Comscore Tracker

5 Tantangan yang Harus Siap Dihadapi oleh Orang dengan Jiwa Kreatif

Mereka yang berjiwa kreatif tidak suka dibatasi

Menjadi orang kreatif adalah anugerah yang gak dimiliki sembarang orang. Ada aja ide baru yang muncul dari si kreatif yang gak pernah terpikirkan oleh orang lainnya. Menarik memang, namun gak gampang untuk mempertahankan kreativitas ini di tengah orang-orang yang menyukai sesuatu yang monoton. 

Ada berbagai tantangan yang harus siap dihadapi oleh mereka dengan jiwa kreatif tinggi. Jika salah langkah, mereka bisa kehilangan jiwa kreatifnya jika gak disalurkan dengan benar. Ini tantangan yang sering dihadapi oleh mereka yang kreatif.

1. Berani melakukan hal berbeda dibanding orang lainnya

5 Tantangan yang Harus Siap Dihadapi oleh Orang dengan Jiwa Kreatifilustrasi orang menari (Pexels.com/Yogendra Singh)

Orang yang kreatif selalu berani melakukan hal yang berbeda dibanding orang lainnya. Dia siap membuka jalan baru di saat orang-orang lain lebih senang menyusuri jalan yang telah dibuat pendahulunya. Padahal, tentu para pendahulu tersebut juga merupakan orang yang kreatif karena tanpa mereka jalan tersebut gak akan ada. 

Inilah yang memotivasi para jiwa kreatif untuk memberanikan diri. Meski gak mudah, tapi bukan berarti gak mungkin, kan? 

2. Berani keluar dari zona nyaman

5 Tantangan yang Harus Siap Dihadapi oleh Orang dengan Jiwa Kreatifilustrasi membuka usaha (Pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Zona nyaman adalah tempat yang paling disenangi semua orang. Apalagi jika di zona tersebut, semua sudah tersedia dan tinggal dimanfaatkan aja.

Berbeda dengan si jiwa kreatif, keluar dari zona nyaman adalah sebuah tantangan yang biasanya sangat mereka sukai. Mereka rela bersusah payah melakukan hal baru yang belum pernah dilakukan siapapun, demi bisa mengasah kreativitasnya. Mereka gak ingin jiwa kreatifnya terkekang oleh rasa nyaman yang membuat terlena siapa saja. 

Baca Juga: 5 Manfaat Menekuni Hobi Menulis, Bikin Diri Berkembang dan Kreatif

3. Harus siap mental ketika ada yang meremehkan dan gak mempercayai kemampuannya

5 Tantangan yang Harus Siap Dihadapi oleh Orang dengan Jiwa Kreatifilustrasi orang dicibir (Pexels.com/fauxels)

Siap mental juga merupakan tantangan tersendiri bagi si jiwa kreatif. Pasalnya, dia menggeluti hal yang berbeda dan lain dari kebanyakan orang, sehingga cibiran pasti akan datang. Gak sedikit yang juga pasti akan meremehkan dan menganggap apa yang dia lakukan sangatlah sia-sia dan membuang waktu. 

Orang-orang itu gak tahu bahwa dia justru sedang berjuang melawan komentar jahat yang mereka berikan. Karena yang paling bisa bikin seseorang gagal adalah ketika terlalu mendengarkan cibiran dari para orang toksik tersebut.

4. Wajib selalu mengasah kreativitas yang dimiliki dan pantang menyerah

5 Tantangan yang Harus Siap Dihadapi oleh Orang dengan Jiwa Kreatifilustrasi konten kreator (Pexels.com/Kampus Production)

Jiwa kreatif yang dimiliki memang sebuah anugerah. Tapi bukan berarti itu akan bertahan selamanya. Tetap harus ada usaha untuk terus meng-upgrade kreativitas yang dipunya. Sehingga seiring berjalannya waktu, jiwa kreatif itu bukannya memudar tapi justru semakin terasah. 

Ini adalah tantangan yang harus terus diusahakan. Gak mudah menjadi orang kreatif yang bisa terus konsisten dan bertahan dengan sisi kreatifnya. 

5. Siap meraih kesuksesan dengan jalan yang berbeda dibanding yang lain

5 Tantangan yang Harus Siap Dihadapi oleh Orang dengan Jiwa Kreatifilustrasi orang bahagia (Pexels.com/ELEVATE)

Tantangan paling jelas adalah ketika jalan kesuksesan yang ingin diambil harus berbeda dibanding orang lain. Si kreatif mungkin gak akan hanya menghadapi satu cobaan, tapi berbagai ujian akan datang dan menghalangi jalannya. Sebab untuk sukses dan berhasil dalam hal yang disukai dan gak mendapat banyak dukungan dari orang terdekat, itu akan cukup sulit. 

Tapi percayalah, kesuksesan akan datang selama kita percaya dan terus berusaha serta berdoa. Yakinlah suatu saat nanti orang-orang itu akan bungkam dengan kesuksesan yang kita raih. 

Jiwa kreatif membuat kita seringkali berselisih paham dengan orang lain. Terutama dengan mereka yang lebih suka berada dalam zona nyaman dan cenderung punya pemikirannya kolot. Tapi dengan berbagai tantangan tersebut, percayalah bahwa kita justru sedang ditempa untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Tantangan Bekerja di Bidang Kreatif, Gampang Burn Out?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya