Comscore Tracker

5 Alasan Gak Boleh Sembarang Pinjam Uang pada Teman Sendiri

Biar gak jadi biang masalah?

Setiap orang pastinya pernah mengalami yang namanya krisis keuangan, kita tidak bisa membantah itu. Tentu, pada akhirnya meminjam adalah jalan terakhir karena tidak adanya pilihan lain. 

Namun, meminjam uang bukanlah perkara yang bisa dianggap remeh, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh sembarang meminjam uang pada teman sendiri. Simak selengkapnya di sini!

1. Kamu harus punya komitmen untuk membayar tepat waktu terlebih dahulu

5 Alasan Gak Boleh Sembarang Pinjam Uang pada Teman SendiriUnsplash.com/Annie Spratt

Meminjam uang bukan hanya soal lagi kepepet atau keadaan yang mendesak, tapi kamu juga butuh komitmen dalam membayar tepat waktu terlebih dahulu. 

Kita tidak bisa hanya sebatas meminjam dan tidak tahu kapan harus membayar, apalagi kamu meminjam dari circle pertemananmu. Meminjam bukan bagian dari meminta, apa yang kamu pinjam harus segera dikembalikan. 

2. Perkara pinjam meminjam uang bisa menjadi awal dari keretakan pertemananmu

5 Alasan Gak Boleh Sembarang Pinjam Uang pada Teman SendiriUnsplash.com/Obie Fernandez

Kita tidak bisa membantah bahwa meminjam uang bukan perihal yang kamu inginkan, bahkan terpaksa meminjam karena tidak adanya opsi lain yang bisa dipilih. 

Namun, meminjam uang juga perlu kehati-hatian, apalagi kamu meminjam dari teman sendiri. Perkara pinjam meminjam uang bisa menjadi awal dari keretakan pertemananmu, apalagi cara kamu meminjam tidak sesuai dengan yang seharusnya. 

Baca Juga: Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duit

3. Kamu harus lihat kondisi keuangan temanmu terlebih dahulu

5 Alasan Gak Boleh Sembarang Pinjam Uang pada Teman SendiriUnsplash.com/Allef Vinicius

Banyak orang yang merasa gak enakan di saat dirinya sedang dipinjami uang oleh temannya sendiri. Alhasil, hidupnya jauh lebih sulit karena keuangannya benar-benar terkuras habis. 

Pada akhirnya, meminjam uang pada teman juga perlu melihat situasi dan kondisi. Jangan sampai kamu membuat dirinya merasa terpojok, apalagi dia meminjamkan dengan cara yang terpaksa. 

4. Meminjam uang paling tidak harus dengan cara dan tata krama yang baik

5 Alasan Gak Boleh Sembarang Pinjam Uang pada Teman SendiriUnsplash.com/Melissa Walker Horn

Keberadaan pertemanan memang bisa membuat kedekatan menjadi lebih akrab, bahkan tidak perlu sungkan lagi. Namun, perkara meminjam uang harus sedikit dipisahkan terlebih dahulu, apalagi dengan nominal yang tidak sedikit. 

Nyatanya, meminjam uang paling tidak harus dengan cara dan tata krama yang baik. Sekalipun itu teman sendiri, hargai orang yang benar-benar akan membantu kondisi keuanganmu. 

5. Pastikan kamu tidak menjadikan pertemanan hanya sebatas bahan untuk dimanfaatkan

5 Alasan Gak Boleh Sembarang Pinjam Uang pada Teman SendiriUnsplash.com/Thiago Barletta

Adanya pertemanan memang bisa membawa banyak manfaat dalam hidup. Namun, bukan berarti kamu bebas memanfaatkannya secara bebas dan tidak terkendali, apalagi sifatnya merugikan. 

Contohnya meminjam uang, kamu gak boleh sembarangan dan menganggap pertemanan sebagai pemanfaatan sesuka hati. Cobalah untuk menjadi teman yang baik dan saling menguntungkan, jangan hanya memanfaatkan untuk meminjam uang saja. 

 

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh sembarang meminjam uang pada teman sendiri. Memang tidak ada salahnya untuk meminjam di saat kondisi keuangan sedang memburuk, namun tetap perhatikan langkah yang tepat agar tidak menjadi permasalahan yang berkepanjangan. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyikapi Teman yang Mau Pinjam Uang Saat Masa Sulit

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya