, atau berita. Sapaan ini juga bisa ditujukan untuk orang asing atau orang yang sangat dihormati.

Baca Juga: 15 Kosakata dalam Bahasa Thailand Ini Serapan dari Bahasa Sanskerta

3. Bentuk standar annye

Arti Annyeonghaseyo dan Contoh Penggunaannya, Cari Tahu yuk!Cuplikan drama Because This is My First Life (dok. TVN/Because This is My First Life)

Kemudian ada annyeonghaseyo (안녕하세요) yang merupakan bentuk standar. Kata ini termasuk bentuk formal, namun tidak sekaku annyeonghasemnika.

Alhasil annyeonghaseyo menjadi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bentuk ini bisa digunakan untuk menyapa orang yang baru dikenal, guru, rekan kerja, atau orang yang lebih tua.

4. Bentuk nonformal annyeong

Arti Annyeonghaseyo dan Contoh Penggunaannya, Cari Tahu yuk!Cuplikan drama I’ll find you on a beautiful day (dok. jtbc/I’ll find you on a beautiful day)

Selain bentuk formal, ada juga bentuk informal yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kamu hanya perlu mengatakan annyeong (안녕).

Kata ini bisa digunakan untuk menyapa orang yang usianya lebih muda, teman dekat, atau orang yang tingkatannya ada di bawahmu. Dengan mengucapkan annyeong, menunjukkan kalau kamu punya hubungan yang sangat dekat.

5. Contoh kalimat menggunakan annyeonghaseo

Arti Annyeonghaseyo dan Contoh Penggunaannya, Cari Tahu yuk!Cuplikan drama Will You Have Dinner With Me? (dok. MBC/Will You Have Dinner With Me?)

Setelah mengetahui perbedaan bentuk formal dan informal, langsung saja yuk praktik ke contoh kalimat menggunakan annyeonghaseyo berikut ini!

Situasi resmi:

Annyeonghasimnikka, Cheoeum Boepgetseumnida. Maketing Timjang Jonirago Hamnida

안녕하십니까, 처음 뵙겠습니다. 마케팅 팀장 Anita 라고 합니다.

Salam kenal, senang bertemu dengan Anda. Saya Anita, manajer dari tim marketing.

Situasi standar:

 Annyeonghaseyo, seonsaengnim! Joheun achimibnida.

안녕하세요 선생님 좋은 아침입니다

Halo, Pak Guru! Selamat pagi.

Situasi non formal:

Annyong, Na Wasseo.

안뇽, 나 왔어.

Hei, aku sudah sampai nih.

Semoga penjelasan di atas membantu melancarkan bahasa Korea kamu ya! Selamat mempraktikkan!

Baca Juga: 10 Nama Binatang Laut dalam Bahasa Bali, Ada yang Mirip Bahasa Jawa

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya