Comscore Tracker

5 Cara yang Benar Dalam Mendidik Anak Agar Cinta & Peduli pada Hewan 

Buat anak mengerti bahwa hewan juga patut disayangi

Menjadi orangtua berarti tidak hanya wajib mendidik anak secara akademis, tetapi juga wajib mendidik moral dan rasa kemanusiaan anak. Bukan cuma kepedulian pada sesama manusia, namun juga pada hewan, sebab penting bagi anak untuk mencintai dan peduli pada hewan. Tapi bagaimanakah cara melakukannya? Nah untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa cara yang akan kita bahas di bawah ini. Simak baik-baik, ya.

1. Memelihara hewan di rumah

5 Cara yang Benar Dalam Mendidik Anak Agar Cinta & Peduli pada Hewan Pexels.con/VisionPic.net

Cara yang pertama ialah kamu bisa memulainya dengan memelihara hewan di rumah. Apapun jenis hewan peliharaan itu, perlahan-lahan anak akan terbiasa dengan kehadiran hewan di dekatnya, dan hal itu bisa menimbulkan nalurinya untuk menyayangi dan merawat hewan. 

2. Mengajaknya ke kebun binatang saat liburan

5 Cara yang Benar Dalam Mendidik Anak Agar Cinta & Peduli pada Hewan Pexels.com/Blacktator

Cara yang benar lainnya dalam mendidik anak untuk menyayangi hewan adalah dengan membawanya ke kebun binatang pada saat liburan. Jadi ia bisa melihat ada berbagai macam hewan di dunia ini dan menemukan mana hewan kesukaannya. 

Baca Juga: 5 Kiat Mendidik Anak Agar Tumbuh Menjadi Seorang Pekerja Keras

3. Tidak menunjukkan perilaku menyakiti hewan di depan anak

5 Cara yang Benar Dalam Mendidik Anak Agar Cinta & Peduli pada Hewan Pexels.com/Charles Roth

Cara lainnya adalah dengan tidak menunjukkan perilaku kasar atau menyakiti hewan di depan anak. Sebab anak cenderung meniru apa yang ia lihat, jadi sebisa mungkin jangan sampai anak berpikir bahwa menyakiti hewan itu lumrah. Sebaliknya, tunjukkan kasih sayangmu pada hewan di depan anak, jadi ia pun juga ingin melakukan hal itu. 

4. Mengajaknya belajar tentang hewan

5 Cara yang Benar Dalam Mendidik Anak Agar Cinta & Peduli pada Hewan Pexels.com/Lina Kivaka

Cara lainnya ialah dengan mengajak anak belajar tentang hewan. Tidak perlu pusing, mulai saja dengan suatu hal yang mudah seperti membaca cerita yang menjadikan hewan sebagai tokoh utamanya. Lalu dia akan penasaran dan banyak bertanya soal hewan-hewan lainnya, nah dari situlah kamu bisa mengajaknya belajar pengetahuan dasar tentang berbagai hewan padanya.

5. Mengajarinya untuk memberi makan hewan liar saat keluar rumah

5 Cara yang Benar Dalam Mendidik Anak Agar Cinta & Peduli pada Hewan Pexels.com/Mikkel Bendix

Kemudian cara yang terakhir adalah bisa dengan mengajarinya untuk berbagi dan memberi makan hewan liar ketika keluar rumah. Baik itu burung, kucing, anjing, atau lainnya. Namun beritahu juga hewan apa saja yang sebaiknya tidak didekati agar anak tidak sembarangan mendekati hewan berbahaya. 

Itulah tadi beberapa cara yang benar dalam mendidik anak untuk mencintai dan juga peduli pada hewan. Kamu sudah melakukan cara yang mana?

Baca Juga: 5 Prinsip dalam Mendidik Anak Agar Kamu Tetap Waras

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya