Comscore Tracker

5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncak

Yuk, banyak belajar memahami situasi yang kurang kondusif! 

Pada dasarnya, sebagai manusia dewasa kita tidak bisa lagi menyangkal akan keberadaan emosi dalam kehidupan. Segala sesuatu yang tidak sejalan dengan apa yang kamu inginkan bisa menyeretmu dalam situasi yang menjengkelkan dengan tensi memanas.

Namun, bukan berarti kamu bisa membiarkan emosi mempengaruhi situasimu. Berikut ini merupakan inspirasi sederet keputusan bijak yang perlu kamu terapkan saat emosimu tengah memuncak! Langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Menyendiri dalam kurun waktu tertentu

5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncakilustrasi orang menyendiri (pexels.com/Engin Akyurt)

Meluapnya suatu emosi biasanya terjadi karena kamu mencerna mentah-mentah apa yang menjadi kesulitanmu. Pada dasarnya, saat sedang emosi kamu tidak memiliki kontrol yang baik atas dirimu sendiri seperti biasanya.

Maka dari itu, cara terbaik untuk menyikapi hal ini adalah dengan menyendiri terlebih dahulu dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya untuk menjernihkan pikiran dan meredam amarah yang sebelumnya terpancing atas situasimu sendiri.

2. Merenungkan efek jangka panjang dari emosi yang keluar

5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncakilustrasi perempuan menutup mata (pexels.com/Pixabay)

Kamu tidak bisa membantah bahwa segala tindakan atau keputusan yang kamu buat dalam hidup akan berpengaruh pada kehidupanmu ke depan. Dalam hal ini, meluapkan emosi yang berlebihan menjadi pertimbangan yang perlu kamu pikirkan efek jangka panjangnya.

Untuk itu, keputusan bijak yang bisa kamu ambil adalah merenungkan kembali efek jangka panjang dari emosi yang keluar. Keberadaan emosi yang meluap-luap bisa membawa kerugian di masa sekarang sekaligus masa depan.

Baca Juga: 5 Tahapan Emosi yang akan Dilalui Seseorang dalam Menghadapi Kesedihan

3. Melampiaskan emosi di tempat yang seharusnya

5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncakilustrasi meluapkan emosi (pexels.com/Pixabay)

Sebagian orang memang bisa menahan segala emosinya dengan sangat baik. Namun, tak sedikit juga orang yang kalah dengan amarahnya sendiri. Dalam hal ini, kamu tidak boleh salah ambil tindakan atau bahkan keputusan yang merugikan.

Keputusan terbaik adalah dengan melampiaskan segala emosi di tempat yang seharusnya. Banyak alternatif pelampiasan emosi yang punya nilai lebih positif, salah satu contohnya adalah dengan berolahraga.

4. Belajar menyadari bahwa emosi berlebihan adalah bentuk kontra produktif dari pendewasaan

5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncakilustrasi penyesalan (pexels.com/Pixabay)

Pandangan orang tentang meluapkan emosi bisa sangat berbeda-beda. Ada yang menganggap peluapan emosi itu hal yang positif, namun, ada juga yang berpandangan sebaliknya. Namun, kedua tolak ukur tersebut perlu dilihat dari segala sisi sudut pandang dan porsi sesuai konteks yang pas.

Pada akhirnya, menyadari bahwa bersikap emosi secara berlebihan adalah hal yang kurang tepat menjadi bagian dari keputusan yang lebih bijak. Prosesmu dalam melewati gejolak yang timbul di dalam diri kamu juga merupakan suatu proses pendewasaan, bukan>

5. Mencari nilai positif dari hal yang membuatmu emosi

5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncakilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Moose Photos)

Apa yang bisa membuatmu emosi sudah pasti punya sisi yang merugikan, khususnya yang berdampak besar bagi hidupmu. Namun, meski alasan itu sudah jelas berdampak negatif sekalipun, pasti tetap ada sisi positif yang bisa kamu petik sebagai hikmah maupun pelajaran.

Menilai positif dari apa yang membuatmu emosi merupakan keputusan yang lebih bijak. Kuncinya adalah selalu berupaya untuk membuka diri melihat segala hal dari berbagai sudut pandang, ya!

Tidak mudah memang menahan emosi yang tengah meluap-luap, apalagi hal tersebut merugikanmu dari berbagai macam sisi. Namun, kelima poin di atas bisa jadi inspirasi bahwasanya ada keputusan yang lebih bijak daripada meluapkan emosi secara tidak terkontrol.

Baca Juga: 5 Tips Kendalikan Emosi saat Cobaan Terus Datang Menghampiri

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya