Comscore Tracker

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Sama

Kristen Protestan dan Katolik itu serupa tapi tak sama

Perbedaan antara Kristen Protestan dan Kristen Katolik sering kali menimbulkan tanda tanya besar di kalangan banyak orang. Banyak yang masih beranggapan bahwa agama Kristen Protestan itu sama dengan agama Katolik. Padahal nyatanya, kedua agama tersebut sedikit berbeda dari beberapa hal.

Pada awalnya, semua umat Kristen Bersatu di bawah Gereja Katolik yang dipimpin seorang Paus. Namun pada tahun 1517, Martin Luther memulai gerakan reformasi untuk memisahkan diri dari Gereja Katolik akibat adanya kebijakan gereja yang ketika itu dianggap menyimpang dari apa yang dituliskan pada Alkitab. Salah satunya adalah kegiatan jual beli surat penghapusan dosa, yang menurutnya kegiatan mengakui dosa harusnya dilakukan secara langsung pada Tuhan Yesus. Untuk itu, Martin Luther dan pengikutnya memisahkan diri dari Gereja Katolik dan membentuk aliran agama baru yang disebut sebagai Kristen Protestan.

Setelah mengetahui sedikit sejarah terpisahnya dua agama tersebut, berikut ini beberapa perbedaan lain dari Protestan dan Katolik yang perlu kamu ketahui.

1. Cara berdoa

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Samailustrasi seseorang berdoa di atas Kitab Suci (pexels.com/Pixabay)

Cara berdoa antara kedua agama sedikit berbeda. Umat Katolik berdoa dengan diawali dan diakhiri dengan Tanda Salib, yakni gerakan menyentuh kening, dada, dan kedua sisi bahu. Sedangkan umat Kristen tidak berdoa seperti itu, umat Kristen hanya melipat tangan dan menutup kedua matanya tanpa ada gerakan-gerakan khusus yang harus diikuti.

Selain itu, dalam agama Katolik diajarkan doa-doa yang wajib untuk dipanjatkan pada hari raya tertentu, seperti Doa Ratu Surga, dan lain-lain. Umat Katolik juga bisa berdoa pada Bunda Maria, seperti beberapa doa wajib yang ada dalam liturgi keagamaannya. Sedangkan umat Kristen tidak berdoa kepada Bunda Maria, melainkan hanya kepada Tuhan Yesus Kristus.

2. Kitab Suci

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Samailustrasi Alkitab (pexels.com/Luis Quintero)

Umat Kristen Protestan hanya terikat pada satu Kitab Suci saja, yakni Alkitab. Kitab tersebut merupakan satu-satunya buku Tuhan, pedoman hidup, dan kitab penuh ajaran dan larangan yang datang dari Allah. Untuk itu, umat Kristen sangat mematuhi setiap firman yang tertulis di dalam Alkitab tersebut.

Berbeda dengan Kristen Protestan, umat Katolik tidak mendasarkan kepercayaan mereka hanya pada satu kitab saja. Tidak hanya Alkitab, umat Katolik juga terikat oleh beberapa tradisi Gereja Katolik Roma dan kitab tambahan yang disebut Deuterokanonika.

3. Gereja

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Samailustrasi gereja (pexels.com/Kai Pilger)

Umat Kristen Protestan dan Katolik juga memiliki pandangan yang berbeda mengenai gerejanya. Bagi umat Katolik, Gereja Katolik merupakan satu-satunya gereja sejati di seluruh dunia, dan berada di bawah kepemimpinan Paus di Roma.

Hal ini berbeda dengan Kristen Protestan. Bagi umat Kristen, tidak ada satu gereja utama yang menjadi gereja sejati. Ada berpuluh-puluh ribu gereja di seluruh dunia dan seluruh gereja tersebut dianggap setara secara resmi.

4. Pemuka agama

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Samailustrasi orang beribadah (pexels.com/cottonbro)

Pemuka agama pada umat Katolik biasa disebut sebagai Pastor. Merekalah yang biasa berkotbah dan memimpin jalannya hari raya keagamaan yang besar. Pastor hanya berasal dari kaum laki-laki dan dilarang melakukan hal-hal duniawi seperti menikah.

Sedangkan pemuka agama pada umat Kristen Protestan adalah Pendeta. Mereka juga yang memimpin jalannya acara keagamaan dan ibadah setiap minggunya. Berbeda dengan Pastor, siapa pun bisa menjadi Pendeta, entah itu laki-laki maupun perempuan. Seorang Pendeta juga diberi kebebasan untuk menikah.

Baca Juga: Ucapan Janji Pernikahan Katolik dan Maknanya

5. Sakramen

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Samailustrasi orang beribadah (pexels.com/Mikhail Nilov)

Perbedaan lain antara Kristen Protestan dan Kristen Katolik terletak pada jumlah sakramen yang dilakukannya. Umat Katolik melakukan tujuh buah sakramen, yakni Baptis, Krisma, Ekaristi, Perkawinan, Pengurapan, Imamat, dan Pengakuan dosa. Gereja Katolik percaya bahwa sakramen-sakramen tersebut dilembagakan oleh Yesus Kristus dan dapat menganugerahkan rahmat Tuhan.

Sedangkan umat Kristen Protestan hanya mengakui dua sakramen, yakni Pembaptisan dan Perjamuan kudus, atau yang disebut Ekaristi dalam Gereja Katolik. Kedua hal ini merupakan ritual simbolik yang menandakan penerimaan tubuh Kristus ke dalam hidup setiap umat-Nya dan diterima melalui iman dan kepercayaan.

6. Perjamuan Tuhan

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Samailustrasi orang beribadah (pexels.com/Luis Quintero)

Pandangan terhadap Ekaristi dari umat Katolik dan Kristen Protestan pun sedikit berbeda. Ekaristi merupakan ritual untuk memperingati Perjamuan Terakhir Yesus Kristus dengan murid-murid-Nya sebelum mati disalibkan. Di Gereja Protestan, mereka yang telah dibaptis dapat diizinkan untuk memimpin Perjamuan Tuhan. Hal itu tidak dibolehkan di Gereja Katolik.

Selain itu, pada Gereja Katolik, roti dan anggur yang diterima merupakan perwujudan Kristus dan karenanya dapat didoakan. Namun bagi umat Protestan, roti dan anggur merupakan simbol untuk memperingati tubuh dan darah Kristus yang mau disalibkan demi menyelamatkan manusia dari dosa.

7. Nama baptis

7 Perbedaan Kristen Protestan dan Katolik, Jangan Anggap Samailustrasi ibu dan anak berdoa bersama (pexels.com/Barbara Olsen)

Umat Katolik yang telah dibaptis wajib memiliki nama baptis untuk disematkan di depan nama mereka. Nama baptis ini diberikan berdasarkan orang kudus yang telah memiliki gelar berupa Santo atau Santa. Beberapa contoh nama baptis adalah Maria, Ursula, Petrus, Michael, dan lain-lain.

Umat Kristen Protestan tidak diwajibkan memiliki nama baptis setelah dibaptis. Banyak umat Kriten yang sejak lahir memiliki nama-nama dari Alkitab, seperti Daniel, Zefanya, dan lain-lain.

Itulah dia sederet perbedaan agama Kristen Protestan dengan Kristen Katolik. Pada akhirnya, kedua agama tersebut sama-sama menyembah dan berdoa pada Yesus Kristus, hanya saja cara beribadah dan tradisinya saja yang sedikit berbeda satu sama lain.

Baca Juga: 25 Nama Bayi Laki-laki Katolik dan Artinya, Penuh Doa Baik!

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya