Comscore Tracker

Arti Hyung dan Contoh Penggunaannya, Panggilan Khusus Kakak Laki-laki!

Maknanya sama seperti abang

Sama seperti Indonesia, orang Korea juga punya julukan atau kata sapaan untuk memanggil orang yang lebih tua. Mungkin kamu sudah familiar dengan kata hyung dan oppa.

Dua kata ini memang sama-sama digunakan sebagai kata pengganti 'kakak laki-laki'. Lalu, apa perbedaan keduanya? Simak penjelasan arti kata hyung dan artinya berikut ini!

Baca Juga: Arti Daebak dan Contoh Penggunaannya, Ungkapan Kagum Bahasa Korea!

1. Arti kata hyung

Arti Hyung dan Contoh Penggunaannya, Panggilan Khusus Kakak Laki-laki!cuplikan drama Chief Kim (dok. KBS/Chief Kim)

Hyung atau Hyeong merupakan kata benda yang digunakan sebagai panggilan kepada laki-laki yang lebih tua. Dalam bahasa Indonesia, hyung berarti kakak laki-laki.

Kata sapaan ini bisa digunakan baik untuk kakak kandung atau kenalan yang tidak memiliki ikatan keluarga. Hal yang perlu diingat, hyung adalah panggilan yang hanya diucapkan oleh laki-laki!

2. Perbedaan Hyung dan Oppa

Arti Hyung dan Contoh Penggunaannya, Panggilan Khusus Kakak Laki-laki!cuplikan drama He's Psychometric (dok. tvN/He's Psychometric)

Seperti dijelaskan sebelumnya, panggilan kakak laki-laki dalam bahasa Korea terbagi dua yaitu Hyung 형 dan Oppa 오빠. Hyung adalah kata yang diucapkan laki-laki.

Sementara Oppa digunakan oleh perempuan untuk menyebut kakak laki-laki. Jadi sudah jelas ya, kalau penggunaan Hyung dan Oppa bergantung pada gender siapa yang berbicara.

3. Penambahan imbuhan -nim

Arti Hyung dan Contoh Penggunaannya, Panggilan Khusus Kakak Laki-laki!cuplikan drama It's Okay Not To Be Okay (dok. tvN/It's Okay Not To Be Okay)

Orang Korea juga biasa menambahkan imbuhan -nim di belakang kata hyung. Biasanya panggilan hyungnim (형님) menandakan rasa hormat.

Hyungnim bisa digunakan untuk memanggil kakak laki-laki dengan rentang usia yang cukup jauh atau status sosial yang lebih tinggi. Kata hyung juga bisa ditambahkan awalan chin. Istilah chin hyung (친형) berarti kakak kandung laki-laki.

Baca Juga: Arti Gomawo dan Contoh Penggunaannya, Untuk Ucapkan Terima Kasih!

4. Contoh penggunaan kata Hyungnim

Arti Hyung dan Contoh Penggunaannya, Panggilan Khusus Kakak Laki-laki!cuplikan drama While You Were Sleeping (dok. SBS/While You Were Sleeping)

Saat seorang pria berbicara dengan kakak laki-laki yang dihormati, digunakan kata Hyungnim. Penggunaan bahasa yang digunakan juga formal dan sopan.

Contoh kalimatnya sebagai berikut.

오랜만이에요, 잘 지내고 있나요 형님? (oraenman-iyeyo, jal jinaegoisseoyo hyungnim?

Lama tak berjumpa, bagaimana kabarnya Kak?

형님 뭐 먹고 싶어요? (hyungnim mwo meoggo sipeoyo?)

Kakak, mau makan apa?

5. Contoh penggunaan kata hyung

Arti Hyung dan Contoh Penggunaannya, Panggilan Khusus Kakak Laki-laki!cuplikan drama Bad and Crazy (dok. tvN/Bad and Crazy)

Sementara kata hyung bisa digunakan dalam relasi hubungan yang dekat. Bahasa yang digunakan pun cenderung non formal atau santai!

Berikut beberapa contoh penggunaan kata hyung.

우리 형 잘생겼어! (uri hyeong jalsaeng-gyeoss-eo!)

Kakakku ganteng banget!

도와줘서 고마워 형. (dowajwoseo gomawo hyeong.)

Terima kasih sudah membantu, Kak!

Sudah tahu kan apa sebenarnya arti hyung itu? Jadi mulai sekarang jangan sampai salah panggil, ya!

Baca Juga: Arti Daebak dan Contoh Penggunaannya, Ungkapan Kagum Bahasa Korea!

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya