Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Mau jadi Sosok Panutan bagi Banyak Orang 

#IDNTimesLife Terlalu banyak risiko?

Mempelajari beberapa hal sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya berguru pada seseorang. Kita bisa menjadikan orang tersebut sebagai seorang panutan jika kamu menilai dirinya baik untuk dijadikan contoh. 

Namun, ada lho seseorang yang tidak mau dijadikan panutan bagi banyak orang. Wah, kenapa tuh ya kira-kira, mari kita simak di bawah ini alasannya. Apakah kamu merasakannya?

1. Kamu merasa belum bisa menjadi contoh yang baik bagi banyak orang

5 Alasan Kamu Gak Mau jadi Sosok Panutan bagi Banyak Orang ilustrasi pria tersenyum (unsplash.com/NEXT Academy)

Menjadi seorang panutan dasarnya punya tanggung jawab yang begitu besar. Kamu harus menjadi pribadi yang baik agar menjadi teladan berdampak positif. 

Namun, gak semua orang merasa mampu menjadi contoh bagi orang lain. Paling tidak, masih belum cukup baik untuk saat ini. Kamu gak ingin memberikan keburukan karena terlalu menganggap enteng akan hal ini. 

2. Tidak ingin menanggung beban lebih sebagai seorang panutan orang lain

5 Alasan Kamu Gak Mau jadi Sosok Panutan bagi Banyak Orang ilustrasi pria sedang menerangkan (unsplash.com/Mimi Thian)

Dasarnya, pribadi yang mau menjadi panutan orang lain bukanlah perkara yang bisa dianggap sepele. Ini merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

Alasan kamu gak mau menjadi seorang panutan adalah tanggung jawab tersebut, tidak ingin menanggung beban lebih sebagai seorang panutan bagi orang lain. Kamu belum merasa mampu melakukannya, ada beban yang masih menjadi hambatanmu hingga saat ini.

3. Selalu ingin menjadi diri sendiri apa adanya tanpa dibuat-buat

5 Alasan Kamu Gak Mau jadi Sosok Panutan bagi Banyak Orang ilustrasi pria melamun (pexels.com/Vanessa Garcia)

Menjadi seorang panutan dasarnya harus bisa menjadi pribadi yang baik. Tentu, kita akan selalu merasa tidak ada kekurangan atau celah sama sekali sehingga ingin selalu tampil perfeksionis sekalipun harus dibuat-buat.

Namun, kamu sendiri selalu ingin menjadi diri sendiri dengan segala kekurangan yang ada. Kamu menolak menjadi seorang panutan karena gak mau sikap dan perilakumu tidak mencerminkan diri sendiri.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Dikelilingi Orang-Orang Baik, Wajib Disyukuri!

4. Kamu merasa tidak nyaman jika harus menjadi seorang panutan

5 Alasan Kamu Gak Mau jadi Sosok Panutan bagi Banyak Orang ilustrasi orang berdebat (pexels.com/RODNAE Productions)

Kenyamanan dalam hidup sebenarnya menjadi bagian yang paling utama. Sebaik apa pun kamu menjalaninya, tanpa adanya kenyamanan, semua itu akan berakhir menyulitkan diri sendiri.

Jika kamu sendiri tidak merasa nyaman untuk menjadi seorang panutan, maka kamu jelas tidak akan melakukan hal tersebut. Kalau kamu terus memaksakan diri, dampaknya bisa buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

5. Tidak ingin terlena dan cepat merasa puas atas kelebihan diri sendiri

5 Alasan Kamu Gak Mau jadi Sosok Panutan bagi Banyak Orang ilustrasi pria dan perempuan berbincang (pexels.com/RODNAE Productions)

Kita tidak bisa membantah bahwa menjadi seorang panutan akan membuatmu merasa yang paling tinggi dan berada di puncak. Namun, kita sering kali terlena akan hal ini, kamu akan cepat merasa puas atas kelebihan diri sendiri.

Jadinya, kamu tidak mau belajar hal baru karena merasa sudah berada di puncak! Padahal, setiap orang harus terus menggali kemampuannya agar berkembang seiring berjalannya waktu. 

Secara garis besar, menjadi seorang panutan butuh yang namanya tanggung jawab. Kamu sendiri tidak pernah mau menjadi seorang panutan secara terbuka, tentu karena kelima alasan di atas. Benar atau tidak?

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang-orang Sukses ketika Masih Muda

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya