Comscore Tracker

5 Manfaat Berpikiran Positif, Hidupmu Jadi Lebih Optimis untuk Maju!

Pikiran positif membuatmu bersemangat dan pantang menyerah

Pada dasarnya positif atau negatif isi pikiran kita, kita sendirilah yang dapat mengaturnya. Jika pikiran negatif cenderung membuatmu muram dan penuh prasangka, maka alangkah lebih baik jika membiasakan dirimu untuk berpikiran positif. 

Yang mana jika dirimu berpikiran positif, pandanganmu terhadap hidup juga ikutan positif dan membuatmu optimis untuk melangkah maju. Ada banyak manfaat yang didapatkan jika dirimu berpikiran positif, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya. 

1. Pandanganmu terhadap dunia jadi lebih positif

5 Manfaat Berpikiran Positif, Hidupmu Jadi Lebih Optimis untuk Maju!ilustrasi bahagia (pexels.com/Julia Avamotive)

Manfaatnya yang pertama kalau berpikiran positif ialah pandanganmu terhadap dunia juga jadi ikutan positif. Yang mana kamu percaya bahwa dunia ini indah dan tidak jahat, sehingga itu memberimu kekuatan untuk terus hidup.

Sehingga apapun hal buruk yang menimpamu, kamu tidak menyalahkan dunia sebagaimana orang putus asa pada umumnya. Pikiran positif membuatmu percaya bahwa ada saatnya hidupmu akan tenang dan bisa menikmati hidup dengan bahagia. 

2. Pikiran positif membuatmu tidak mudah terhasut orang lain

5 Manfaat Berpikiran Positif, Hidupmu Jadi Lebih Optimis untuk Maju!ilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Manfaat lainnya ialah pikiran positif membuatmu tidak mudah terhasut orang lain. Kita tahu sendiri kalau tidak semua orang di sekitar kita itu baik, bahwa akan selalu ada yang berusaha menghasut dan meracuni pikiran kita.

Jadi bisa dibilang pikiran positif melindungimu dari pengaruh buruk hasutan orang lain. Sehingga kamu terhindar dari hasutan untuk membenci orang, membuat keputusan yang salah, atau bertindak ceroboh. Kamu jadi lebih aman, kan? 

Baca Juga: 5 Cara agar Tetap Berpikiran Positif meski Hadapi Banyak Tekanan Kerja

3. Kamu jadi tidak mudah menghakimi orang sebelum tahu kebenarannya

5 Manfaat Berpikiran Positif, Hidupmu Jadi Lebih Optimis untuk Maju!ilustrasi bicara (pexels.com/Liza Summer)

Pikiran positif sejatinya membuatmu jadi lebih objektif dalam menilai orang lain, yang mana kamu tidak mudah menghakimi orang. Walaupun banyak gosip dan hasutan dari orang lain, kamu yang berpikiran positif tidak percaya jika belum benar-benar tahu kebenarannya.

Hal ini membuatmu terhindar dari membela orang yang salah, karena pikiran positif membuatmu tidak sembarangan menyudutkan orang. Dengan kata lain kamu pun jadi bijak dengan sendirinya dalam menilai benar salahnya orang lain. 

4. Pikiran positif membuatmu termotivasi untuk melangkah maju

5 Manfaat Berpikiran Positif, Hidupmu Jadi Lebih Optimis untuk Maju!ilustrasi kerja sama (pexels.com/Kampus Production)

Manfaat keempat dari berpikiran positif ialah kamu jadi punya semangat dan motivasi untuk maju. Yang mana dengan pikiran yang positif kamu jadi tidak berpikir akan gagal sebelum mencoba, sehingga dengan berani kamu pun melangkah maju.

Tidak seperti sebagian orang yang pesimis dan menyerah duluan sebelum benar-benar berjuang, kamu malah optimis karena selalu berpikir positif. Bahwa kamu akan memetik hasilnya jika terus melangkah dan tidak menyerah. 

5. Optimis mengejar setiap ambisimu

5 Manfaat Berpikiran Positif, Hidupmu Jadi Lebih Optimis untuk Maju!ilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Sebagai manusia yang menginginkan banyak hal dalam hidup, wajar jika kamu punya satu atau dua ambisi. Dan dengan memenuhi dirimu dengan pikiran positif hal itu semakin menguatkan untuk berani mengejar ambisimu.

Yang mana kalau dalam karier, Kamu dengan sabar terus berusaha meningkatkan diri dan jabatanmu. Walaupun butuh proses yang tidak instan, tapi pikiranmu yang positif yang membuat ambisimu padam dengan mudah.

Daripada memenuhi diri dengan pikiran negatif yang membuatmu berprasangka buruk dan pesimis, lebih baik perbanyak berpikiran positif. Karena justru ada banyak sekali manfaat berpikiran positif yang membuat kita jadi lebih baik dalam menjalani hidup. 

Baca Juga: 5 Manfaat Positif ketika Kamu Bisa Menikmati Waktu Sendiri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya