Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Lebih Memilih Lari dari Masalah Dibanding Menghadapinya

Terlalu takut?

Pada dasarnya, gak semua orang mau menghadapi suatu masalah secara langsung, bahkan terkesan melarikan diri dengan berbagai macam alasan di dalamnya.

Meski begitu, sedikitnya ada lima alasan yang membuat kamu lebih memilih lari dari masalah dibanding menghadapinya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kamu selalu berharap masalah bisa selesai dengan sendirinya

5 Alasan Kamu Lebih Memilih Lari dari Masalah Dibanding MenghadapinyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Secara garis besar, kebanyakan orang lebih memilih sesuatu yang sederhana untuk dipikirkan, terlebih dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang tidak terlalu besar pengaruhnya.

Kadang kala, kita berpikir bahwa masalah bisa selesai dengan sendirinya. Lari dari masalah bukan sebatas lari tanpa tujuan, tapi memecahkan masalah dengan cara yang mungkin di luar akal logika manusia.

2. Tidak mau mengambil berbagai macam risiko yang mungkin akan menyulitkanmu

5 Alasan Kamu Lebih Memilih Lari dari Masalah Dibanding MenghadapinyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, suatu permasalahan bisa menimbulkan masalah baru jika tidak diatasi dengan baik. Banyak orang yang lari dari masalah karena tidak mau mengambil banyak risiko di dalamnya.

Lari dari masalah mungkin bukan pilihan yang baik, namun menghadapinya tanpa pertimbangan juga bisa lebih buruk. 

3. Terlalu takut menghadapi kenyataan pahit akibat dari masalah itu sendiri

5 Alasan Kamu Lebih Memilih Lari dari Masalah Dibanding MenghadapinyaPexels.com/Ketut Subiyanto

Pada umumnya, gak selamanya kita bisa menyelesaikan masalah dengan mudah dan cepat, ada masa di mana masalah tersebut sulit untuk dipecahkan dan bahkan membuat diri sendiri merasa frustrasi.

Namun, hal inilah yang membuat kamu lari dari masalah itu sendiri, terlalu takut untuk menghadapi kenyataan pahit yang bisa berakibat buruk jika menghadapinya secara langsung.

Baca Juga: 5 Permasalahan yang Sering Muncul Menjelang Pernikahan, Hati-hati!

4. Mencari waktu dan suasana yang lebih tepat untuk menghadapinya

5 Alasan Kamu Lebih Memilih Lari dari Masalah Dibanding MenghadapinyaPexels.com/Samantha Garrote

Ketika menghadapi suatu masalah, faktor waktu dan suasana sangat mempengaruhi jalannya penyelesaian masalah itu sendiri. Semakin baik pemilihan waktunya, semakin cepat juga masalah tersebut selesai.

Lari dari masalah bukan berarti akan selamanya menghindarinya, kamu hanya mencari waktu dan suasana yang lebih tepat agar penyelesaiannya tersebut bisa dilakukan dengan kepala dingin dan tidak dengan emosi.

5. Mengumpulkan keberanian untuk menghadapi masalah yang mungkin terbilang besar bagi hidupmu

5 Alasan Kamu Lebih Memilih Lari dari Masalah Dibanding MenghadapinyaPexels.com/Startup Stock Photos

Lari dari masalah mungkin terlihat buruk dalam pengambilan keputusan. Namun, lari bukan berarti takut untuk menghadapinya, tapi membuat rencana yang lebih matang dan mengumpulkan keberanian diri.

Berani menghadapi masalah tidak selamanya datang begitu saja, butuh waktu yang tidak sedikit untuk bisa berani melakukannya. Satu-satunya jalan untuk memberi kamu waktu dalam mengumpulkan keberanian tersebut adalah dengan lari dari masalah itu sendiri.

Itu dia deretan alasan kamu lebih memilih lari dari masalah dibanding menghadapinya secara langsung. Jika lari sementara merupakan keputusan yang menurut kamu paling terbaik, hal tersebut bukan lagi menjadi suatu masalah.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Menyikapi Permasalahan dalam Hidup, Don't Give Up!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya