Comscore Tracker

6 Doa Istighfar yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Mendapatkan Ampunan

Salah satunya sering kita baca dalam salat loh.

Doa istighfar merupakan salah satu doa penting yang dianjurkan untuk diamalkan setiap saat. Pasalnya, dalam doa istighfar mengandung permohonan maaf dan ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

Bahkan, saking pentingnya doa istighfar, Allah SWT berfirman melalui kitab suci Al Quran yang berbunyi, “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS An-Nisa: 110).

Berikut adalah 6 bacaan doa istighfar yang dapat kamu praktikkan dalam keseharianmu. Yuk, kita hafalkan agar mendapat ampunan dari Allah SWT.

6 Doa istighfar beserta artinya

6 Doa Istighfar yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Mendapatkan AmpunanFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

1. Doa Sayyidul Istighfar

Allahumma anta Rabbi, La Ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika, mas tatha’tu, audzu bika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bi ni’matika wa abu’u laka bi dzanbi, faghfir li, fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian denganMu, semampuku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat kepada-Mu dengan karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosaku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau."

2. Doa istighfar setelah selesai sholat

Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

3. Doa istighfar untuk menghapuskan dosa besar

Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha Hidup, lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

4. Doa istighfar Nabi Adam

Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfir lana wa tarhamna, lanakuunanna minal khasirin

Artinya: "Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat zalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi."

5. Doa istighfar Rasulullah SAW sebelum wafat

Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubu ilaih

Artinya: "Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya."

6. Doa istighfar sebelum salam

Allahumma inni dhalamtu nafsi dhulman katsira, wala yaghfirudz dzunuba illa anta, faghfirlii maghfiratan min indik, warhamnii innaka antal ghafurur rahiim

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku telah zalim kepada diriku dengan kezaliman yang banyak dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Itulah 6 doa istighfar yang dianjurkan untuk diamalkan secara rutin agar senantiasa mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT.

Baca Juga: Doa Setelah Salat Tobat Nasuhah sebagai Usaha Penghapus Dosa

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya