Comscore Tracker

Kendalikan Sifat Moody dengan 5 Tips Ini Agar Tetap Bisa Produktif

Waktunya berubah dan bersikap tegas pada diri sendiri guys!

Moody bisa diartikan menjadi suatu kondisi di mana perubahan suasana hati terjadi dalam waktu singkat dan cukup ekstrem. Sifat ini gak baik bila terus dipertahankan sebab banyak sisi negatif yang akhirnya terjadi dan berimbas pada keseharian. Karena itu perlu banget untuk bisa mengendalikan sifat moody yang satu ini. 

Buat kamu yang moody dan ingin tetap produktif, simak lima tipsnya di bawah ini!

1. Ketahui apa hal yang bisa menyebabkan suasana hati terganggu

Kendalikan Sifat Moody dengan 5 Tips Ini Agar Tetap Bisa Produktifunsplash.com/@lobster

Saat menyelesaikan masalah ada baiknya kita menggali dari akar terdalamnya, misalnya mencari penyebab yang membuat suasana hati jadi gampang berubah. Amati keseharian kalian dalam beberapa hari ke depan, catat apa saja hal-hal yang bisa memantik emosi dan berakibat pada sifat moody. 

Sebanyak apa pun itu penyebabnya kamu harus bisa mengontrol diri dan menghindarinya. Renungkan baik-baik, apa hal yang membuat moody itu sepadan dengan aktivitas yang akhirnya terganggu dan mengurangi waktu produktif kalian?

2. Miliki cadangan 'kebahagiaan' yang bisa digunakan kapan saja

Kendalikan Sifat Moody dengan 5 Tips Ini Agar Tetap Bisa Produktifu`nsplash.com/@saulomohana

Kalau sudah melakukan tahap pertama tadi, kini waktunya menganalisa apa saja hal yang bisa memperbaiki suasana hati. Miliki cadangan kebahagiaan yang bisa kamu ambil kapan pun saat dibutuhkan. Misalnya sedia stok camilan manis, menonton seri tv favorit, berinteraksi dengan orang yang disayang atau sekadar berjalan-jalan keluar ruangan.

Setelah melakukan hal-hal di atas semangatmu akan otomatis kembali terisi dan bahkan kinerja akan meningkat sehingga semakin maksimal.

Baca Juga: Bukannya Moody, Ini 10 Tanda Kalau Kamu Seorang Ambivert

3. Mencari informasi baru saat mulai bosan dengan suatu hal

Kendalikan Sifat Moody dengan 5 Tips Ini Agar Tetap Bisa Produktifunsplash/@muhraufan

Rasa bosan ini wajar banget dirasakan oleh mereka yang punya sifat moody, agar tetap produktif kamu bisa mengganti kegiatan bekerja dengan hal yang juga tak kalah berfaedah, seperti membaca berita, belajar hal baru, atau mencoba exercise sederhana dari kursi kerja. Kegiatan yang berbeda-beda ini akan memberi suntikan energi agar kamu bisa kembali berkutat dengan tugas. 

4. Ciptakan berbagai variasi untuk pekerjaan yang sedang dijalani

Kendalikan Sifat Moody dengan 5 Tips Ini Agar Tetap Bisa Produktifunsplash.com/@austindistel

Menjadi seorang yang bersifat moody itu harus punya banyak akal. Pekerjaanmu akan sulit selesai jika memaksakan cara monoton yang bikin stres. Coba cara baru dalam menuntaskan pekerjaan, misalnya dengan mengerjakannya di ruangan berbeda, bisa kafe, rumah, sudut ruang kantor, atau tempat lain yang bisa kamu sambangi. Sesekali kamu pun perlu mendengarkan musik, podcast atau radio.

5. Pasang taget yang memacu semangat terus bekerja

Kendalikan Sifat Moody dengan 5 Tips Ini Agar Tetap Bisa Produktifunsplash.com/@brookecagle

Suasana hati tidak boleh mengontrol produktivitas karena itu dapat mengganggu kesejahteraanmu dalam bekerja. Gunakan target supaya mau gak mau kamu harus berusaha mencoba menuntaskan pekerjaan.

Buat self reward yang bisa berupa barang, jalan-jalan, makanan, atau pikirkan hal lain yang lebih primer seperti membahagiakan orang tua. Jadi gak ada alasan lagi untuk bisa bekerja sesuka hati. 

Moody atau suasana hati yang mudah berubah-ubah ini merupakan sebuah masalah yang harus diselesaikan sesegera mungkin. Jika tidak moody bukan hanya membuat hatimu selalu resah tapi banyak dampak negatif lain, mulai dari kenyamanan orang di sekitar kalian hingga produktivitas yang terganggu. 

Baca Juga: Kurangi Sifat Moody yang Kamu Punya, Ini 5 Cara Mudah Melakukannya

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You