Comscore Tracker

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Sepele yang Bikin Anak Jadi Manja

Jangan terbiasa memberi anak fasilitas serba ada

Menjadi orangtua bukan hal yang mudah, terlebih jika sudah membicarakan pola asuh anak. Sebagai orangtua kita harus pintar mengatur sikap agar anak tidak mencontoh hal yang salah dan akhirnya timbul sifat yang tidak baik.

Orangtua umumnya sering terjebak saat bersikap baik nan lembut kepada anak, karena jika kurang tepat besar kemungkinan anak menjadi manja.

Seperti lima penyebab sepele yang sering gak disadari berikut ini.

1. Keadaan rumah yang terlalu nyaman

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Sepele yang Bikin Anak Jadi Manjaunsplash.com/@allentaylorjr

Karakter anak itu bergantung bagaimana keadaan di rumahnya, sebab rumah adalah lingkungan pertama yang mengajarinya banyak hal. Anak yang berada di lingkungan terlalu nyaman besar peluangnya menjadi seorang yang manja karena mereka menemukan zona nyamannya. Terlebih lagi jika orangtua menyediakan segala fasilitas tanpa ada kekurangan.

2. Lahir dari orangtua yang ‘tidak biasa’

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Sepele yang Bikin Anak Jadi Manjaunsplash.com/@wesleyphotography

Anak tidak dapat memilih bagaimana tipe orangtua yang akan merawat dan membesarkannya. Bagi mereka yang punya popularitas, hidup bergelimang harta, atau menjadi sosok yang dihormati banyak orang, akan menjadi kesempatan emas anak bersikap manja.

Sejak mereka kecil status orangtua yang tidak biasa akan membuatnya juga dipandang sebagai anak yang tidak biasa, sehingga sering mendapat perlakuan yang berbeda.

Baca Juga: Gak Bahaya! 5 Film Netflix Ini Sangat Aman Ditonton Anak-anak

3. Sering mendapat perlakuan spesial dari banyak orang di sekitarnya

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Sepele yang Bikin Anak Jadi Manjaunsplash.com/@cdc

Lebih dalamnya lagi yang bisa menyebabkan anak jadi manja adalah perlakuan spesial dari banyak orang di sekitarnya. Ini meliputi keluarga terdekat, tenaga bantuan yang bekerja di rumah, dan teman-teman juga berpengaruh.

Bila orang di sekitarnya terbiasa melayani anak dengan istimewa, jangan heran bila mereka malas melakukan apa pun sendiri dan suka menyuruh orang lain.

4. Dibiarkan memiliki rasa takut mencoba

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Sepele yang Bikin Anak Jadi Manjaunsplash.com/@thekatiemchase

Punya anak pertama seperti punya berlian besar yang gak ternilai harganya. Orangtua akan bersikap protektif dan gak mau sang anak repot atau kesulitan. Nah, sadar gak nih kalau ternyata ini bisa jadi penyebab anak jadi manja lho.

Jika terbiasa selalu ditemani dan dibantu, anak-anak akan bergantung dan mengandalkan orang lain tanpa tahu kemampuannya sendiri. Kebiasaan ini pun membuat anak jadi gak percaya diri lho!

5. Selalu menjadi yang terkecil

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Sepele yang Bikin Anak Jadi Manjaunsplash.com/@markusspiske

Selalu menjadi yang terkecil di antara anggota keluarga lain seperti anak bungsu dan saudara paling muda membuat anak berada di atas awan. Saat bermain mereka akan diberi apa saja karena anak-anak yang lebih tua darinya akan mengalah. Di sini rasa manja itu muncul. Mereka terbiasa jadi yang terkecil, selalu diberi prioritas, dilayani dan diberi perilaku spesial.

Sikap anak bisa dibentuk tergantung bagaimana orangtua mendidiknya. Meski keadaan orangtua serba enak tapi pastikan untuk bisa mengontrol kenyamanan anak agar mereka tetap mengerti pentingnya usaha dan proses berjuang sehingga gak manja.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak, Bisa Mendorong Kebiasaan Sehat

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya