Comscore Tracker

Kumpulan Doa Katolik untuk Orang Sakit, Sembuh Dalam Nama Tuhan

Kekuatan doa dapat mengalahkan kekuatan apa pun di dunia

Dalam agama Katolik, kepercayaan dan iman akan Tuhan sejatinya selalu bisa mengalahkan kekuatan apa pun di dunia, mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin untuk terjadinya. Untuk itu ketika umat Katolik jatuh sakit dan kehilangan harapan, mereka  selalu berbalik dan berdoa meminta kekuatan serta harapan pada Tuhan Yesus.

Setiap doa yang disertai dengan iman dan kepercayaan pasti akan mendapat jawaban dari Tuhan Yesus dalam waktu terbaik milik-Nya. Tuhan selalu memperhatikan dan mengetahui setiap penderitaan dan penyakit yang dialami umat-Nya. Berdoa minta kesembuhan pada Tuhan Yesus ketika sakit merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan. Ini dia beberapa doa Katolik untuk orang sakit.

1. Doa penyembuhan oleh Santo Padre Pio 

Kumpulan Doa Katolik untuk Orang Sakit, Sembuh Dalam Nama Tuhanilustrasi orang berdoa (pexels.com/Thirdman)

Bapa yang ada di Surga, aku berterima kasih kepada-Mu atas kasih-Mu. Aku berterima kasih kepada-Mu karena telah mengirimkan Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus, ke dunia untuk menyelamatkan dan membebaskanku. Aku percaya pada kuasa dan kasih karunia-Mu yang menopang dan memulihkanku.

Bapa yang pengasih, sentuhlah aku sekarang dengan tangan-Mu yang menyembuhkan, karena aku percaya bahwa kehendak-Mu adalah agar aku sehat dalam pikiran, tubuh, jiwa dan roh. Selimuti aku dengan Darah Putra-Mu yang Paling Berharga, Tuhan kami Yesus Kristus, dari ujung kepalaku sampai ke telapak kakiku.

Keluarkan semua yang seharusnya tidak ada dalam diriku. Akar semua sel yang tidak sehat dan abnormal. Buka arteri atau vena yang tersumbat dan bangun kembali serta isi kembali area yang rusak. Hapus semua peradangan dan bersihkan infeksi apa pun dengan kuasa Darah Berharga Yesus.

Biarkan api cinta penyembuhan-Mu melewati seluruh tubuhku untuk menyembuhkan dan membuat area yang sakit menjadi baru sehingga tubuhku akan berfungsi seperti yang Engkau ciptakan. Sentuhlah juga pikiran dan perasaanku, bahkan relung hatiku yang terdalam. Penuhi seluruh keberadaanku dengan kehadiran, cinta, kegembiraan, dan kedamaian-Mu dan tarik aku semakin dekat dengan-Mu setiap saat dalam hidupku.

Bapa, penuhi aku dengan Roh Kudus-Mu dan kuatkan aku untuk melakukan pekerjaan-Mu sehingga hidupku akan membawa kemuliaan dan kehormatan bagi Nama Kudus-Mu. Aku meminta ini dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

2. Doa untuk orang sakit agar cepat sembuh 

Kumpulan Doa Katolik untuk Orang Sakit, Sembuh Dalam Nama Tuhanilustrasi orang berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Bapa Yang Mahakuasa, Allah sumber pengharapan, utuslah Roh Kudus-Mu untuk hadir di tengah-tengah kami. Saat ini kami hendak berdoa untuk sahabat kami yang tengah dilanda penderitaan sakit. Kiranya berkatilah dia dengan semangat, harapan, dan dampingilah selalu dalam kesedihannya.

Curahkanlah dia dengan rahmat dan kuasa yang hanya daripada-Mu saja. Terjadilah kehendakmu dan berikanlah kekuatan pada umat-Mu ini untuk dapat tetap berada dalam jalan-Mu dan mengikuti kehendak-Mu seumur hidup-Nya. Kami percaya mukjizat-Mu selalu nyata dalam hidup kami. Amin.

3. Doa untuk orangtua yang sedang sakit 

Kumpulan Doa Katolik untuk Orang Sakit, Sembuh Dalam Nama Tuhanilustrasi orang berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Bapa Yang Baik, Tuhan Yesus Kristus, Juruselamat kami yang hidup, Engkaulah satu-satunya tempat kami meminta kekuatan dan memohon penghiburan. Bapa, saat ini orangtua kami sedang terbaring karena sakit yang membuat kami semua bersedih karenanya.

Kami percaya ya Bapaku yang baik, bahwa Engkau tidak menutup mata atas kesakitan umat-Mu yang percaya. Untuk itu, berikanlah orangtua kami kesembuhan dan pemulihan dari sakit yang mereka alami. Ya Bapa, kami percaya dengan kuasa dan mukjizat-Mu. Engkaulah kekuatan kami untuk mengangkat penyakit orangtua kami. Kami mohon penyertaan-Mu dan kuasa-Mu atas orangtua kami untuk bisa kembali pulih seperti sedia kala. Biarlah kehendak-Mu yang terjadi atas hidup kami. Amin.

Baca Juga: Doa Salam Maria Katolik sebagai Dasar Doa Rosario

4. Doa untuk orang sakit penuh rasa syukur 

Kumpulan Doa Katolik untuk Orang Sakit, Sembuh Dalam Nama Tuhanilustrasi seseorang berdoa di atas Kitab Suci (pexels.com/Pixabay)

Bapa yang kami muliakan si atas Surga, kami memanjatkan puji syukur terima kasih atas segala berkat dan penyertaan yang Engkau berikan sehingga kami sehingga secara khusus pada hari ini dapat berkumpul untuk berdoa bagi saudara kami yang tengah terbaring sakit beberapa hari yang lalu.

Kami tahu Tuhan telah merencanakan sesuatu yang indah akan kesembuhannya. Rencana Tuhan selalu indah pada waktu-Nya. Dibalik penyakit yang dideritanya pun ada hikmat yang bisa dia ambil sebagai pelajaran ke depannya. Sekalipun Tuhan biarkan dia terjatuh kali ini, Tuhan akan membangkitkannya kembali suatu hari kelak.

Bapa, dengan hati menunduk kami memohon hanya di dalam nama Tuhan Yesus agar segala penyakit yang tengah diderita saudara kami dapat segera sembuh. Kami yakin bahwa Tuhan mendengarkan pergumulan kami ini. Haleluya, Amin.

5. Doa untuk orang sakit pada Bunda Maria 

Kumpulan Doa Katolik untuk Orang Sakit, Sembuh Dalam Nama Tuhanilustrasi orang berdoa (pexels.com/Arina Krasnikova)

Wahai Ibu yang baik, yang jiwanya tertusuk oleh pedang duka, lihatlah kami sementara, dalam penyakit kami, kami mengatur diri kami di sampingmu di Kalvari tempat Yesusmu digantung.

Diberkahi dengan rahmat penderitaan yang tinggi, dan berharap terpenuhi dalam daging kita sendiri apa yang kurang dalam berbagi kita akan sengsara Kristus, atas nama Tubuh Mistiknya, Gereja, kami mengabdikan diri dan rasa sakit kami kepada Anda. Kami berdoa agar Anda menempatkannya di atas Altar Salib tempat Yesus ditempelkan. Semoga mereka menjadi korban pendamaian kecil bagi keselamatan kita, demi keselamatan semua bangsa.

Wahai Bunda Kesedihan, menerima pengabdian ini. Kuatkan hati kami yang penuh harapan, bahwa sebagai bagian dari penderitaan Kristus kita juga dapat berbagi dalam kenyamanannya sekarang dan selama-lamanya. Amin.

Itulah beberapa doa Katolik untuk orang sakit. Berdoa dan menghidupi firman-Nya merupakan kewajiban dan napas hidup bagi umat Katolik, entah itu di saat susah maupun di saat senang. Mereka yang hanya mencari Allah lewat doa dalam keadaan sedih dan sesak sejatinya tidak pernah menaruh iman dan kepercayaannya pada Tuhan Yesus Kristus.

Baca Juga: Doa Koronka, Doa Kerahiman Ilahi Umat Katolik

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya