Comscore Tracker

5 Tips Membangun Rumah Tahan Panas, Siasat Biar Adem dan Hemat AC!

Cocok untuk rumah yang menghadap Barat!

Tinggal di daerah tropis tentu membuat kita gak nyaman akibat udara panas. Apalagi kalau sudah musim kemarau, air conditioner (AC) bakal menjadi penyelamat kita supaya tetap nyaman. Tapi kalau cuma mengandalkan AC tentu rumah bakal jadi boros. Oleh karena itu, apabila kamu sedang berencana membangun hunian, yuk buat hunian yang tahan panas!

1. Pasang jendela besar dengan kaca low-e

5 Tips Membangun Rumah Tahan Panas, Siasat Biar Adem dan Hemat AC!pexels/pixabay

Kaca low-e adalah kaca rendah emisivitas dengan lapisan transparan yang bertindak sebagai cermin termal. Jendela dengan kaca low-e mampu merefleksikan atau memantulkan kembali radiasi panas hingga 70 persen. Di samping itu, lapisan low-e tetap jernih dan datar sehingga tidak mengurangi intensitas cahaya yang masuk.

Dengan kaca low-e, radiasi panas yang masuk ke rumah bakal berkurang. Di satu sisi, rumah di pagi dan siang hari tetap bakal terang tanpa bantuan cahaya lampu!

2. Gunakan material polycarbonate

5 Tips Membangun Rumah Tahan Panas, Siasat Biar Adem dan Hemat AC!dezeen.com

Selain menggunakan kaca low-e, kamu bisa menangkal cahaya matahari dengan material polycarbonate. Material ini merupakan salah satu material atap transparan yang umum digunakan sebagai kanopi.

Polycarbonate menyerupai kaca sehingga mampu memberikan pencahayaan alami untuk rumah. Meskipun begitu, material ini memiliki kemampuan mereduksi panas sinar matahari. 

3. Beri rongga dengan perforated steel

5 Tips Membangun Rumah Tahan Panas, Siasat Biar Adem dan Hemat AC!perforatedsheet.org

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan perforated steel dalam rumah. Material ini berbentuk logam yang telah secara manual ditekan untuk membentuk pola seperti lubang, slot atau bentuk dekoratif lainnya.

Dilansir Arsitag.com, perforated steel dapat menurunkan radiasi matahari hingga 77,9 persen. Selain itu, material ini mampu menghemat listrik dan mengurangi tingkat kebisingan suara.

Baca Juga: 7 Ide Storage Hacks untuk Rumah Mungil, Biar Rumah Jadi Lebih Lega 

4. Tone warna alam agar terlihat sejuk

5 Tips Membangun Rumah Tahan Panas, Siasat Biar Adem dan Hemat AC!pexels/pixabay

Untuk membuat rumah tampak lebih adem, kamu juga bisa menggunakan kombinasi warna alam. Warna ini mengaplikasikan unsur-unsur alam seperti kayu, batu, tanaman, dan air ke dalam ruangan. 

Tone warna ini sangat digemari terutama untuk mereka yang tinggal di perkotaan. Dengan menerapkan tone warna alam, kamu bakal merasa lebih segar dan dekat dengan alam meski sedang berada di pusat kota.

5. Vertical garden

5 Tips Membangun Rumah Tahan Panas, Siasat Biar Adem dan Hemat AC!3500 mm house. 23 November 2020. IDN Times/Klara Livia

Salah satu langkah untuk membuat rumah lebih adem adalah dengan tumbuhan. Namun, apabila kamu memiliki lahan sempit, kamu bakal kesulitan membuat taman di rumah. Oleh karena itu, vertical garden bakal jadi solusi terbaik rumahmu.

Vertical garden memiliki konsep tanaman yang tumbuh dalam bidang tegak lurus. Umumnya, tanaman dibuat merambat di dinding atau pagar rumah. Dengan konsep ini, rumah tentu bakal lebih sejuk sekalipun kamu gak punya taman.

Demikian trik untuk membangun rumah tahan panas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainer

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya