Comscore Tracker

5 Alasan Memberi Pujian dan Apresiasi pada Keluarga Patut Dibiasakan

Supaya terhindar dari hubungan toxic dalam keluarga

Setiap keluarga tentu punya caranya sendiri dalam bergaul antara satu sama lain, baik itu pada sesama saudara, atau orangtua dan anak. Kebiasaan dalam keluarga pun biasanya berbeda-beda, namun sepertinya alangkah baik jika membiasakan diri untuk memberi pujian dan apresiasi pada anggota keluarga.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari itu, dan lima alasannya akan dibahas di bawah ini. Yuk, simak!

1. Menjadi penyemangat untuk meraih prestasi lebih tinggi

5 Alasan Memberi Pujian dan Apresiasi pada Keluarga Patut DibiasakanPexels.com/Fauxels

Jika memberi pujian dan apresiasi dijadikan kebiasaan di dalam keluarga maka hal itu bisa menjadi penyemangat untuk meraih pencapaian yang lebih tinggi. Jadi keluarga memegang peran penting untuk kesuksesan satu sama lain, gak menjatuhkan mental atau menyepelekan.

2. Merasa bahwa dirinya benar-benar dianggap dalam keluarga

5 Alasan Memberi Pujian dan Apresiasi pada Keluarga Patut DibiasakanPexels.com/Vlada Karpovich

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena percaya atau tidak, kalau keluarga terbiasa memuji satu sam lain atau juga mengapresiasi usaha saudara, orangtua ataupun anak maka mereka akan merasa bahwa dirinya benar-benar dianggap dalam keluarga. Sebab, dia tidak diacuhkan meski mungkin baru hal kecil yang baru bisa diraihnya.

Baca Juga: Bersyukurlah, Ini 5 Tanda Kalau Keluargamu Jauh dari Hubungan Toxic

3. Supaya gak gampang insecure

5 Alasan Memberi Pujian dan Apresiasi pada Keluarga Patut DibiasakanPexels.com/Fauxels

Alasan ketiga mengapa memuji dan mengapresiasi keluarga itu patut dijadikan kebiasaan adalah supaya tidak mudah insecure. Karena sudah dibiasakan seperti itu sejak kecil, ketika dewasa dan harus menghadapi lingkungan sosial jadi gak minder karena bakal selalu ada keluarga yang menyemangati.

4. Salah satu cara merekatkan hubungan dalam keluarga

5 Alasan Memberi Pujian dan Apresiasi pada Keluarga Patut DibiasakanPexels.com/Elly Fairytale

Selain itu membiasakan hal ini juga merupakan salah satu cara untuk merekatkan hubungan antara anggota keluarga. Komunikasi yang baik itu adalah yang berpengaruh positif untuk satu sama lain, bukankah gawat jika sampai kurang komunikasi dan malah saling salah paham dan membenci?

5. Agar terhindar dari sifat dan hubungan toxic

5 Alasan Memberi Pujian dan Apresiasi pada Keluarga Patut DibiasakanPexels.com/Elly Fairytale

Terakhir, melakukan ini dalam keluarga juga berfungsi untuk terhindar dari hubungan yang toxic. Karena tidak ada maksud saling menjatuhkan antara saudara atau keluarga yang lain, sebaliknya justru saling support dalam bentuk memuji dan mengapresiasi satu sama lain. Gak bakal toxic kalau hubungan dalam keluarga dibangun seperti ini. 

Hubungan yang sehat dalam keluarga itu perlu usaha, salah satunya seperti membiasakan diri untuk memuji atau menunjukkan apresiasi pada keluarga.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada Orangtua

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya