Comscore Tracker

5 Sisi Positif yang Bisa Kamu Ambil dari Omongan Pedas Orang Lain

Stay positive!

Mendapatkan kritikan atau omongan pedas dari orang lain memang terdengar menyakitkan, tidak semua orang bisa bersikap santai ketika mendapat perlakuan seperti ini. Hanya saja, kamu akan menemukan sesuatu yang baru ketika menilai dari sudut pandang yang berbeda.

Tidak selamanya negatif, sedikitnya ada lima sisi positif yang bisa kamu ambil dari omongan pedas orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Lebih mudah introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik

5 Sisi Positif yang Bisa Kamu Ambil dari Omongan Pedas Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap omongan pedas yang masuk ke telinga kita, berarti ada sesuatu yang membuat mereka resah atau tidak mereka sukai sama sekali. Ini bisa menjadi petunjuk bagi diri kamu untuk segera melakukan introspeksi diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Tentu hal ini akan mempermudah kamu dalam mengetahui apa yang kurang dan bagian mana yang harus diperbaiki. Setidaknya kita mendapat penilaian dari sudut pandang orang yang berbeda, orang yang mungkin paham sisi buruk yang tidak kamu sadari sama sekali.

2. Melatih kesabaran dan mengontrol diri untuk tidak bertindak ceroboh

5 Sisi Positif yang Bisa Kamu Ambil dari Omongan Pedas Orang LainUnsplash.com/Eli DeFaria

Mendapat omongan pedas memanglah menyakitkan, semua orang punya pendapatnya masing-masing dalam menilai setiap orang yang dia ketahui. Namun bukan berarti kamu harus membalas dengan kekerasan atau omongan yang pedas pula.

Kita bisa belajar melatih kesabaran dan kontrol diri, jangan bertindak semaunya dan melakukan hal ceroboh yang bersifat merugikan. Membalas omongan pedas orang lain tidak akan mengubah kamu menjadi pribadi yang lebih baik, kamu hanya akan menjadi orang yang sama-sama tidak bisa menjaga omongan.

Baca Juga: Ini 5 Trik Khusus Orang Sukses untuk Hadapi Kritikan, Yuk Tiru! 

3. Paham betapa tidak enaknya mendapat omongan pedas dari orang lain

5 Sisi Positif yang Bisa Kamu Ambil dari Omongan Pedas Orang LainPexels.com/Valeria Ushakova

Mendapat kritikan yang tidak membangun sama sekali sangatlah tidak enak, rasanya kita ingin membalas omongan tersebut dengan lebih pedas lagi. Namun itu tidak akan membuat kamu paham arti dari pentingnya menjaga omongan yang keluar dari mulut.

Jika kita tahu bahwa omongan pedas sangatlah menyakitkan, secara perlahan kamu akan sadar betapa tidak enaknya diperlakukan seperti itu. Ini akan memberikan pelajar yang berharga secara tidak langsung dalam hidup kamu.

4. Omongan pedas bisa dijadikan sebagai motivasi dalam diri

5 Sisi Positif yang Bisa Kamu Ambil dari Omongan Pedas Orang LainPexels.com/Tirachard Kumtanom

Meski kebanyakan omongan pedas sifatnya tidak membangun, kamu bisa mengubah itu semua dengan cara menilai dari sisi positifnya. Kamu bisa mengubah itu semua menjadi motivasi dalam diri dan lebih semangat dalam perbaikan diri.

Nyatanya ini sangat berhasil, memberikan energi positif tambahan pada diri sendiri dari tindakan negatif yang orang lain katakan. Kamu akan mendapat banyak keuntungan dibanding membalas dengan suatu keburukan pula.

5. Lebih paham akan pentingnya menjaga setiap omongan yang keluar

5 Sisi Positif yang Bisa Kamu Ambil dari Omongan Pedas Orang LainPexels.com/Chevanon Photography

Kita bisa menilai bertapa tidak baiknya omongan pedas yang keluar tanpa memperhatikan perasaan lawan bicara, bahkan sangat tidak pantas untuk kita tiru karena bisa membuat orang lain merasa sakit hati.

Dari sini kita paham betapa pentingnya menjaga kata demi kata, omongan demi omongan yang kita keluarkan pada lawan bicara. Ini akan memberikan kamu kesadaran tambahan betapa pentingnya menjaga setiap omongan yang keluar.

Itu dia deretan sisi lain atau pelajaran positif yang bisa kamu ambil dari omongan pedas orang lain. Jangan pernah menyerah untuk menjadi orang baik, membalas keburukan dengan keburukan hanya akan membuat kamu merasa lebih buruk.

Baca Juga: 5 Zodiak Open Minded yang Gak Bakal Marah Kalau Kamu Beri Kritikan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya