Comscore Tracker

5 Manfaat Gak Serumah dengan Orangtua setelah Menikah, Less Drama!

Bukan hanya melatih kemandirian, lho

Momen pernikahan disebut juga sebagai lembaran baru di kehidupan seseorang. Kamu dan pasangan akan hidup bersama dan memulai segalanya dari nol. Itulah mengapa pernikahan juga dianggap sebagai sebuah titik balik yang mendewasakan diri.

Namun, tak jarang banyak pasangan yang baru menikah masih tinggal serumah dengan orangtua. Dengan berbagai macam alasan, biasanya terkait ekonomi. Padahal, sekalipun sulit kamu tetap harus tinggal berpisah dari rumah orangtua. Sebab, lima manfaat berikut akan kamu dapatkan.

1. Menghindari cekcok dan drama 

5 Manfaat Gak Serumah dengan Orangtua setelah Menikah, Less Drama!ilustrasi mertua dan menantu (pexels.com/Elina Fairytale)

Perselisihan pendapat tentu bisa diminimalisir jika kamu tak tinggal serumah dengan orangtua. Jika kamu tinggal bareng mereka, secara tak langsung kehidupanmu masih dalam kendali orangtua.

Dikarenakan mereka akan melihat dan menilai keseharianmu. Akan ada banyak hal yang biasa menurut kamu dan pasangan, tetapi jadi masalah di mata orangtua. Tentu hal seperti ini tak bisa kamu hindari jika masih hidup dalam satu atap.

2. Mandiri mengurus rumah tangga sendiri 

5 Manfaat Gak Serumah dengan Orangtua setelah Menikah, Less Drama!ilustrasi memasak (pexels.com/kamaji-ogino)

Menjalani kehidupan mandiri dengan pasangan akan menjadikanmu lebih dewasa. Kalian akan mulai belajar menjalankan rumah tangga dengan baik. Belajar mengurus dapur, rumah, mencari uang, mengurus anak dan sebagainya.

Kamu dan pasangan akan menentukan apa yang terbaik menurut kalian. Bukan berdasarkan paksaan orangtua. Peran orangtua hanya sebagai penasihat saja, selebihnya kalian yang menjalankan semua.

Baca Juga: 5 Solusi agar Kamu Tetap Bahagia saat Tinggal Serumah dengan Mertua

3. Orangtua tak ikut campur dengan kehidupanmu 

5 Manfaat Gak Serumah dengan Orangtua setelah Menikah, Less Drama!ilustrasi keluarga besar (pexels.com/askar-abayev)

Menariknya orangtua akan memiliki keterbatasan dalam mencampuri urusan rumah tanggamu. Mereka tak lagi sibuk mengkhawatirkan kehidupanmu. Kamu dan pasangan sudah bisa hidup dengan penuh tanggung jawab.

Tak lagi bergantung banyak hal dari orangtua. Apa yang kamu lakukan adalah keputusanmu sendiri. Kini hanya ada pasangan sebagai tempat untuk berbagi banyak hal. Bukan lagi kepada orangtua, karena kamu sudah punya tanggung jawab sendiri.

4. Membuat pasangan merasa lebih nyaman 

5 Manfaat Gak Serumah dengan Orangtua setelah Menikah, Less Drama!ilustrasi pasangan harmonis (pexels.com/j-carter-53083)

Dengan tak tinggal bareng orangtua, pasangan tentu merasa lebih nyaman. Tidak ada tekanan dan rasa tidak enakan. Melainkan kebebasan dalam menjalankan apa yang terbaik menurut kalian berdua.

Tak dapat dipungkiri, katanya sulit untuk bisa akur dengan mertua. Ya wajar saja karena pasangan adalah orang asing yang masuk ke dalam kehidupan kamu. Jadi, butuh penyesuaian dan sebaikya memang tak lagi tinggal bersama, agar meminimalisir ketersinggungan.

5. Lebih bebas memilih pola asuh anak 

5 Manfaat Gak Serumah dengan Orangtua setelah Menikah, Less Drama!ilustrasi anak belajar bersama ibu (unsplash.com/awcreativeut)

Pola asuh jadi satu momok yang paling krusial dalam berumah tangga. Wajar jika terkadang orangtua khawatir karena kamu belum punya banyak pengalaman akan hal tersebut. Tapi, bukan berarti semua harus diatur oleh orangtua.

Kamu tetap harus bisa mandiri dan memilih mana pola asuh terbaik menurutmu. Terlebih zaman semakin berkembang, terkadang pola asuh orangtua ada yang tak lagi sejalan di kehidupan masa kini.

Menjalani biduk rumah tangga memang tak mudah. Setelah momen pernikahan, tentu kamu tak punya pilihan selain menjalankan dengan penuh perjuangan. Jadi, sudah siap untuk menghadapi semuanya?

Baca Juga: 5 Alasan Menantu Gak Betah Serumah dengan Mertuanya, Sering Digosipin!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya