Comscore Tracker

5 Hal yang Sebenarnya Diinginkan oleh Seorang Ayah dari Anak-anaknya

Sudahkah kamu memenuhi keinginan ayahmu?

Setiap orang tua selalu memiliki harapan besar untuk anak-anaknya. Pun, sebagai anak juga memiliki tanggung jawab dalam memenuhi apa yang diharapkan oleh orang tua. Sebagai kepala keluarga, seorang ayah punya peran yang besar dalam mendidik anak-anaknya.

Sosok ayah menginginkan yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya. Diam-diam, inilah lima keinginan seorang ayah untuk putra-putrinya. Yuk simak berikut ini, mungkin saja kamu belum melakukannya.

1. Kemandirian sang anak

5 Hal yang Sebenarnya Diinginkan oleh Seorang Ayah dari Anak-anaknyaunsplash.com/Jason Rosewell

Seorang anak akan dilatih mandiri sejak ia kecil. Bukan hanya mandiri dalam berperilaku, namun bersikap mandiri dalam segala aspek kehidupan. Seorang ayah akan sangat senang ketika putra-putrinya tidak lagi ketergantungan kepada kedua orang tuanya. Jadi, sang ayah akan berusaha mendidik anak anak-anaknya dengan nilai-nilai kemandirian baik dalam urusan berperilaku, pergaulan, mental bahkan hingga urusan keuangan.

2. Menjadi teladan bagi keluarganya

5 Hal yang Sebenarnya Diinginkan oleh Seorang Ayah dari Anak-anaknyaunsplash.com/Ethan Hu

Seperti halnya seorang ayah yang menjadi role model bagi keluarganya, sang ayah juga berharap agar si anak dapat mengikuti prinsip hidup sang ayah yang demikian. Agar kelak kebaikan-kebaikan yang telah diajarkan oleh sang ayah sejak kecil bisa tetap tumbuh dan dipegang kuat dalam kehidupan sang anak kedepannya. Sang ayah punya harapan besar agar kelak anak-anaknya dapat menjadi leader untuk dirinya maupun keluarganya.

3. Mampu bertanggung jawab

5 Hal yang Sebenarnya Diinginkan oleh Seorang Ayah dari Anak-anaknyaunsplash.com/@neonbrand

Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap anak terkadang memiliki sikap egois. Karena pada dasarnya, setiap anak memiliki keinginannya masing-masing. Sebagai orang tua, sang ayah tidak akan melarang apapun jalan hidup yang dipilih anak-anaknya selagi masih sesuai dengan prinsip hidup keluarganya. Sang ayah juga menekankan agar anaknya dapat bertanggung jawab dengan pilihannya dan memiliki rasa kepedulian untuk menyelesaikan apa yang sudah menjadi kewajibannya. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Orangtua Menghadapi Depresi pada Anak Remaja

4. Dapat mengayomi keluarganya

5 Hal yang Sebenarnya Diinginkan oleh Seorang Ayah dari Anak-anaknyapexels.com/Pixabay

Sang ayah akan berusaha memberi contoh terbaik bagi putra-putrinya. Dengan harapan agar sang anak dapat meniru perbuatan baik sang ayah. Seorang ayah adalah penengah dalam keluarga yang selalu menginginkan kedamaian di tengah-tengah keluarganya.

Maka, seorang ayah pun berharap demikian kepada sang anak yakni mampu bersikap bijak dan memberikan cinta yang sama kepada setiap anggota keluarganya. Sang ayah juga berharap agar anak-anaknya dapat menempatkan keadaan dirinya ketika harus bersikap sebagai pemimpin, pengayom, penasihat atau pelindung.

5. Dapat meneruskan cita-cita sang ayah

5 Hal yang Sebenarnya Diinginkan oleh Seorang Ayah dari Anak-anaknyaunsplash.com/Austin Distel

Ayah adalah tulang punggung keluarga. So, seorang ayah akan berusaha keras dalam memenuhi segala kebutuhan keluarganya. Nah, sebagai seorang anak kamu harus sadar bahwa ayahmu tidak selamanya bisa bekerja keras demi keluarganya. Ada masa di saat kamulah yang harus menggantikan posisi ayahmu untuk bekerja keras demi keluarga.

Jika ayahmu rela berlelah diri demi kebahagiaan keluarganya, pun kamu sebagai anaknya harus mampu mengikutinya. Hargailah usaha ayahmu dengan membuktikan kesuksesanmu di hadapannya. Serta berusahalah meneruskan apa yang belum bisa dicapai oleh ayahmu, karena tanggung jawab di pundak ayahmu sudah saatnya dipindahkan ke pundakmu.

Itulah lima hal yang sebenarnya diinginkan seorang ayah dari anak-anaknya. So, sudahkah kamu berusaha memenuhi lima hal diatas?

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Menyakiti Hati Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You