Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Persahabatan sejak Kecil Tidak akan Lekang oleh Waktu

Cenderung lebih awet, lho!

Sebagian besar orang menganggap bahwa suatu persahabatan tidak akan pernah bisa bertahan lama, bahkan hanya terjalin beberapa tahun karena faktor kesibukan dan tidak adanya waktu untuk sekedar berkumpul.

Namun, hal itu hanya berlaku bagi persahabatan seumur jagung, atau mungkin hanya sekadar 'teman', bukan 'sahabat'. Tapi ternyata, ada lima alasan mengapa persahabatan sejak kecil bisa bertahan lama dan tidak akan pernah lekang oleh waktu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Persahabatan sudah terjalin hingga bertahun-tahun lamanya

5 Alasan Mengapa Persahabatan sejak Kecil Tidak akan Lekang oleh WaktuPexels.com/Helena Lopes

Kita tidak bisa membantah bahwa umur dari persahabatan sangat berperan penting dalam menentukan lama atau tidaknya persahabatan tersebut. Semakin lama suatu persahabatan, potensi untuk bertahannya pun semakin besar.

Tidak heran jika persahabatan dari kecil tidak akan mudah lekang oleh waktu, persahabatan tersebut sudah terjalin hingga bertahun-tahun lamanya. 

2. Sahabat dari kecil sudah dianggap seperti keluarga sendiri

5 Alasan Mengapa Persahabatan sejak Kecil Tidak akan Lekang oleh WaktuPexels.com/RF._.studio

Pada umumnya, persahabatan yang dimulai sejak kecil dapat menimbulkan kedekatan yang lebih dari sekedar teman biasa. Bukan tidak mungkin jika seorang sahabat sudah dianggap seperti keluarga sendiri.

Hal inilah yang menyebabkan persahabatan tersebut tidak mudah lekang oleh waktu. Sampai kapan pun itu, sahabat dari kecil memiliki ketahanan yang tidak mudah terpisahkan begitu saja.

Baca Juga: 5 Cara Menguatkan Persahabatan yang Terpisah Jarak karena Merantau 

3. Cenderung berada di lingkungan yang sama dalam waktu yang lama

5 Alasan Mengapa Persahabatan sejak Kecil Tidak akan Lekang oleh WaktuPexels.com/mentatdgt

Sebagian besar orang sangat terkendala akan adanya jarak dengan sahabat, makanya lost kontak menjadi hal yang biasa terjadi dan persahabatan tersebut seakan berakhir begitu saja.

Hal ini sedikit berbeda dengan persahabatan yang terjalin dari kecil, mereka cenderung berada di lingkungan yang sama dalam waktu yang lama. Makanya, tidak ada kendala dalam hal komunikasi yang diakibatkan oleh jarak dan waktu.

4. Solidaritas sudah benar-benar terjaga dengan baik

5 Alasan Mengapa Persahabatan sejak Kecil Tidak akan Lekang oleh WaktuPexels.com/ELEVATE

Terjalinnya suatu persahabatan bisa menimbulkan solidaritas yang tinggi, apalagi hal ini terjalin sejak kecil dan selalu bersama setiap saat. Solidaritas antar persahabatan bertumbuh begitu saja.

Makanya, persahabatan tersebut tidak akan mudah lekang oleh waktu, solidaritas yang terjalin sudah benar-benar terjaga dengan baik, tidak mudah goyah oleh hal-hal besar sekalipun.

5. Permasalahan bisa diatasi dengan baik karena sudah mengenal satu sama lain

5 Alasan Mengapa Persahabatan sejak Kecil Tidak akan Lekang oleh WaktuPexels.com/ELEVATE

Suatu persahabatan bisa runtuh kapan saja tanpa bisa kita duga, salah satu contohnya akibat dari suatu permasalahan yang tidak bisa ditangani dengan baik sehingga menimbulkan perpecahan.

Namun, lain cerita jika persahabatan tersebut terjalin sejak kecil, tidak akan mudah lekang oleh waktu karena setiap permasalahan bisa diatasi dengan baik akibat dari antar sahabat yang sudah mengenal satu sama lain.

Itu dia deretan alasan mengapa persahabatan dari kecil tidak akan mudah lekang oleh waktu. Meski banyak sekali masalah yang menghampiri, persahabatan yang terjalin sejak kecil memiliki ketahanan yang lebih kuat dan tidak mudah runtuh.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan agar Bertahan Lama hingga Kalian Menua

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya