Comscore Tracker

5 Rekomendasi Interior Design untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Interior kamarmu sangat memengaruhi kualitas tidurmu!

Kualitas tidur merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk bisa tetap menjaga semangat dan mood dalam menjalani hari. Nyatanya, perbedaan interior di rumah bisa membawa perbedaan mood dan perasaanmu sepanjang hari, yang tentunya akan memengaruhi kualitas tidurmu. Dengan mengubah interior kamar tidurmu, kamu akan bisa mendapat kualitas tidur terbaik setiap malamnya.

Bagi kamu yang masih kesulitan tidur di malam hari, ini dia 5 rekomendasi interior design untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Simak sampai akhir, ya!

1. Interior minimalis

5 Rekomendasi Interior Design untuk Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi kamar tidur interior minimalis (pinterest.com/Extra Space Storage | The Self Storage Experts)

Interior minimalis merupakan interior yang hanya menyediakan hal-hal yang penting. Gak ada hiasan berlebihan yang ada di kamarmu. Warna netral biasa digunakan dalam interior minimalis, namun bukan berarti kamu gak boleh menggunakan warna-warna lain. Supaya ruangan gak terasa dingin, gunakan furniture lembut seperti karpet dan selimut.

Satu hal lain yang penting dalam interior minimalis adalah kerapiannya. Interior minimalis mewajibkan kamu untuk memiliki ruangan khusus tempat kamu bisa merapikan semua barang-barangmu.

Dilansir House Beautiful, menurut survei DUSK, lebih dari setengah responden menyebutkan bahwa interior kamar yang bersih dan rapi bisa menurunkan tingkat stres mereka. Biasakan diri untuk merapikan kasur setelah bangun tidur untuk mengawali hari yang baik.

2. Interior dengan warna menenangkan

5 Rekomendasi Interior Design untuk Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi kamar dengan warna menenangkan (pinterest.com/House Beautiful)

Psikologi mengenai warna memang benar memengaruhi mood seseorang. Gak perlu menggunakan warna yang terlalu kuat dan berani, coba beralih ke warna yang menenangkan. Warna dinding kamarmu memainkan peran penting yang dapat menentukan bagaimana mood-mu seharian nanti.

Paduan warna hijau dan muda bisa memberikan kesan relaxing selama beristirahat setelah hari yang panjang. Warna soft blue banyak dipilih untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, sedangkan warna hijau bisa menjadi harmoni dan menyeimbangkan warna biru tersebut, sekaligus turut menggambarkan keindahan alam, memberi kesan segar di pagi hari. Kalau kamu suka warna gelap, coba warna biru tua atau warna berry tones di kamarmu.

3. Interior organik

5 Rekomendasi Interior Design untuk Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi dekorasi kamar tidur interior organik (pinterest.com/House Beautiful)

Interior organik cocok untukmu yang sering merasa ingin kabur dari realitas kehidupan yang kamu hadapi dan menjadi satu dengan alam. Penggunaan elemen kayu, batu, bambu, rotan, dan lain-lain ke dalam interior kamarmu adalah salah satu jalan sederhana untuk membawa alam ke dalam kamar. Setiap hari setelah kembali dari beraktivitas, kamu gak perlu lelah-lelah keluar mencari keindahan alam yang kamu butuhkan.

Dekorasi berupa material organik akan membuat kamarmu mendapat sentuhan outdoors yang gak semua kamar bisa miliki. Material organik juga berpadu sangat baik dengan berbagai gaya, sehingga kamu bisa mudah mengatur gaya di kamarmu. Warna-warna netral bisa menjadi pilihan dalam interior organik, membuat kamu terasa lebih tenang dan nyaman selama di kamar. Dijamin kamu akan langsung tidur begitu nempel di kasur!

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kamar Tidur Bohemian Estetik, Indah nan Teduh!

4. Bedroom plants

5 Rekomendasi Interior Design untuk Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi bedroom plants (pinterest.com/Terry Cralle)

Salah satu tren interior untuk tahun 2022 adalah biophilic design. Biophilic berasal dari kata biophilia, yang berarti kecintaan akan alam. Melalui padanan katanya saja sudah bisa ditebak bagaimana bentuk dari biophilic design ini. Biophilic design dikembangkan dengan tujuan untuk membangun hubungan dengan alam dan juga untuk menurunkan stres. Desain ini memanfaatkan elemen alam untuk mempengaruhi setiap indera kita, mulai dari sirkulasi udara yang baik maupun suara tetesan air dari kolam.

Penggunaan tanaman di rumah telah terbukti dapat mengurangi stres dan gangguan kecemasan, sehingga sangat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Penambahan aksen hijau di kamar tidur gak hanya membuat udara kamar menjadi lebih segar, tapi juga estetik dipandang mata. Sebagai tips, cobalah pilih tanaman yang juga bisa berfotosintesis di malam hari.

5. Meditation space

5 Rekomendasi Interior Design untuk Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi ruang meditasi (pinterest.com/House Beautiful)

Meditasi menjadi pilihan banyak orang untuk mengendalikan emosi negatif dan membuat kamu lebih sadar akan sekitarmu. Untuk itu, kamu juga bisa buat space khusus untuk meditasi di kamarmu. Buat area di mana kamu merasa paling nyaman dan jauh dari gangguan dalam bentuk apa pun.

Jangan lupa perhatikan masalah pencahayaan di area ini. Susun dekorasinya sehingga terlihat nyaman dan bisa membuatmu melupakan sejenak realita yang ada. Kamu bisa tambahkan selimut maupun karpet di sana. Gak perlu terlalu besar, satu area kecil aja sudah cukup.

Itulah dia 5 rekomendasi interior design yang bisa bikin kualitas tidurmu meningkat. Ingat, meski kamar tidur itu penting, suasana keseluruhan rumahmu juga penting. Jangan lupa untuk turut memperhatikan interior di ruang tamu, dapur, sampai kamar mandi. Kamu kan gak hanya tinggai di kamar tidurmu aja! Bagaimana, tertarik untuk menerapkan beberapa interior design di atas?

Baca Juga: 9 Inspirasi Design Kamar Tidur Serba Pink, Bikin Tidur Makin Nyenyak

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya